Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Beato Yosafat Chichkov

November 11, 2019 | Orang Kudus

Para Kudus – 11 November

Josaphat Chichkov lahir di Plovdiv, Bulgaria pada tanggal 9 Pebruari 1884. Ia masuk seminari di Louvain Belgia dan ditahbiskan menjadi imam dari Congregation of the Assumption pada tanggal 11 Juli 1909 di kota Malines, Belgia.

Setelah menjadi imam, Josaphat kembali ke Bulgaria untuk mengajar di Sekolah Santo Agustinus dan Sekolah Santo Mikael di Varna. Ia juga ditugaskan memimpin seminari Santo Cyril dan Methodius di Yambol. Josaphat sangat dicintai oleh para muridnya. Karena selain sifatnya yang kebapaan, ia juga pandai bermain musik, piawai berkhotbah, dan selalu penuh humor. Di kota Varna inilah ia bertemu dan bersahabat dengan Uskup Angelo Roncalli (kelak menjadi Paus Yohanes XXIII) yang saat itu bertugas di Bulgaria.

Pada tahun 1949, Uskup Eugene Bossilkov (Beato Eugene Bossilkov – Pesta : 13 November) menugaskannya untuk memimpin gereja berbahasa Latin di Varna. Di dalam kesibukannya mengurus paroki, ia membuat majalah kecil bernama ’Poklonnick’ untuk orang-orang Katolik Bulgaria.

Perjalanan hidupnya dapat teringkas dalam dua kalimat pendek dari suratnya yang ditulis pada tahun 1930 :

Dan yang lain pada tahun 1942 :

Josaphat Chichkov ditangkap dan ditembak mati oleh rejim Komunis Bulgaria pada tanggal 11 Desember 1951. Ia dibeatifikasi oleh Paus Yohanes Paulus II di Plovdiv, Bulgaria pada tanggal 26 Mei 2002.

Related For Beato Yosafat Chichkov