Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Senin, 23 November 2020

November 23, 2020 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Senin, 23 November 2020

 

Renungan Harian Katolik Senin, 23 November 2020

 

Bacaan Pertama       Wahyu Bab 14 : ayat 1 – ayat 3. ayat 4b – ayat 5

Pembacaan dari Kitab Wahyu :

Why 14:1 Dan aku melihat: sesungguhnya, Anak Domba berdiri di bukit Sion dan bersama-sama dengan Dia seratus empat puluh empat ribu orang dan di dahi mereka tertulis nama-Nya dan nama Bapa-Nya.

Why 14:2 Dan aku mendengar suatu suara dari langit bagaikan desau air bah dan bagaikan deru guruh yang dahsyat. Dan suara yang kudengar itu seperti bunyi pemain-pemain kecapi yang memetik kecapinya.

Why 14:3 Mereka menyanyikan suatu nyanyian baru di hadapan takhta dan di depan keempat makhluk dan tua-tua itu, dan tidak seorangpun yang dapat mempelajari nyanyian itu selain dari pada seratus empat puluh empat ribu orang yang telah ditebus dari bumi itu.

Why 14:4 Mereka adalah orang-orang yang tidak mencemarkan dirinya dengan perempuan-perempuan, karena mereka murni sama seperti perawan. Mereka adalah orang-orang yang mengikuti Anak Domba itu ke mana saja Ia pergi. Mereka ditebus dari antara manusia sebagai korban-korban sulung bagi Allah dan bagi Anak Domba itu.

Why 14:5 Dan di dalam mulut mereka tidak terdapat dusta; mereka tidak bercela.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan       Mazmur 24:1-2.3-4ab.5-6

Inilah angkatan yang mencari wajah-Mu, ya Tuhan.

  • Mzm 24:1 Mazmur Daud. Tuhanlah yang empunya bumi serta segala isinya, dan dunia serta yang diam di dalamnya.

Mzm 24:2 Sebab Dialah yang mendasarkannya di atas lautan dan menegakkannya di atas sungai-sungai.

  • Mzm 24:3 “Siapakah yang boleh naik ke atas gunung TUHAN? Siapakah yang boleh berdiri di tempat-Nya yang kudus?”

Mzm 24:4 “Orang yang bersih tangannya dan murni hatinya, yang tidak menyerahkan dirinya kepada penipuan, dan yang tidak bersumpah palsu.

  • Mzm 24:5 Dialah yang akan menerima berkat dari TUHAN dan keadilan dari Allah yang menyelamatkan dia.

Mzm 24:6 Itulah angkatan orang-orang yang menanyakan Dia, yang mencari wajah-Mu, ya Allah Yakub.” Sela

 

 

Bait Pengantar Injil        Matius Bab 24 : ayat 42a.44

Berjaga-jaga dan bersiap-siaplah, sebab Anak Manusia datang pada saat yang tidak kalian duga. 

 

Bacaan Injil                   Lukas Bab 21 : ayat 1 – ayat 4

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas:

Luk 21:1 Ketika Yesus mengangkat muka-Nya, Ia melihat orang-orang kaya memasukkan persembahan mereka ke dalam peti persembahan.

Luk 21:2 Ia melihat juga seorang janda miskin memasukkan dua peser ke dalam peti itu.

Luk 21:3 Lalu Ia berkata: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak dari pada semua orang itu.

Luk 21:4 Sebab mereka semua memberi persembahannya dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, bahkan ia memberi seluruh nafkahnya.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Singkat

Dengan memberi kita tidak akan jatuh miskin, malah kamu akan semakin kaya. Kalimat itu yang sering ku ingat ketika ada orang yang membutuhkan dan diri sendiri juga sedang sangat membutuhkan. Rasa takut kekurangan dalam diri itu masih ada, dan itu adalah tantangan terbesar kita yang melatarbelakangi untuk berbagi.

Bacaan injil pada hari ini mengingatkan kita untuk dapat memberi secara tulus, tanpa pamrih dan tanpa rasa khawatir. Memberi atau berbagi tidak melulu tentang uang, masih banyak hal dalam diri kita yang dapat diberi seperti waktu, perhatian, kasih sayang, ilmu maupun tenaga kita. Jangan sampai kita menahan kebaikan dalam diri, serahkan segala kekhawatiranmu kepada Tuhan, sebab Tuhan lah yang memelihata kita sepanjang waktu.

 

Doa

Allah Bapa Yang Mahabaik. Engkau Allah Abraham, Allah Ishak, Allah Yakub, dan Allah semua orang hidup. Sinarilah hati dan budi kami sehingga kami sungguh-sungguh mengimani Engkau sebagai Allah Yang Hidup. Amin

 

Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang ada di link berikut https://infokatolik.id/category/kumpulan-doa 

Related For Renungan Harian Katolik Senin, 23 November 2020