Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

NOVENA ROH KUDUS 2021

May 17, 2021 | Kumpulan Doa

NOVENA ROH KUDUS 2021

TAHUN REFLEKSI

 Semakin Mengasihi, Semakin Terlibat, Semakin Menjadi Berkat

 NOVENA ROH KUDUS 2021

 

PETUNJUK PRAKTIS PENGGUNAAN BUKU NOVENA INI

 

  1. Bahan Novena Roh Kudus ini dapat digunakan dalam :

refleksi pribadi atau keluarga atau bahan inspirasi homili, pada saat Perayaan Ekaristi selama Novena ini berlangsung.

  1. Sebelum Perayaan Ekaristi dapat dihantarkan dengan doa Rosario, untuk lebih mempersiapkan
  2. Dalam Perayaan Ekaristi dapat digunakan
    • Pengantar
    • Doa Pembuka
    • Bacaan (menggunakan bacaan harian/mingguan pada hari itu)
    • Saat homili, Imam dapat menggunakan inspirasi renungan
    • Doa Umat
    • Doa Persiapan Persembahan
    • Doa Sesudah Komuni
    • dan Doa Mohon Tujuh Karunia Roh Kudus
    • serta dapat ditambahkan nyanyian sesuai kebutuhan dan persyaratan Perayaan Ekaristi selama masa new normal

 

 

Note :

I : Imam

U : Umat

K : Komentator atau Lektor

 

DOA MOHON TUJUH KARUNIA ROH KUDUS

 

Datanglah, ya Roh Hikmat, turunlah atas diri kami, ajarlah kami menjadi orang bijak terutama agar kami dapat menghargai, mencintai, dan mengutamakan cita-cita surgawi; dan semoga kami Kaulepaskan dari belenggu dosa dunia ini.

Datanglah, ya Roh Pengertian, turunlah atas diri kami. Terangilah budi kami, agar dapat memahami ajaran Yesus, Sang Putera, dan melaksanakannya dalam hidup sehari-hari.

Datanglah, ya Roh Nasihat, dampingilah kami dalam perjalanan hidup yang penuh gejolak ini; semoga kami melakukan yang baik dan menjauhi yang jahat.

Datanglah, ya Roh Keperkasaan, kuatkanlah hamba-Mu yang lemah ini, agar tabah menghadapi segala kesulitan dan derita. Semoga kami Kaukuatkan dengan memegang tangan-Mu yang senantiasa menuntun kami.

Datanglah, ya Roh Pengenalan akan Allah, ajarlah kami mengetahui bahwa semua yang ada di dunia ini sifatnya sementara saja. Bimbinglah kami agar dapat menggunakan hal-hal duniawi untuk kemuliaan-Mu.

Datanglah, ya Roh Kesalehan, bimbinglah kami untuk terus berbakti kepada-Mu. Ajarilah kami menjadi orang yang tahu berterimakasih atas segala kebaikan-Mu; dan berani menjadi teladan kesalehan bagi orang-orang di sekitar kami.

Datanglah, ya Roh Takut akan Allah, ajarlah kami untuk takut dan tunduk kepada-Mu di mana pun kami berada; tegakkanlah kami agar selalu berusaha melakukan

hal-hal yang berkenan kepada-Mu.

Amin.

 

NOVENA Hari ke-1 – Jumat 14 Mei 2017

(Pesta St. Matias)

ROH KUDUS MENGAJAR UNTUK MENGASIHI SESAMA

 

Pengantar

Umat yang terkasih,

Dalam Novena Roh Kudus di tahun Refleksi ini, hari pertama kita sudah diajak untuk mengasihi sesama kita, itulah perintah Yesus dalam bacaan Injil.

Mari kita menjalankan novena ini supaya dengan bimbingan Roh Kudus kita sungguh dapat menjadi pribadi-pribadi yang mampu berefleksi sepanjang tahun dan berani bertindak dan mewujudkannya dalam karya nyata di kehidupan kita.

 

Doa Pembuka

Marilah kita berdoa…. (hening sejenak)

Allah Bapa Mahapengasih, puji syukur atas kasih-Mu yang Kaunyatakan melalui Putera-Mu, Yesus Kristus. Dialah sahabat kami sejati yang rela mengorbankan nyawa-Nya demi dosa-dosa kami. Utuslah Roh-Mu agar kami mampu menjalankan perintah-Nya untuk mengasihi satu dengan yang lain. Dengan pengantaraan Yesus Kristus Putera-Mu, Tuhan kami, yang bersama Dikau dalam persekutuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah kini dan sepanjang segala masa. Amin

 

Bacaan :

Bacaan I        : Kis.1:15-17,20-26

Mazmur         : Mzm.113:1-2,3-4,5-6,7-8

Bacaan Injil   : Yoh.15:9-17

 

Inspirasi Renungan

“Inilah perintah-Ku kepadamu: Kasihilah seorang akan yang lain.” (Yoh 15:17)

Yesus dalam bacaan Injil telah dengan jelas memberikan perintah kepada kita untuk mengasihi seorang akan yang lain. Dan janji-Nya apabila kita menjalankan perintah- Nya adalah menjadi sahabat-Nya. Dengan menjadi Sahabat Yesus kita juga akan mengetahui semua yang telah Yesus dengar dari Allah Bapa, sehingga kita menjadi orang-orang pilihan-Nya.

 

Refleksi Pribadi
  • apakah kita mau menjadi sahabat Yesus ?
  • apakah kita sudah menjalankan perintah-Nya untuk mengasihi seorang akan yang lain ?
  • apakah kita sudah menghasilkan buah, sehingga yang kita minta dalam nama Yesus diberikan kepada kita ?

