Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Hari Biasa, Minggu VI Paskah, “Bapa dan Putera dan Roh Kudus”

May 23, 2020 | Bacaan & Renungan

Kalender Liturgi, Hari Biasa, Minggu VI Paskah, “Bapa dan Putera dan Roh Kudus”, Sabtu, 23 Mei 2020
Warna Liturgi: Putih

Bacaan I

Pembacaan dari Kisah Para Rasul 18:23-28

Setelah beberapa hari lamanya ia tinggal di situ, ia berangkat pula, lalu menjelajahi seluruh tanah Galatia dan Frigia untuk meneguhkan hati semua murid. Sementara itu datanglah ke Efesus seorang Yahudi bernama Apolos, yang berasal dari Aleksandria. Ia seorang yang fasih berbicara dan sangat mahir dalam soal-soal Kitab Suci. Ia telah menerima pengajaran dalam Jalan Tuhan. Dengan bersemangat ia berbicara dan dengan teliti ia mengajar tentang Yesus, tetapi ia hanya mengetahui baptisan Yohanes. Ia mulai mengajar dengan berani di rumah ibadat. Tetapi setelah Priskila dan Akwila mendengarnya, mereka membawa dia ke rumah mereka dan dengan teliti menjelaskan kepadanya Jalan Allah. Karena Apolos ingin menyeberang ke Akhaya, saudara-saudara di Efesus mengirim surat kepada murid-murid di situ, supaya mereka menyambut dia. Setibanya di Akhaya maka ia, oleh kasih karunia Allah, menjadi seorang yang sangat berguna bagi orang-orang yang percaya. Sebab dengan tak jemu-jemunya ia membantah orang-orang Yahudi di muka umum dan membuktikan dari Kitab Suci bahwa Yesus adalah Mesias.

Demikianlah sabda Tuhan.
Syukur kepada Allah


Mazmur Tanggapan

Refr. Allah adalah Raja seluruh bumi!

Mzm 47:2-3.8-9.10
– Hai segala bangsa, bertepuktanganlah, elu-elukanlah Allah dengan sorak-sorai! Sebab Tuhan, Yang Mahatinggi, adalah dahsyat, Raja agung atas seluruh bumi.
– Sebab Allah adalah Raja seluruh bumi, bermazmurlah dengan lagu yang paling indah! Allah merajai segala bangsa, di atas takhta-Nya yang kudus Ia bersemayam.
– Para pemimpin bangsa-bangsa berdatangan bergabung dengan umat Allah Abraham. Sebab segala perisai di atas bumi adalah milik-Nya;
sangat agunglah Dia!

Bait Pengantar Injil

Refr. Alleluya, Alleluya, Alleluya

Yoh 16:28
Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; kini Aku meninggalkan dunia lagi dan pergi kepada Bapa.

Bacaan Injil

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes 16:23b-28

Dan pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepada-Ku. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku. Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatupun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu. Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan. Akan tiba saatnya Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan, tetapi terus terang memberitakan Bapa kepadamu. Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa, sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah. Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa.”

Demikianlah Injil Tuhan.
Terpujilah Kristus

Renungan.

Ketika kita berdoa biasanya diakhir dengan rumusan Trinitas seperti yang dikatakan dalam Injil bahwa antara Bapa dan Putera dan Roh Kudus adalah satu kesatuan. Oleh karena itu dalam doa kita selalu diakhiri dengan menyebut “Dalam nama Yesus Putera-Mu dan bersama dengan Dikau dalam persatuan dengan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah sepanjang segala masa”. Maka seperti yang dikatakan Yesus sendiri dalam bacaan Injil hari ini : “Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa sebab Bapa sendiri mengasihi kamu”, bahwa dengan pengantaraan Kristus bukan berarti menempatkan Tuhan Yesus berada dibawah Allah Bapa. Artinya ketika kita berdoa kepada Allah Putera, juga disitu hadir Allah Bapa dan Allah Roh Kudus. Ini menandakan bahwa Allah Bapa itu sungguh dekat dengan baik kepada kita, Allah kita selalu terlibat dalam kehidupan kita, mendampingi dan menyertai kita sampai ke tempat yang abadi. Kita bersyukur bahwa kita percaya dan beriman kepada Allah yang tidak jauh, tetapi Allah yang sungguh-sungguh dekat dengan kita, yang sungguh hadir dan terlibat dalam kehidupan kita. Dan kita selalu dekat pada-Nya.

Berkah Dalem.


Bacaan Kitab Suci dan Renungan lainnya dapat dibaca diĀ  Bacaan & Renungan

Related For Hari Biasa, Minggu VI Paskah, “Bapa dan Putera dan Roh Kudus”