Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Mau Belajar dari Kesalahan

November 9, 2019 | Sejenak Eling

Paus Fransiskus juga manusia biasa seperti kita. Ia pernah berbuat salah layaknya kita. Namun siapapun diri kita, tak perlu menggunjingkan kesalahan orang lain. Hal terpenting ialah memperhatikan sikap yang diambil setelahnya, berani mengakui kesalahan, lalu belajar berbenah agar tidak tergelincir di lubang yang sama. Hal ini juga pernah dikatakan oleh Eleanor Roosevelt bahwa manusia mungkin berbuat salah, tetapi yang tidak dibenarkan adalah mempertahankan sesuatu yang negatif dan mengulanginya hingga menjadi kebiasaan.

Salah satu mimpi Bergoglio, ia ingin menjalani hidup dengan sederhana dan rendah hati. Namun, ada saja godaannya. Ada saja kesalahan-kesalahan dan kegagalan yang ia lakukan dalam perjalanan hidupnya. Meski begitu, ia selalu merasa dikasihi Tuhan.

Tuhan mengangkatnya ketika ia jatuh dalam perjalanannya. Tuhan menolongnya melewati semua hal yang terjadi dalam hidupnya, khususnya pada saat-saat terberat dalam hidupnya. Ia pun belajar bahwa saat menghadapi suatu masalah, mengambil keputusan keliru, atau melakukan tindakan yang tidak baik, saat itulah ia harus kembali dan memohon ampun pada Tuhan.

Bergoglio, beliau menyadari tanggung-jawab seorang pemimpin itu tidak ringan. Ia harus mengkoordinasi, mengarahkan, mendampingi, dan membuat keputusan bagi orang banyak. Ia harus melatih diri dengan baik dalam menjalankan kekuasaan. Kesalahan-kesalahan yang pernah diperbuatnya pada akhirnya justru membantunya memahami kesalahan-kesalahan orang lain.

Ternyata, rasa bersalah dan rasa malu akibat melakukan kesalahan bisa membawa pengaruh baik bagi perilaku manusia. Kita jadi bisa belajar rendah hati dan belajar bermurah hati untuk memahami dan memaafkan kesalahan sesama.

Related For Mau Belajar dari Kesalahan