 

Doa Umat

I : Yesus, sahabat kita, berjanji jika kita menghasilkan buah, maka apa yang kita minta dalam nama-Nya akan diberikan oleh Bapa. Maka marilah dengan penuh iman, kita memanjatkan permohonan-permohonan kita:

K    : Umat dimohon menjawab : “Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan”

K   : Marilah kita berdoa bagi Bapa Paus, para Uskup, dan para Imam :

Semoga Allah Bapa mendampingi dan memberkati Bapa Paus, para Uskup dan para Imam agar selalu menjadi pembawa kabar sukacita bagi umat-Nya seturut teladan Yesus. Marilah kita mohon…

U    : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

K   : Marilah kita berdoa bagi para pemimpin bangsa-bangsa :

Semoga Allah Bapa membimbing mereka, agar dapat menjadi pemimpin yang bijaksana, terutama dalam mengambil keputusan yang tepat bagi rakyatnya. Marilah kita mohon…

U    : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

K : Marilah kita berdoa bagi semua orang yang mencari Tuhan dalam dunia yang sedang tak berdaya ini :

Semoga Allah Yang Mahakasih memberikan penolong yang tepat bagi mereka, sehingga mereka dapat menemukan Tuhan dan menjadikan-Nya sebagai satu- satunya kekuatan dalam menghadapi segala rintangan dan kedukaan yang mereka alami. Marilah kita mohon…

U    : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

K   : Marilah kita berdoa bagi kita semua :

Semoga Bapa tetap menjaga kita dan memberikan kekuatan kepada kita dalam keterbatasan, ketidakberdayaan, kesulitan, kesedihan dan rintangan yang kita hadapi dalam masa pandemi Covid-19 ini, sehingga kita dapat terus mengasihi satu sama lain. Marilah kita mohon…

U    : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

K    : Marilah kita mendoakan ujud permohonan pribadi dalam Novena ini :

— hening sejenak — Marilah kita mohon…

U : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

I   : Allah Bapa, jagalah kami selalu dalam memikul salib kami bersama dengan Yesus, Putera-Mu yang selalu taat kepada-Mu, mampukan kami lebih mengutamakan perintah-Mu dan menghasilkan buah yang berkelimpahan. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.

U   : Amin

 

Doa Persiapan Persembahan

Allah yang Mahakasih, karena kasih-Mu, kami berani membawa persembahan kami kepada-Mu, kiranya dapat Kau persatukan dengan persembahan terkasih Putera-Mu, Yesus Tuhan kami. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami. Amin.

 

Doa Sesudah Komuni

Marilah kita berdoa.

Allah Bapa yang Maharahim, kami bersyukur karena perjamuan kudus membuat kami semakin dekat kepada-Mu. Semoga Tubuh Kristus yang telah kami sambut menambah iman dan kasih, sehingga memampukan kami semakin mengasihi Gereja-Mu, sesama kami dan seluruh alam ciptaan. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

NOVENA Hari ke-2 – Sabtu 15 Mei 2021

ROH KUDUS MENGANUGERAHI KEBERANIAN MEWARTAKAN YESUS

 

Pengantar

Umat yang terkasih,

Pada hari kedua ini, kita diajak untuk mengasihi sesama dengan mewartakan Yesus, Sang Kabar Sukacita, supaya semakin banyak sesama kita mengetahui dan menyadari, Yesus, Jalan, kebenaran dan hidup menuju Bapa.

 

Doa Pembuka

Marilah kita berdoa…. (hening sejenak)

Allah Bapa yang Mahapengasih, masih banyak orang yang belum mengenal Engkau, kami mohon dengan bimbingan Roh Kudus untuk dapat mewartakan tentang Yesus, tentang kasih-Mu yang demikian besar, sebagai bukti kami mengasihi sesama kami. Dengan pengantaraan Yesus Kristus Putera-Mu, Tuhan kami, yang bersama Dikau dalam persekutuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah kini dan sepanjang segala masa. Amin.

 

Bacaan :
 

Bacaan I    :

Mazmur : Bacaan II : Injil           :

pagi –siang

Kis. 18:23-28

Mzm. 47:2-3,8-9,10

Yoh. 16:23b-28

sore – malam

Kis. 1:15-17,20a,20c-26 Mzm. 103:1-2,11-12,19-20ab 1Yoh. 4:11-16

Yoh. 17:11b-19

Inspirasi dan refleksi bisa diilihat hari ke -3

Note : Untuk Misa Novena pada Sore hari Bacaan mengikuti Bacaan hari Minggu

 

Inspirasi Renungan

Sebab dengan tak jemu-jemunya ia membantah orang-orang Yahudi di muka umum dan membuktikan dari Kitab Suci bahwa Yesus adalah Mesias. (Kis. 18:28)

Tindakan Apolos yang dengan berani memberitakan kabar sukacita, sungguh menginspirasi kita. Sekali pun pengetahuan yang diketahuinya hanya sampai baptisan Yohanes, hal itu tidak menyurutkan langkahnya. Dia mau semua orang mengenal tentang Yesus, Sang Mesias, ini merupakan salah satu tindakan mengasihi sesama agar semakin banyak orang diselamatkan.

 

Refleksi Pribadi
  • Apakah aku sungguh telah mengenal Yesus, Sang Mesias ?
  • Apakah aku menceritakan tentang-Nya kepada sesama di sekitarku ?
  • Berapa banyak orang yang sudah mendengar tentang Yesus melalui aku ?
  • Apakah aku tergerak untuk menceritakan tentang Yesus atau karya-karya-Nya dalam hidupku kepada sesama ?

