Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Selasa, 5 Januari 2021

January 3, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Selasa, 5 Januari 2021

 

Renungan Harian Katolik Selasa, 5 Januari 2021

 

Bacaan Pertama        1 Yohanes Bab 4 : ayat 7 – ayat 10

Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Yohanes :

1Yoh 4:7 Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah.

1Yoh 4:8 Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih.

1Yoh 4:9 Dalam hal inilah kasih Allah dinyatakan di tengah-tengah kita, yaitu bahwa Allah telah mengutus Anak-Nya yang tunggal ke dalam dunia, supaya kita hidup oleh-Nya.

1Yoh 4:10 Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 72:2.3-4ab,7-8

Segala bangsa di bumi, ya Tuhan sujud menyembah kepada-Mu.

  • Mzm 72:2 Kiranya ia mengadili umat-Mu dengan keadilan dan orang-orang-Mu yang tertindas dengan hukum!
  • Mzm 72:3 Kiranya gunung-gunung membawa damai sejahtera bagi bangsa, dan bukit-bukit membawa kebenaran!

Mzm 72:4 Kiranya ia memberi keadilan kepada orang-orang yang tertindas dari bangsa itu, menolong orang-orang miskin, tetapi meremukkan pemeras-pemeras!

  • Mzm 72:7 Kiranya keadilan berkembang dalam zamannya dan damai sejahtera berlimpah, sampai tidak ada lagi bulan!

Mzm 72:8 Kiranya ia memerintah dari laut ke laut, dari sungai Efrat sampai ke ujung bumi!

Bait Pengantar Injil       Lukas Bab 4 : ayat 18 – ayat 19

Tuhan mengutus Aku menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin, dan memberitakan pembebasan kepada orang tawanan.

 

Bacaan Injil               Markus Bab 6 : ayat 34 – ayat 44

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus :

Mrk 6:34 Ketika Yesus mendarat, Ia melihat sejumlah besar orang banyak, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka seperti domba yang tidak mempunyai gembala. Lalu mulailah Ia mengajarkan banyak hal kepada mereka.

Mrk 6:35 Pada waktu hari sudah mulai malam, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya dan berkata: “Tempat ini sunyi dan hari sudah mulai malam.

Mrk 6:36 Suruhlah mereka pergi, supaya mereka dapat membeli makanan di desa-desa dan di kampung-kampung di sekitar ini.”

Mrk 6:37 Tetapi jawab-Nya: “Kamu harus memberi mereka makan!” Kata mereka kepada-Nya: “Jadi haruskah kami membeli roti seharga dua ratus dinar untuk memberi mereka makan?”

Mrk 6:38 Tetapi Ia berkata kepada mereka: “Berapa banyak roti yang ada padamu? Cobalah periksa!” Sesudah memeriksanya mereka berkata: “Lima roti dan dua ikan.”

Mrk 6:39 Lalu Ia menyuruh orang-orang itu, supaya semua duduk berkelompok-kelompok di atas rumput hijau.

Mrk 6:40 Maka duduklah mereka berkelompok-kelompok, ada yang seratus, ada yang lima puluh orang.

Mrk 6:41 Dan setelah Ia mengambil lima roti dan dua ikan itu, Ia menengadah ke langit dan mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, supaya dibagi-bagikan kepada orang-orang itu; begitu juga kedua ikan itu dibagi-bagikan-Nya kepada semua mereka.

Mrk 6:42 Dan mereka semuanya makan sampai kenyang.

Mrk 6:43 Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti dua belas bakul penuh, selain dari pada sisa-sisa ikan.

Mrk 6:44 Yang ikut makan roti itu ada lima ribu orang laki-laki.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Singkat

Dalam Katolik kita selalu diajarkan tentang kasih entah itu cinta kasih , belas kasihan atau yang lainnya. Sering terdengar di telinga kita kata ‘kasih’. Seperti lagu yang mengatakan bahwa kasih itu lemah lembut, kasih itu murah hati, kasih itu juga mengampuni. Selayaknya kita juga seperti itu menerapkan kasih kepada semua orang.

Dalam bacaan Injil Yesus telah memberi contoh bahwa Yesus tergerak hati-Nya oleh belas kasihan. Memang kita agak sulit untuk menerapkan yang Yesus terapkan dalam bacaan Injil hari ini, tapi dengan melakukan sedikit demi sedikit belas kasihan kita terhadap orang lain maka Yesus mampu melihat hal yang sedikit itu dan membuatnya menjadi besar.

Dalam kehidupan sehari-hari contoh cinta kasih yang dapat kita terapkan adalah dengan ramah kepada orang yang kita temui, memberi senyum dan menyapa orang terlebih dahulu, karena dengan kita melakukan hal kecil itu, orang mampu merasakan kasih yang kita berikan.

 

Doa

Ya Allah Bapa, kami mohon ajarilah kami tentang ajaran kasih-Mu, agar kami mampu menerapkan kasih kepada siapapun. Amin.

 

Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang ada di link berikut https://infokatolik.id/category/kumpulan-doa 

sumber bacaan : http://www.imankatolik.or.id/ 

Related For Renungan Harian Katolik Selasa, 5 Januari 2021