Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Santa Fe, Santa Fides, Santa Foy, Santa Faith

October 6, 2019 | Orang Kudus

Para Kudus – 6  Oktober

Santa Fe
Santa Fides, Santa Foy, Santa Faith

Santa Fe (Fides, Foy, Faith) adalah seorang perawan dan martir dari kota Agen – Aquitaine (sekarang wilayah Perancis). Ketika Kaisar Diokletianus mulai menganiaya umat Kristiani, ia bersama Santa Albertha ditangkap dan dipenjarakan karena iman Kristiani mereka.

Mereka lalu ditawari kebebasan apabila mau menyangkal Tuhan Yesus dan mempersembahkan korban bagi dewa – dewi pagan Romawi. Tawaran ini ditolaknya. Dengan tegas Santa Fe menyatakan bahwa ia tidak akan melakukan kekejian tersebut. Karena itu ia pun disiksa sampai mati dengan cara dipanggang diatas bara api.

Kisah kemartiran Santa Fe disebutkan terjadi pada tahun 287 atau 290, sementara tradisi lain menyebutkan berlangsung pada awal tahun 303 saat terjadi penganiayaan besar-besaran atas umat Kristiani oleh Kaisar Diokletianus.

Nama perawan dan martir kudus ini sering secara keliru disebut sebagai Santa Pelindung dari kota “Santa Fe” di Amerika Serikat. Kenyataannya, kedua nama ini sama sekali tidak ada hubungannya. Nama “Santa Fe” ibukota Negara bagian New Mexico Amerika Serikat berasal dari nama : “Villa Real de la Santa Fe de San Francisco de Asis,” (Royal Village of the Holy Faith of St. Francis of Assisi. -Inggris) yang kemudian disingkat menjadi Santa Fe.

Related For Santa Fe, Santa Fides, Santa Foy, Santa Faith