 

Doa Umat

I : Yesus telah berkata: “Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku. Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatupun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu.” Maka marilah kita meminta kepada Yesus untuk terus diberikan anugerah dan berkat untuk saling mengasihi melalui doa kepada Allah supaya penuhlah sukacita kita :

K    : Umat dimohon menjawab : “Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan”

K   : Marilah kita berdoa bagi Bapa Paus, Para Uskup dan para Imam :

Semoga mereka terus dijaga dan dimampukan dalam menjalankan kehendak- Nya sebagai teladan kami dalam hal menjalin hubungan dengan sesama sehingga kami dapat menjadi pewarta sukacita di mana pun kami berada. Marilah kita mohon …

U    : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

K   : Marilah kita berdoa bagi para pemimpin dunia :

Semoga mereka selalu dianugerahi Hikmat Kebijaksanaan sehingga mampu mengambil menjalankan tugas dan tanggungjawab mereka sebagai pemimpin, dengan selalu mengedepankan kasih Bapa demi kesejahteraan manusia. Marilah kita mohon …

U    : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

K : Marilah kita berdoa bagi saudara-saudari kita yang sedang mengalami kesulitan dalam hidup :

Semoga dalam kesulitan, kesusahan dan ketidakpastian hidup, terutama di masa pandemi ini, mereka selalu dituntun Roh Kudus untuk berpegang dan mencari jalan keselamatan serta selalu teringat akan Kasih Karunia Allah Bapa. Marilah kita mohon …

U    : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

K   : Marilah kita berdoa bagi kita semua :

Semoga dengan bimbingan Roh Kudus, kita dimampukan dalam mengarahkan hidup kita kepada pewartaan kabar sukacita, supaya semakin banyak orang merasakan kasih Allah. Marilah kita mohon …

U    : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

 

K   : Marilah kita mendoakan ujud permohonan pribadi dalam Novena ini :

— hening sejenak — Marilah kita mohon… U : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

I : Ya Allah, berikanlah hikmat kepada umat-Mu dan seluruh umat manusia supaya dapat memiliki semangat untuk saling mengasihi satu sama lain sehingga, melalui usaha-usahanya mereka mendapatkan sukacita-Mu dan semakin mengerti akan cinta kasih-Mu yang sejati. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.

U : Amin

 

Doa Persiapan Persembahan

Allah Bapa, karena kasih-Mu kami, Engkau berkenan pada persembahan kami. Semoga persembahan kami menyucikan diri kami agar pantas merayakan pesta bersama-Mu. Demi Yesus Tuhan, pengantara kami kini dan sepanjang masa. Amin.

 

Doa Sesudah Komuni

Marilah kita berdoa.

Allah Bapa, semoga sakramen yang baru kami sambut ini, menjadikan kami semakin berani mewartakan kabar sukacita kepada sesama kami. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

 

NOVENA Hari ke-3 – Minggu 16 Mei 2021

(Hari Minggu Komunikasi Sedunia)

ROH KUDUS MENJAGA AGAR KASIH ALLAH SEMPURNA

 

Pengantar

Umat yang terkasih,

Pada novena hari ke-3, kita diingatkan bahwa kalau kita saling mengasihi, maka kasih Allah di dalam kita akan sempurna. Kita memohon Roh Kudus untuk membimbing kita agar kita selalu mengasihi.

 

Doa Pembuka

Marilah kita berdoa…. (hening sejenak)

Allah Bapa Mahapengasih, kasih-Mu yang besar sudah dibuktikan dengan mengutus Putera-Mu ke dunia untuk menebus dosa-dosa kami, teguhkanlah kami untuk selalu mengasih sesama kami sehingga Kasih-Mu sempurna. Dengan pengantaraan Yesus Kristus Putera-Mu, Tuhan kami, yang bersama Dikau dalam persekutuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah kini dan sepanjang segala masa. Amin.

 

Bacaan :

Bacaan I       : Kis.1:15-17,20a,20c-26 Mazmur         : Mzm. 103:1-2,11-12,19-20ab

Bacaan II      : 1Yoh. 4:11-16 Bacaan Injil : Yoh. 17:11b-19

 

Inspirasi Renungan

Jika kita saling mengasihi, Allah tetap di dalam kita, dan kasih-Nya sempurna di dalam kita. (1Yoh. 4:12b)

Seperti semboyan pertama di tahun Refleksi KAJ, bahwa kita harus semakin mengasihi, ternyata hal ini selaras dengan apa yang kita dengar dalam bacaan kedua hari ini. Kita harus membuat niat dan melakukannya dalam tindakan nyata kita, tetapi menyadari kelemahan kita, kita perlu memohon bantuan Roh Kudus. Tindakan saling mengasihi akan membuat Allah tetap di dalam kita dan sempurna kasih-Nya.

 

Refleksi Pribadi
  • Apakah aku sudah mengasihi sesamaku tanpa pamrih ?
  • Apakah aku hanya mengasihi sesama yang sudah mengasihi aku ?
  • Maukah aku agar Allah selalu tinggal di dalamku ?
  • Apakah aku mengharapkan kasih Allah sempurna di dalamku ?

 

Doa Umat

I   : Kasih Allah sempurna adanya, karena itu kita berani meminta kepada Yesus untuk terus diberikan anugerah dan berkat untuk saling mengasihi melalui doa kepada Allah:

K    : Umat dimohon menjawab : “Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan”

K : Marilah kita berdoa bagi Bapa Paus, Para Uskup dan para Imam dan Biarawan- Biarawati :

Semoga mereka, terus dijaga dan dimampukan dalam menjalankan kehendak- Nya sebagai teladan kami dalam hal mengasihi sesama sehingga kami pun mampu saling mengasihi. Marilah kita mohon …

U    : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

K   : Marilah kita berdoa bagi bangsa-bangsa di dunia :

Semoga bangsa di dunia ini selalu dianugerahi Kasih Allah sehingga mampu selalu mengedepankan kasih dalam bertingkah laku kepada sesama atau bangsa lain, sehingga terciptalah dunia yang damai dan sejahtera. Marilah kita mohon …

U    : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

K : Marilah kita berdoa bagi mereka yang masih bimbang dan ragu dalam mengimani Tuhan Yesus :

