Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Minggu Septuagesima, Minggu Menjelang Masa Prapaskah

January 31, 2021 | Berita Katolik, info katolik

Minggu Septuagesima, Minggu Menjelang Masa Prapaskah

 

Septuagesima adalah nama untuk hari Minggu kesembilan sebelum Paskah, yang ketiga sebelum Rabu Abu. Istilah ini kadang-kadang diterapkan pada tujuh puluh hari dimulai pada hari Minggu Septuagesima dan berakhir pada hari Sabtu setelah Paskah. Atau, istilah ini kadang-kadang diterapkan juga pada periode yang biasa disebut Shrovetide atau Gesimatide (Musim Pra-Prapaskah) yang dimulai pada hari ini dan berakhir pada Selasa Gemuk, hari sebelum Rabu Abu, ketika Prapaskah dimulai.

Minggu Septuagesima, Minggu Menjelang Masa Prapaskah

Dua hari Minggu lainnya dalam periode tahun liturgi ini disebut Sexagesima dan Quinquagesima, yang terakhir kadang-kadang juga disebut Shrove Sunday. Tanggal paling awal di mana Minggu Septuagesima dapat terjadi adalah 18 Januari (Paskah jatuh pada 22 Maret bukan tahun kabisat) dan yang terbaru adalah 22 Februari (Paskah jatuh pada 25 April dalam tahun kabisat).

 

Tidak lagi secara formal ditandai oleh Gereja Katolik, Septuagesima Sunday, Sexagesima Sunday, dan Quinquagesima Sunday tetap nampak di sebagian kalender liturgis. Apa hari Minggu ini, dan apa yang istimewa dari mereka?

Hari Minggu Ketiga Sebelum Abu Rabu: Septuagesima Minggu

Septuagesima Minggu adalah hari Minggu ketiga sebelum dimulainya Masa Prapaskah, yang menjadikannya hari Minggu kesembilan sebelum Paskah. Secara tradisional, Septuagesima Sunday menandai permulaan persiapan untuk Prapaskah. Septuagesima dan dua hari Minggu selanjutnya (Sexagesima, Quinquagesima; memandang di bawah) dirayakan bersama nama dalam kalender liturgi Katolik Roma tradisional, yang tetap digunakan untuk Misa Latin tradisional.

Dari Mana Nama Septuagesima Berasal?

Tidak tersedia yang sadar pasti mengapa Septuagesima Sunday Mengenakan nama itu. Secara harfiah, Septuagesima artinya “ketujuh puluh” dalam bhs Latin, tapi bertentangan bersama kesalahan umum, itu bukan 70 hari sebelum Paskah, tapi cuma 63. Penjelasan yang paling kemungkinan adalah bahwa Septuagesima Sunday dan Sexagesima Sunday meraih nama mereka dari Quinquagesima hari Minggu, yaitu 49 hari sebelum Paskah , atau 50 kecuali Anda memasukkan Paskah. Quinquagesima artinya “kelimapuluh.”

 

Serambi Depan Masa Prapaskah: Memudahkan Menuju Puasa

Bagaimanapun juga, adalah perihal yang biasa bagi orang Kristen awal untuk mengawali puasa langsung setelah Septuagesima hari Minggu. Sama layaknya Prapaskah hari ini dimulai 46 hari sebelum Paskah, gara-gara hari Minggu tidak pernah jadi hari puasa, jadi, di Gereja awal, Sabtu dan Kamis diakui hari-hari bebas-cepat. Agar muat dalam 40 hari puasa sebelum Paskah, gara-gara itu, puasa kudu dimulai dua minggu lebih awal daripada hari ini.
Dalam perayaan Misa Latin tradisional, dimulai pada hari Minggu Septuagesima, baik Alleluia maupun Gloria dinyanyikan. Mereka tidak ulang sampai Malam Paskah disaat kami menandai kemenangan Kristus atas kematian dalam Kebangkitan-Nya.

 

Minggu Kedua Sebelum Abu Wednesday: Sexagesima Sunday

Sexagesima Minggu adalah hari Minggu kedua sebelum dimulainya Masa Prapaskah, yang menjadikannya hari Minggu kedelapan sebelum Paskah. Secara tradisional, itu adalah yang kedua dari tiga hari Minggu (Septuagesima adalah yang pertama dan Quinquagesima adalah yang ketiga) persiapan untuk Prapaskah.
Sexagesima secara harfiah artinya “keenam puluh,” walaupun itu jatuh cuma 56 hari sebelum Paskah. Kemungkinan besar menyita namanya dari Quinquagesima Sunday, yaitu 49 hari sebelum Paskah, atau 50 kecuali Anda menghitung Paskah itu sendiri.

 

Minggu Terakhir Sebelum Abu Wednesday: Quinquagesima Sunday

Quinquagesima Minggu adalah hari Minggu terakhir sebelum dimulainya Masa Prapaskah, hari Minggu sebelum Rabu Abu, yang menjadikannya hari Minggu ketujuh sebelum Paskah. Secara tradisional, itu adalah yang ketiga dari tiga hari Minggu (mengikuti Septuagesima dan Sexagesima) persiapan untuk Prapaskah.
Quinquagesima secara harfiah artinya “kelimapuluh.” Ini adalah 49 hari sebelum Paskah, atau 50 kecuali Anda menghitung Paskah itu sendiri. Demikian pula, Pentakosta Minggu dikatakan 50 hari setelah Paskah, tapi jumlahnya dihitung bersama memasukkan Paskah dalam hitungan.

 

Nasib Septuagesima, Sexagesima, dan Quinquagesima Minggu

Ketika kalender liturgi Katolik Roma direvisi pada tahun 1969, tiga pra-Prapaskah Minggu dihapus; mereka saat ini cuma berdominasi pada hari Minggu di Waktu Biasa. Septuagesima Sunday, Sexagesima Sunday, dan Quinquagesima Sunday semuanya tetap diamati dalam perayaan Misa Latin tradisional.

Related For Minggu Septuagesima, Minggu Menjelang Masa Prapaskah