Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Santo Gerald of Aurillac

October 13, 2019 | Orang Kudus

Para Kudus – 13 Oktober

Santo Geraldus atau santo Gerald berasal dari keluarga bangsawan Kristen yang saleh. Ayahnya yang juga bernama Geraldus, adalah Count of Aurillac, dan ibunya adalah Santa Adeltrude (Adeltrude of Aurillac, pesta : 14 November). Santo Geraldus memiliki fisik yang lemah. Ia sering sakit-sakitan sehingga ia akhirnya menjadi buta.

Setelah kematian ayahnya, Geraldus menggantikannya menjadi Count of Aurillac. Dikemudian hari, ia melepaskan jabatan tersebut, menjual semua harta bendanya dan mempersembahkan hidupnya untuk melayani sesama dalam nama Yesus. Meskipun ia tidak bergabung dengan konggregasi atau Ordo religius tertentu, namun ia hidup selibat, bermati-raga setiap hari dan selalu mengucapkan doa brevir sebagaimana layaknya seorang biarawan.

Geraldus juga mendirikan sebuah biara dan gereja di tanah keluarganya di Aurillac. Di gereja inilah kelak ia dimakamkan setelah meninggal dunia pada tanggal 13 Oktober, mungkin di tahun 909.

Santo Geraldus adalah contoh dari bangsawan Kristen yang kudus di abad pertengahan. Ia dinyatakan Gereja sebagai santo pelindung bagi para bangsawan, para bujangan dan para orang cacat. Kisah hidupnya kelak ditulis oleh santo Oddo, abbas biara Benediktin di Cluny. Hari pestanya ditetapkan pada setiap tanggal 13 Oktober sesuai dengan hari kematiannya.

Related For Santo Gerald of Aurillac