Semoga melalui kita, Kasih Allah tercurah, sehingga mereka semakin mengenal Yesus Kristus sebagai jalan keselamatan di mana kebenaran dan kebijaksanaan sejati mengalir, menghantar jiwa selamat dan kebahagiaan abadi. Marilah kita mohon…

U    : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

K   : Marilah kita berdoa dalam memperingati Hari Komunikasi Sedunia :

Semoga Roh Kebijaksanaan mengarahkan seluruh umat manusia dalam berkomunikasi dan menggunakan segala alat komunikasi dengan bijak untuk segala usaha supaya terjalin komunikasi yang baik sehingga tercipta kerukunan dan kedamaian. Marilah kita mohon…

U    : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

K : Marilah kita berdoa bagi kita semua :

Semoga melalui usaha-usaha kita dan bantuan Roh Kudus, kita selalu saling mengasihi, dimampukan dalam mewartakan kebenaran Allah, dan hidup setia menjadi saksi Kabar Gembira. Marilah kita mohon …

U    : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

K    : Marilah kita mendoakan ujud permohonan pribadi dalam Novena ini :

— hening sejenak — Marilah kita mohon… U : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

 

I : Ya Allah, tumbuhkanlah selalu kasih pada umat-Mu dan seluruh umat manusia supaya dapat memiliki semangat untuk saling mengasihi satu sama lain sehingga, melalui usaha-usahanya mereka menemukan sukacita-Mu dan semakin mengerti akan cinta kasih-Mu yang sejati. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.

U : Amin

 

Doa Persiapan Persembahan

Allah yang adalah Kasih, kiranya Engkau sendiri yang mempersatukan setiap persembahan dengan kurban di kayu salib Putera-Mu, Yesus Kristus, sebab Dialah Tuhan dan pengantara kami. Amin.

 

Doa Sesudah Komuni

Marilah kita berdoa.

Allah Bapa, semoga melalui Tubuh dan Darah Putera-Mu yang kami sambut, kami selalu mengingat untuk saling mengasihi sesama kami, sehingga semakin sempurna kasih-Mu di dalam kami. Demi Kristus Tuhan, juruselamat kami yang hidup dan berkuasa, kini dan sepanjang masa. Amin.

 

NOVENA Hari ke-4 – Senin 17 Mei 2021

ROH KUDUS MENJADIKAN KITA KUAT DAN SETIA

 

Pengantar

Umat yang terkasih,

Tuhan Yesus seperti yang dijanjikan-Nya telah mengutus penolong yang selalu mendampingi hidup kita yaitu Roh Kudus. Maka dalam Tahun Refleksi ini marilah kita sadari peran Roh Kudus itu dalam hidup kita sehari-hari baik di dalam keluarga, komunitas maupun pekerjaan kita. Roh Kudus memberi kekuatan pada kita untuk tetap setia dalam iman sehingga beroleh damai sejahtera.

 

Doa Pembuka

Marilah kita berdoa…. (hening sejenak)

Allah yang Mahakuasa, sebagaimana para rasul akhirnya mengerti dan percaya pada Yesus yang berasal dari-Mu, turunkanlah Roh Kudus ke dalam hati kami agar kami menjadi kuat dalam lindungan-Mu, berani menunjukkan identitas kami sebagai pengikut Putera-Mu lewat perkataan dan tingkah laku kami di dalam hidup sehari-hari sehingga kami beroleh damai sejahtera. Dengan pengantaraan Yesus Kristus Putera-Mu, Tuhan kami, yang bersama Dikau dalam persekutuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah kini dan sepanjang segala masa. Amin.

 

Bacaan :

Bacaan I       : Kis.19:1-8

Mazmur         : Mzm. 68:2-3,4-5ac,6-7ab Bacaan Injil : Yoh. 16:29-33

 

Inspirasi Renungan

Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.” (Yohanes 16:33)

Suasana hati yang damai merupakan buah dari keyakinan iman. Siapa yang sungguh percaya pada Yesus tetap berpegang teguh pada iman kendati diserang oleh berbagai penderitaan dan kesusahan. Jika kita mampu bersikap setia, kita akan menikmati damai sejahtera secara penuh. Pandemi Covid-19 membuat banyak orang sekarang merasa cemas dan pesimis. Allah senantiasa memberikan berkat pada hidup kita sehingga kita berpengharapan. Harapan membuat orang mampu terus bertahan hidup dan berjalan maju. Hidup tidak melulu ditentukan oleh kemampuan dan kecakapan seseorang tetapi juga ada prakarsa Ilahi yang berperan di dalamnya yang selalu hadir menyelamatkan. Kepercayaan kita pada Allah bahwa Ia selalu memberikan yang terbaik bagi kita diwujud-nyatakan lewat sikap dan tindakan kita sehari-hari di dalam keluarga, komunitas dan pekerjaan.

 

Refleksi Pribadi

Sebagai pengikut Kristus, sudahkah kita tetap setia pada iman dan melakukan hal- hal baik kepada sesama baik itu keluarga, teman pelayanan, rekan kerja bahkan musuh kita sekalipun, sehingga kita memiliki damai sejahtera ?

