Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Selasa, 12 Januari 2021

January 10, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Selasa, 12 Januari 2021

 

Renungan Harian Katolik Selasa, 5 Januari 2021

 

Bacaan Pertama        Ibrani Bab 2 : ayat 5 – ayat 12

Pembacaan dari Surat kepada Orang Ibrani :

Ibr 2:5 Sebab bukan kepada malaikat-malaikat telah Ia taklukkan dunia yang akan datang, yang kita bicarakan ini.

Ibr 2:6 Ada orang yang pernah memberi kesaksian di dalam suatu nas, katanya: “Apakah manusia, sehingga Engkau mengingatnya, atau anak manusia, sehingga Engkau mengindahkannya?

Ibr 2:7 Namun Engkau telah membuatnya untuk waktu yang singkat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat,

Ibr 2:8 segala sesuatu telah Engkau taklukkan di bawah kaki-Nya.” Sebab dalam menaklukkan segala sesuatu kepada-Nya, tidak ada suatupun yang Ia kecualikan, yang tidak takluk kepada-Nya. Tetapi sekarang ini belum kita lihat, bahwa segala sesuatu telah ditaklukkan kepada-Nya.

Ibr 2:9 Tetapi Dia, yang untuk waktu yang singkat dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, yaitu Yesus, kita lihat, yang oleh karena penderitaan maut, dimahkotai dengan kemuliaan dan hormat, supaya oleh kasih karunia Allah Ia mengalami maut bagi semua manusia.

Ibr 2:10 Sebab memang sesuai dengan keadaan Allah?yang bagi-Nya dan oleh-Nya segala sesuatu dijadikan?,yaitu Allah yang membawa banyak orang kepada kemuliaan, juga menyempurnakan Yesus, yang memimpin mereka kepada keselamatan, dengan penderitaan.

Ibr 2:11 Sebab Ia yang menguduskan dan mereka yang dikuduskan, mereka semua berasal dari Satu; itulah sebabnya Ia tidak malu menyebut mereka saudara,

Ibr 2:12 kata-Nya: “Aku akan memberitakan nama-Mu kepada saudara-saudara-Ku, dan memuji-muji Engkau di tengah-tengah jemaat,”

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 8:2a.5.6-7.8-9

Engkau membuat Anak-Mu berkuasa atas segala buatan tangan-Mu.

  • Mzm 8:2 (8-3) Dari mulut bayi-bayi dan anak-anak yang menyusu telah Kauletakkan dasar kekuatan karena lawan-Mu, untuk membungkamkan musuh dan pendendam.
  • Mzm 8:5 (8-6) Namun Engkau telah membuatnya hampir sama seperti Allah, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat.

Mzm 8:6 (8-7) Engkau membuat dia berkuasa atas buatan tangan-Mu; segala-galanya telah Kauletakkan di bawah kakinya:

  • Mzm 8:7 (8-8) kambing domba dan lembu sapi sekalian, juga binatang-binatang di padang;

Mzm 8:8 (8-9) burung-burung di udara dan ikan-ikan di laut, dan apa yang melintasi arus lautan.

Mzm 8:9 (8-10) Ya TUHAN, Tuhan kami, betapa mulianya nama-Mu di seluruh bumi!

Bait Pengantar Injil       1 Tesalonika Bab 2 : ayat 13

Sambutlah sabda Tuhan, bukan sebagai perkataan manusia, melainkan sebagaimana sebenarnya, sebagai sabda Allah.

 

Bacaan Injil               Markus Bab 1 : ayat 21b – ayat 28

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus :

Mrk 1:21 Mereka tiba di Kapernaum. Setelah hari Sabat mulai, Yesus segera masuk ke dalam rumah ibadat dan mengajar.

Mrk 1:22 Mereka takjub mendengar pengajaran-Nya, sebab Ia mengajar mereka sebagai orang yang berkuasa, tidak seperti ahli-ahli Taurat.

Mrk 1:23 Pada waktu itu di dalam rumah ibadat itu ada seorang yang kerasukan roh jahat. Orang itu berteriak:

Mrk 1:24 “Apa urusan-Mu dengan kami, hai Yesus orang Nazaret? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah.”

Mrk 1:25 Tetapi Yesus menghardiknya, kata-Nya: “Diam, keluarlah dari padanya!”

Mrk 1:26 Roh jahat itu menggoncang-goncang orang itu, dan sambil menjerit dengan suara nyaring ia keluar dari padanya.

Mrk 1:27 Mereka semua takjub, sehingga mereka memperbincangkannya, katanya: “Apa ini? Suatu ajaran baru. Ia berkata-kata dengan kuasa. Roh-roh jahatpun diperintah-Nya dan mereka taat kepada-Nya.”

Mrk 1:28 Lalu tersebarlah dengan cepat kabar tentang Dia ke segala penjuru di seluruh Galilea.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Singkat

Dalam Katolik kita selalu diajarkan tentang kasih entah itu cinta kasih , belas kasihan atau yang lainnya. Sering terdengar di telinga kita kata ‘kasih’. Seperti lagu yang mengatakan bahwa kasih itu lemah lembut, kasih itu murah hati, kasih itu juga mengampuni. Selayaknya kita juga seperti itu menerapkan kasih kepada semua orang.

Dalam bacaan Injil Yesus telah memberi contoh bahwa Yesus tergerak hati-Nya oleh belas kasihan. Memang kita agak sulit untuk menerapkan yang Yesus terapkan dalam bacaan Injil hari ini, tapi dengan melakukan sedikit demi sedikit belas kasihan kita terhadap orang lain maka Yesus mampu melihat hal yang sedikit itu dan membuatnya menjadi besar.

Dalam kehidupan sehari-hari contoh cinta kasih yang dapat kita terapkan adalah dengan ramah kepada orang yang kita temui, memberi senyum dan menyapa orang terlebih dahulu, karena dengan kita melakukan hal kecil itu, orang mampu merasakan kasih yang kita berikan.https://infokatolik.id/tag/info-katolik

Pada bacaan kali ini alkitab mengajak kita untuk percaya bahwa Yesus adalah tuhan Allah yang mampu menaklukkan segala sesuatu tanpa terkecuali. Maka dari itu kita diajak untuk selalu berdoa kepada Tuhan dalam situasi susah maupun senang. Karena dengan kuasa Tuhan kita mampu menerima yang indah.

Yesus lahir, dibaptis, wafat dan bangkit bagi kita semua umat manusia. Tuhan Yesus mau setara dengan manusia Walaupun dia adalah utusan Allah. Tuhan Yesus saja mau melakukan segala sesuatu untuk kita umat manusia, masa kita tidak melakukan segala sesuatu untuk memuji dan memuliakan nama Tuhan yang selalu ada disaat susah maupun senang.

 

Doa

Ya Allah Bapa, kami mohon ajarilah kami tentang ajaran kasih-Mu, agar kami mampu menerapkan kasih kepada siapapun. Amin.

 

Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang ada di link berikut https://infokatolik.id/category/kumpulan-doa 

sumber bacaan : http://www.imankatolik.or.id/ 

Related For Renungan Harian Katolik Selasa, 12 Januari 2021