Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Hari Minggu Biasa ke XV “Menjadi Pribadi yang Murah Hati”

July 14, 2019 | Bacaan & Renungan
menjadi pribadi yang murah hati

Hari Minggu Biasa ke XV “Menjadi Pribadi yang Murah Hati” 13-14 Juli 2019

Hari ini adalah hari Minggu Biasa ke 15 tahun Liturgi C

Bacaan hari ini

Bacaan I

Kitab Ulangan 30 ayat 10-14

Apabila engkau mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dengan berpegang pada perintah dan ketetapan-Nya, yang tertulis dalam kitab Taurat ini dan apabila engkau berbalik kepada TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu.
“Sebab perintah ini, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, tidaklah terlalu sukar bagimu dan tidak pula terlalu jauh. Tidak di langit tempatnya, sehingga engkau berkata: Siapakah yang akan naik ke langit untuk mengambilnya bagi kita dan memperdengarkannya kepada kita, supaya kita melakukannya? Juga tidak di seberang laut tempatnya, sehingga engkau berkata: Siapakah yang akan menyeberang ke seberang laut untuk mengambilnya bagi kita dan memperdengarkannya kepada kita, supaya kita melakukannya? Tetapi firman ini sangat dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu, untuk dilakukan.

Demikianlah Sabda Tuhan

Syukur kepada Allah

Mazmur Tanggapan

“Tuhan Sudi Dengarkan Rintihan Umat mu”

Bacaan kedua

Surat Rasul Paulus Kepada Jemaat Di Kolose 1 15-20

Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu , yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia. Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia. Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu. Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus.

Demikianlah sabda Tuhan

Syukur kepada Allah

Bait Pengantar Injil

ALLELUYA ( Ulangan 961)

Tuhan, Sabda-MU adalah roh dan Kehidupan. Sabda-Mu adalah sabda hidup yang kekal.”

Bacaan Injil

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas 10:25-37

Pada suatu kali berdirilah seorang ahli Taurat untuk mencobai Yesus, katanya: “Guru, apa yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?”
Jawab Yesus kepadanya: “Apa yang tertulis dalam hukum Taurat? Apa yang kaubaca di sana?”
Jawab orang itu: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu, dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.”
Kata Yesus kepadanya: “Jawabmu itu benar; perbuatlah demikian, maka engkau akan hidup.”
Tetapi untuk membenarkan dirinya orang itu berkata kepada Yesus: “Dan siapakah sesamaku manusia?”
Jawab Yesus: “Adalah seorang yang turun dari Yerusalem ke Yerikho; ia jatuh ke tangan penyamun-penyamun yang bukan saja merampoknya habis-habisan, tetapi yang juga memukulnya dan yang sesudah itu pergi meninggalkannya setengah mati.
Kebetulan ada seorang imam turun melalui jalan itu; ia melihat orang itu, tetapi ia melewatinya dari seberang jalan.
Demikian juga seorang Lewi datang ke tempat itu; ketika ia melihat orang itu, ia melewatinya dari seberang jalan.
Lalu datang seorang Samaria, yang sedang dalam perjalanan, ke tempat itu; dan ketika ia melihat orang itu, tergeraklah hatinya oleh belas kasihan.
Ia pergi kepadanya lalu membalut luka-lukanya, sesudah ia menyiraminya dengan minyak dan anggur. Kemudian ia menaikkan orang itu ke atas keledai tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya.
Keesokan harinya ia menyerahkan dua dinar kepada pemilik penginapan itu, katanya: Rawatlah dia dan jika kaubelanjakan lebih dari ini, aku akan menggantinya, waktu aku kembali.
Siapakah di antara ketiga orang ini, menurut pendapatmu, adalah sesama manusia dari orang yang jatuh ke tangan penyamun itu?”
Jawab orang itu: “Orang yang telah menunjukkan belas kasihan kepadanya.” Kata Yesus kepadanya: “Pergilah, dan perbuatlah demikian!”

Demikianlah Injil Tuhan

Terpujilah Kristus

Renungan versi infokatolik.id

Menurut tema misa hari ini ” menjadi pribadi yang murah hati”, nah bacaan Injil yang kita dengarkan hari ini begitu menusuk hati admin infokatolik.id. Mari kita telaah bersama dalam kehidupan keseharian kita, seringkali kita ketika ada kejadian “kecelakaan” di jalan, yang kita lakukan adalah “menonton” nya saja tanpa melakukan sebuah tindakan apapun.

Imam dalam bacaan injil hari ini, mari kita umpamakan sebagai umat katolik, seringkali ketika kita melihat kesulitan sesama kita yang “katolik” malah menghindari untuk “membantunya” .

Lalu orang Lewi, dalam bacaan Injil hari ini kita umpamakan sebagai orang KRISTEN, sebagai sesama orang kristiani, seringkali juga kita hanya solider ketika senang, ketika kesulitan melanda, maka kita akan menghindari-nya.

Sedangkan orang Samaria disini digambarkan sebagai orang-orang yang bahkan belum mengimani KRISTUS, malah dengan baik membawa “orang Yerusalem ini” di atas keledainya dan memberikan perawatan yang terbaik bahkan meninggalkan uang kepada pihak hotel.

Pertanyaan sederhananya; sudahkan kita memperhatikan lingkungan terdekat kita ? membantu tidak perlu agar dipandang, tapi membantu karena dasar pribadi yang murah hati, mari bersama sama kita memulai dari diri kita sendiri dengan menjadi pribadi murah hati dengan melakukan tindakan sederhana, misalnya sesering mungkin mengucapkan terimakasih kepada sesama.

Selamat ber hari minggu Tuhan Yesus Memberkati

Berkah dalem

-Admin-

Related For Hari Minggu Biasa ke XV “Menjadi Pribadi yang Murah Hati”