 

Doa Umat

I : Dalam Kristus dan bersama salib Kristus, dukacita akan berakhir dengan kebangkitan mulia dan penghiburan Roh Kudus akan selalu menyertai kita. Maka kita berani memohon kekuatan dan melalui doa-doa ini

K    : Umat dimohon menjawab : “Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan”

K : Marilah kita berdoa bagi Bapa Paus, para Uskup dan para Imam, Biarawan- Biarawati :

Semoga melalui mereka yang selalu dipenuhi Hikmat Allah, kita melihat gambaran Allah dan kehendak kasih-Nya yang Mahapemurah, sehingga kita semakin dikuatkan dalam kehidupan rohani kita. Marilah kita mohon…

U    : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

K   : Marilah kita berdoa bagi bangsa dan negara Indonesia :

Semoga para pemimpin memiliki kebijaksanaan yang berasal dari Allah, supaya dalam memimpin, mereka berpegang pada kepentingan kesejahteraan umum, menyatukan bangsa, menghindari perpecahan serta bersama-sama dengan masyarakat melewati tantangan yang dihadapi. Marilah kita mohon…

U    : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

K   : Marilah kita berdoa bagi saudara-saudara kita yang sedang dalam kesulitan hidup :

Semoga mereka dimampukan untuk tetap setia dalam iman dan berpengharapan pada kasih Allah di dalam hidup mereka. Marilah kita mohon…

U    : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

K   : Marilah kita berdoa bagi seluruh umat Allah :

Semoga Roh Kudus selalu mendampingi dan menjadikan kita kuat dan setia, agar kita berani menjadi saksi Kristus dalam kehidupan sehari-hari baik lewat kata-kata maupun perbuatan. Marilah kita mohon…

U    : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

K   : Marilah kita mendoakan ujud permohonan pribadi dalam Novena ini :

— hening sejenak — Marilah kita mohon… U : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

I : Allah Bapa kami, demikianlah semuanya ini kami doakan ke hadirat-Mu dengan penuh kepercayaan akan janji-Mu bahwa Engkau mengutus Roh Kudus untuk mendampingi dan menolong kami kini dan selamanya demi Kristus Tuhan kami.

U   : Amin

 

Doa Persiapan Persembahan

Allah Bapa kami di surga, berkenanlah menerima roti dan anggur persembahan kami ini. Teguhkanlah kami dalam cinta kasih-Mu dan penuhilah kami dengan Roh-Mu. Demi Yesus, Putera-Mu terkasih, Dialah Tuhan dan pengantara. Amin.

 

Doa Sesudah Komuni

Marilah kita berdoa.

Allah Bapa yang Mahabaik, semoga anugerah yang baru saja kami terima bermanfaat bagi hidup kami selanjutnya. Utuslah kiranya kepada kami Roh Kudus yang dulu Kau curahkan kepada para rasul dan jagalah agar api cinta kasih-Nya tetap menyala dalam hati kami dan menjadikan kami kuat dan setia. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

NOVENA Hari ke-5 – Selasa 18 Mei 2021

ROH KUDUS MENGAJAR KITA BERTEKUN DALAM DOA

 

Pengantar

Umat yang terkasih,

Yesus telah mempermuliakan Allah Bapa di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang diberikan Bapa kepada-Nya. Namun bagi kita, murid-Nya, harus tetap melanjutkan tugas perutusan Yesus. Sebagaimana Yesus telah mendoakan kita kepada Bapa-Nya, maka dalam Tahun Refleksi ini kita mohonkan Roh Kudus agar memberi kekuatan pada kita lewat doa-doa kita agar kita mampu menjadi saksi Kristus dan kelak beroleh hidup kekal.

 

Doa Pembuka

Marilah kita berdoa…. (hening sejenak)

Allah Bapa yang penuh kasih, Yesus, Putera-Mu telah mendoakan Gereja-Mu agar tetap Kau pelihara, Kau beri perlindungan dan selamat hingga kelak beroleh hidup abadi bersatu dengan Dikau dan Putera-Mu. Semoga kami tetap setia dan tekun dalam iman dan panggilan yang telah diberikan Putera-Mu, sebab Dialah Tuhan dan pengantara kami, yang bersama dengan Dikau, dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, kini dan sepanjang segala masa. Amin.

 

Bacaan :

Bacaan I       : Kis.20:17-27

Mazmur         : Mzm. 68:10-11,20-21

Bacaan Injil : Yoh. 17:1-11a

 

Inspirasi Renungan

“Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk Kulakukan.” (Yoh. 17:4)

Yesus menaikkan sebuah doa khusus sebagai Imam Agung kepada Bapa-Nya. Karena Yesus memberi teladan dalam doa-Nya, maka semakin penting bagi kita untuk terlibat dalam mendoakan dan berkarya bagi Gereja, sesama dan alam ciptaan. Orang-orang kudus di surga pun terus memelihara Gereja melalui doa-doa mereka. Dengan doa diharapkan agar Gereja semakin dalam mengenal sabda Yesus sehingga kudus dalam pikiran dan tindakan, memiliki sukacita di dalam-Nya, hidup dalam kasih Allah dan terhindar dari kesesatan dunia.

 

Refleksi Pribadi

Sudahkah kita mendoakan Gereja, sesama yang membutuhkan pertolongan dan alam ciptaan Bapa agar seluruh karya dan usaha kita tetap dalam pemeliharaan Allah Bapa ?

 

Doa Umat

I    : Berkat Roh Kudus, kita diperkenankan menyapa Allah Bapa kita. Maka marilah kita panjatkan doa kepada-Nya

K    : Umat dimohon menjawab : “Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan”

K   : Marilah kita berdoa bagi para pemimpin Gereja :

Semoga mereka, dalam tugas dan perutusan mereka sebagai gembala bagi umat-Nya di dunia ini, tetap setia pada panggilan suci sekalipun banyak cobaan dan tantangan. Marilah kita mohon…

U    : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

K : Marilah kita berdoa bagi para pemimpin bangsa :

Semoga mereka dianugerahi kebijaksanaan, sehingga mampu menjadi pemimpin yang baik, jujur dan   adil di dalam keadaan dunia saat ini. Marilah kita mohon…

U    : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

K    : Marilah kita berdoa bagi saudara-saudara kita yang sedang dalam kesulitan : Semoga di dalam kesulitan, karena Roh Penolong yang diutus Yesus bagi mereka, mereka tetap mampu bersyukur dan melewati masa-masa sulit serta berpegang teguh pada rencana Bapa yang Mahapengasih. Marilah kita mohon…

U    : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

K   : Marilah kita berdoa bagi kita yang mengimani Yesus :

Semoga kita dianugerahi Roh Kudus sehingga kita rajin berdoa dan terus memelihara iman serta memuliakan Allah Bapa kita tanpa rasa kuatir dalam tantangan terberat sekalipun. Marilah kita mohon …

U    : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

K   : Marilah kita mendoakan ujud permohonan pribadi dalam Novena ini :

— hening sejenak — Marilah kita mohon… U : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

I : Allah Bapa pengasih dan penyayang, sambutlah permohonan umat-Mu dengan murah hati. Kami percaya kepada-Mu, maka kami mengajukannya terdorong oleh Roh-Mu. Semoga apa yang kami minta Kau anugerahkan karena kerelaan hati-Mu. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami.

