Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Makna Natal, Tradisi Iman atau Tradisi Belanja?

December 16, 2019 | Sejenak Eling

Apa yang dimaksud dengan Minggu Gaudete?

Minggu Gaudete atau Minggu Bersukacitalah dirayakan pada Minggu Adven ketiga. Kata sifat “bersukacitalah” ini berasal dari antiphon pembukaan pada Minggu itu, yaitu “Bersukacitalah selalu dalam Tuhan. sekali lagi kukatakan: bersukacitalah! Sebab Tuhan sudah dekat.” (Flp. 4:4.5). Tuhan menyerukan agar kita bersukacita. Sukacita itu datang dari kenyataan bahwa pesta kelahiran Tuhan sudah dekat.

Minggu ketiga Adven adalah titik tengah dari keseluruhan Masa Adven yang berlangsung selama empat minggu. Di tengah masa persiapan yang bersifat prihatin dan matiraga itu, Gereja memberikan “break” (istirahat) dan mengajak umat bersukacita.

 

Black Friday

Vatican City – Paus Fransiskus mendesak masyarakat untuk melawan semangat konsumerisme menjelang perayaan Natal.

Paus menyebut ini sebagai virus yang menyerang keyakinan dan menyinggung perasaan warga yang membutuhkan.

“Saat Anda hidup untuk benda-benda, benda tidak akan pernah cukup, kerakusan berkembang, orang lain dianggap sebagai hambatan dalam perlombaan ini,” kata Paus Fransiskus dalam pidato di misa, yang mengritik berkembangnya konsumerisme di berbagai negara saat ini, seperti dilansir Reuters pada Ahad, 1 Desember 2019.

Paus berbicara mengenai dua hari belanja global di sejumlah negara kaya seperti Amerika Serikat. Acara belanja ini disebut Black Friday dan Cyber Monday.

Penjualan toko ritel pada momen seperti ini mencapai US$7.4 miliar atau sekitar Rp104 triliun. Angka ini menunjukkan kenaikan omzet penjualan sekitar 20 persen dari 2018.

Paus Fransiskus juga menyebut konsumerisme sebagai virus yang menggerogoti keyakinan. Ini membuat orang-orang lupa terhadap saudara yang mengetup pintu meminta pertolongan.

Paus juga mendesak masyarakat untuk melawan cahaya membutakan dari konsumerisme, yang akan bersinar di mana-mana pada bulan ini menjelang Natal.

CNET melansir acara belanja Black Friday 2019 terbilang sukses menurut data yang dikompilasi Adobe. Sejumlah produk yang laku terjual seperti boneka L.O.L Surprise Dolls, Frozen 2 Toys, dan FIFA 20.

Dan momen belanja ini belum berakhir dengan dimulainya masa belanja Cyber Monday setelah Black Friday pada Senin pekan ini. Sejumlah perusahaan ritel besar mengobral produk gadget seperti toko online Best Buy yang menjual ponsel Google Pixl 3a dengan harga diskon. Toko online raksasa seperti Amazon juga ikut meramaikan acara Cyber Monday ini.

*Tempo.co

“Natal tidak akan menjadi bermakna jika orang-orang terperangkap dalam hiruk-pikuk belanja, menyiapkan hadiah dan makanan, sedangkan mereka mengabaikan orang miskin dan melupakan apa sebenarnya makna perayaan natal itu,” kata Paus Fransiskus.

“Jika Natal berakhir hanya sebagai liburan tradisional yang indah, di mana segala sesuatu berputar di sekitar kita dan bukan Dia, itu akan menjadi kesempatan yang hilang,” kata Paus Fransiskus lagi.

Related For Makna Natal, Tradisi Iman atau Tradisi Belanja?