U   : Amin

 

Doa Persiapan Persembahan

Allah Bapa di surga, terimalah persembahan ini dan naungilah dengan Roh Kudus, agar kami dapat ikut serta dalam hidup Yesus, Tuhan yang telah bangkit dan kini bertahta sepanjang segala masa. Amin.

 

Doa Sesudah Komuni

Marilah kita berdoa.

Allah Bapa yang Mahapengasih, pandanglah umat-Mu yang berhimpun. Kami mohon agar Roh Kudus mengajar kami untuk terus berdoa dan melaksanakan semua ajaran cinta kasih Yesus, Putera-Mu, kepada sesama dan alam ciptaan- Mu sehingga dapat mewujudkan kegembiraan dan kedamaian di atas bumi dan nama-Mu semakin dipermuliakan. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

 

NOVENA Hari ke-6 – Rabu 19 Mei 2021

ROH KUDUS MEMBAWA SUKACITA

 

Pengantar

Umat yang terkasih,

Yesus datang dari Bapa dan kembali kepada Bapa dan bersatu dengan-Nya. Karena kasih-Nya yang besar kepada murid-Nya maka Ia memohon supaya sukacita-Nya penuh di dalam hidup para murid-Nya. Tugas kita sebagai Gereja adalah menghidupi sukacita itu dan membawa sukacita itu pada sesama dan alam ciptaan Tuhan. Maka marilah kita mohon Roh Kudus untuk tekun berdoa, mendengar dan melakukan sabda-Nya sepanjang hidup kita.

 

Doa Pembuka

Marilah kita berdoa…. (hening sejenak)

Allah Bapa sumber sukacita, betapa besar kasih Putera-Mu kepada kami hingga Ia menganugerahkan sukacita kepada kami. Semoga kami tetap bersekutu dengan Putera-Mu itu dan tetap tinggal di dalam Dia. Sebab Dialah Tuhan, pengantara kami, yang bersama Dikau dalam persekutuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, kini dan sepanjang segala masa. Amin.

 

Bacaan :

Bacaan I       : Kis.20:28-38

Mazmur         : Mzm. 68:29-30,33-35a,35b-36c

Bacaan Injil : Yoh. 17:11b-19

 

Inspirasi Renungan

“Tetapi sekarang, Aku datang kepada-Mu dan Aku mengatakan semuanya ini sementara Aku masih ada di dalam dunia, supaya penuhlah sukacita-Ku di dalam diri mereka.” (Yoh. 17:13)

Yesus memberi pesan akhir yang bertujuan menguatkan para murid supaya hidup dalam kasih, bahkan dengan sebuah janji untuk mengutus Roh Kudus yang bertugas untuk mengajarkan segala sesuatu dan mengingatkan segala sesuatu yang telah diajarkan-Nya kepada mereka. Ia juga memohon supaya sukacita-Nya penuh di dalam hidup para murid-Nya dengan tetap tinggal di dalam-Nya.

 

Refleksi Pribadi

Sejauh mana kita tekun dalam berdoa, baik pribadi maupun bersama? Sudahkah kita selalu menjaga kekudusan diri dalam kebenaran Injil dan menjadi saksi?

 

Doa Umat

I : Allah Bapa kita adalah Bapa yang penuh belas kasih, yang menantikan kedatangan kita. Maka marilah kita panjatkan doa kepada-Nya dengan penuh harapan :

K    : Umat dimohon menjawab : “Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan”

K : Marilah kita berdoa bagi Gereja-Nya; para Uskup, para Imam, Biarawan dan Biarawati :

Semoga Gereja-Nya dengan terang Roh Kudus, menghayati sukacita yang berasal dari Sang Putera dan membaginya kepada sesama dan alam ciptaan. Marilah kita mohon…

U    : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

K   : Marilah kita berdoa bagi para pemimpin negara :

Semoga para pemimpin negara senantiasa dibimbing Roh Kudus sehingga dalam tugas keseharian, mereka hidup dalam semangat dan sukacita saling mengampuni dan mengasihi, peduli kepada masyarakat dan dalam mengambil keputusan senantiasa mengutamakan keadilan dan kesejahteraan rakyat. Marilah kita mohon…

U    : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

K   : Marilah kita berdoa bagi para pengungsi :

Semoga mereka saling peduli satu sama lain, saling membawa sukacita satu sama lain, tidak egois, selalu hidup dalam kepenuhan kasih, serta mampu menjaga pengharapan akan pertolongan Allah untuk masa depan yang lebih baik. Marilah kita mohon…

U    : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

K   : Marilah kita berdoa bagi seluruh umat :

Semoga dengan bimbingan dan terang Roh Kudus, umat semakin berupaya hidup semakin menyerupai Kristus dan hidup dalam hormat dan kasih yang mendalam kepada Allah Tritunggal dan menemukan sukacita. Marilah kita mohon…

U    : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

K    : Marilah kita mendoakan ujud permohonan pribadi dalam Novena ini :

— hening sejenak — Marilah kita mohon… U : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

I : Allah Bapa kami, terimalah ungkapan sederhana tentang apa yang kami perlukan. Demi kemurahan hati-Mu, berilah segala yang kami perlukan untuk membangun Gereja-Mu di dunia ini. Demi Kristus, Tuhan kami.

U   : Amin

 

Doa Persiapan Persembahan

Allah Bapa yang Mahabaik, dengan tangan terbuka kami unjukkan persembahan ini. Bukalah pula hati kami agar kami dapat mengucap syukur atas segala anugerah-Mu. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami. Amin.

 

Doa Sesudah Komuni

Marilah kita berdoa.

Allah Bapa Mahapengasih, hari ini hati kami berkobar-kobar, penuh dengan sukacita dalam Roh yang Engkau janjikan kepada kami. Semoga kami mampu membawa anugerah sukacita ini kepada sesama yang kami jumpai dan layani. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami. Amin.

 

NOVENA Hari ke-7 – Kamis 20 Mei 2021

ROH KUDUS MEMPERSATUKAN UMAT ALLAH

 

Pengantar

Umat yang terkasih,

Allah Bapa mengasihi dunia, sama seperti Dia mengasihi Tuhan Yesus. Layak dan pantaslah kita selalu menyadari, betapa Allah Bapa juga mengasihi kita sebagai umat pilihan-Nya.

Dalam Tahun Refleksi ini, kita mohon pertolongan Roh Kudus, agar tetap sehati dan sejiwa dalam kesatuan umat Allah, senantiasa saling mengasihi dalam wujud bela rasa, turut ambil bagian dalam penderitaan sesama makhluk ciptaan Allah, yang membutuhkan pertolongan.

 

Doa Pembuka

Marilah kita berdoa…. (hening sejenak)

Allah Bapa kami, Engkau telah menyatakan kasih-Mu yang sempurna, melalui pengorbanan Putera-Mu terkasih, Tuhan kami Yesus Kristus, sampai wafat di kayu salib. Buatlah kami berani meleburkan diri dalam kesatuan umat Allah sebagai Gereja-Mu yang kudus, dan semoga kami semakin layak dan pantas menjadi tanda kehadiran-Mu di tengah-tengah dunia. Dengan pengantaraan Yesus Kristus Putera-Mu, Tuhan kami, yang bersama Dikau dalam persekutuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah kini dan sepanjang segala masa. Amin.

 

Bacaan :

Bacaan I       : Kis.22:30; 23:6-11

Mazmur         : Mzm.16:1-2a,5,7-8,9-10,11

Bacaan Injil : Yoh. 17:20-26

 

Inspirasi Renungan

“Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku.” (Yoh.17:23)

Kesatuan yang sempurna, Tuhan Yesus dan Allah Bapa mencapai puncaknya ketika Yesus menuntaskan tugas dari Allah Bapa, sampai wafat di kayu salib.

Persatuan Tuhan Yesus dengan Allah Bapa tersebut, merupakan lambang kesatuan Yesus dengan kita sebagai umat Allah di dalam Gereja-Nya yang kudus.

 

Refleksi Pribadi

Kita adalah bagian dari umat Allah. Apakah kita semakin layak dan pantas menjadi tanda kehadiran-Nya di dunia dengan semakin menjadi berkat bagi sesama.

 

Doa Umat

I : Dalam situasi penuh tantangan ini, kita memerlukan keberanian iman, agar kita tetap dipersatukan dengan Bapa melalui persatuan dengan Kristus Sang Juruselamat dalam kemuliaan. Maka, marilah dengan bimbingan dan terang Roh kudus, kita panjatkan doa-doa permohonan kita, agar iman kita tetap terjaga sebagai kesatuan umat Allah:

K    : Umat dimohon menjawab : “Curahkanlah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan”

K   : Marilah berdoa bagi Bapa Suci, Paus Fransiskus, dan para Uskup :

Semoga Roh Kudus tercurah, agar senantiasa melindungi dan memberi semangat kepada Bapa Suci, Paus Fransiskus, dan para Uskup dalam menggembalakan umat yang dipercayakan kepada mereka, khususnya yang berada di daerah-daerah konflik, sehingga umat-Nya tidak terpecah belah, semakin memiliki kedalaman iman, setia dan berani membela nilai-nilai kebaikan. Marilah kita mohon…

U    : Curahkanlah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

K   : Marilah berdoa bagi para pemimpin negara dan tokoh masyarakat :

Semoga Roh Kudus dicurahkan, kepada para pemimpin negara dan masyarakat, agar mereka mampu mengatasi segala kesulitan dan menjunjung tinggi semangat pengabdian tanpa mementingkan diri sendiri atau kelompoknya, melainkan mengutamakan kesejahteraan dan kepentingan masyarakat yang lebih luas. Marilah kita mohon…

U    : Curahkanlah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

K   : Marilah berdoa bagi generasi muda Gereja :

Semoga Roh Kudus dicurahkan, kepada para kaum muda, sebagai penerus Gereja di masa datang, agar semakin bertumbuh dalam iman, tetap berpengharapan kepada Allah, tetap setia dan berani menjadi saksi kebenaran Kristus yang sejati. Marilah kita mohon…

U    : Curahkanlah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

K : Marilah berdoa bagi kita semua :

Semoga Roh Kudus dicurahkan, kepada kita semua, agar kita menyadari bahwa kita semua adalah umat Allah di dalam Gereja-Nya yang Kudus, sehingga kita dimampukan untuk semakin beriman, murah hati, rendah hati, berbelarasa, rela berkurban untuk menjadi teladan dalam keutamaan rohani. Marilah kita mohon…

U    : Curahkanlah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

K    : Marilah kita mendoakan ujud permohonan pribadi dalam Novena ini :

— hening sejenak — Marilah kita mohon… U : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

 

I : Allah Bapa kami, Engkau telah mengutus Putera-Mu supaya kami percaya kepada kasih-Mu yang Maha Agung. Sudilah mendengarkan doa-doa permohonan kami, agar hidup kami berbuah nilai-nilai luhur dalam semangat kesatuan bersama Allah Bapa, Allah Putera dan Allah Roh Kudus. Demi Kristus, Tuhan dan Juruselamat kami.

U : Amin

 

Doa Persiapan Persembahan

Allah Bapa Mahakudus, semoga roti dan anggur yang kami persembahan ini menjadi tanda kehadiran kasih-Mu di dunia, khususnya bagi kami umat pilihan- Mu. Arahkanlah kami kepada Putera-Mu terkasih, Yesus Kristus Tuhan kami sumber kehidupan sejati, agar hidup kami semakin menjadi berkat di dalam situasi dunia yang penuh tantangan ini. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami. Amin.

 

Doa Sesudah Komuni

Marilah kita berdoa.

Allah Bapa Mahakasih, kami bersyukur atas kelimpahan berkat surgawi yang telah kami terima. Semoga kami pun senantiasa berbela rasa, dengan tulus iklhas berbagi ketrampilan, pengetahuan dan apa pun yang kami miliki, sebagaimana Engkau telah menganugerahkannya dengan cuma-cuma, demi terciptanya kebaikan dan kesejahteraan bersama. Dan semoga kami tetap Kau satukan di dalam Gereja-Mu yang kudus, sebagai tanda kehadiran-Mu di dunia, dan hidup kami menjadi semakin menjadi berkat bagi seluruh makhluk ciptaan-Mu. Demi Yesus Kristus, Tuhan dan Pengantara kami. Amin.

 

NOVENA Hari ke-8 – Jumat 21 Mei 2021

ROH KUDUS MENGANUGERAHI KEKUATAN UNTUK MELAKSANAKAN TUGAS PERUTUSAN

 

Pengantar

Umat yang terkasih,

Pertanyaan Yesus tentang kasih Petrus kepada-Nya, menjadi dasar utama bagi pelayanan penggembalaan yang akan dipercayakan-Nya kepada Petrus.

Dalam Tahun Refleksi ini, marilah memohon bimbingan Roh Kudus, agar kita pun mampu untuk ambil bagian, menjadi seorang gembala sejati, yang memiliki kasih kepada Gembala Agung, sehingga kasih-Nya nyata bagi jemaat gembalaan-Nya di dunia.

 

Doa Pembuka

Marilah Berdoa…. (hening sejenak)

Allah Bapa yang Mahakuasa, kami bersyukur karena Putera-Mu yang tunggal, telah menjadikan kami sebagai anggota Gereja-Mu yang selalu dijiwai dan diarahkan oleh Roh Kudus. Semoga kekuatan Roh-Mu turun atas kami, agar kami mampu dan setia menjalankan kehendak-Mu, turut ambil bagian dalam penggembalaan kawanan domba yang Engkau percayakan kepada kami.

Dengan pengantaraan Yesus Kristus Putera-Mu, Tuhan kami, yang bersama Dikau dalam persekutuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah kini dan sepanjang segala masa. Amin

 

Bacaan :

Bacaan I       : Kis.25:13-21

Mazmur         : Mzm.103:1-2,11-12,19-20ab

Bacaan Injil : Yoh. 21:15:19

 

Inspirasi Renungan

Kata Yesus kepadanya untuk ketiga kalinya : “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?” Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya “Apakah engkau mengasihi Aku?”. Dan ia berkata kepada-Nya : “Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau. Kata Yesus kepadanya : “Gembalakanlah domba-domba-Ku.” (Yoh.21:17)

Tuhan telah menyiapkan ladang pelayanan, bagi umat yang siap menjawab panggilan-Nya dan menjalankan perintah-Nya.

Karena itu, setiap orang yang percaya dan menyatakan diri sebagai umat yang mengasihi Tuhan, memiliki tugas dan tanggung jawab menggembalakan kawanan domba, dengan berbagai cara yang dilandasi oleh perwujudan kasih tanpa syarat.

 

Refleksi Pribadi

Petrus harus menggembalakan domba-domba Kristus. Inilah tugas yang Tuhan percayakan kepadanya, dan kepada para pemimpin rohani di dalam Gereja Tuhan. Sama seperti Kristus telah menggembalakan kita, umat-Nya, demikian juga kita selayaknya turut serta ambil bagian dalam menggembalakan domba-domba-Nya, yang Ia percayakan kepada kita, dengan memberikan diri kita menjadi semakin menjadi berkat.

 

Doa Umat

I : Allah Bapa sumber cahaya Illahi telah membuka jalan bagi kita menuju hidup kekal dengan memuliakan Putera-Nya dan mengutus Roh Kudus-Nya. Maka marilah dengan memanjatkan permohonan-permohonan ini:

K    : Umat dimohon menjawab: “Curahkanlah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan.”

K   : Marilah kita berdoa bagi Bapa Paus, para Uskup, dan para Imam:

Semoga Roh Kudus dicurahkan, untuk mendampingi dan melimpahkan rahmat kebijaksanaan bagi mereka agar menjadi gembala yang baik dan murah hati seturut teladan Yesus. Marilah kita mohon…

U    : Curahkanlah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan.

K   : Marilah kita berdoa bagi bangsa Indonesia:

Semoga Roh Kudus dicurahkan, untuk bangsa Indonesia yang tercinta agar seluruh komponen masyarakat dapat hidup rukun dan damai, saling bahu membahu meringankan beban sesama. Marilah kita mohon…

U    : Curahkanlah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan.

K   : Marilah kita berdoa bagi sesama yang berkebutuhan khusus :

Semoga Roh Kudus dicurahkan, agar semakin banyak orang terpanggil untuk melayani mereka dan mereka pun dimampukan untuk melihat kebaikan Allah serta ikut mewartakan kabar sukacita yang datang melalui Putera Allah dengan apa yang mereka miliki. Marilah kita mohon…

U    : Curahkanlah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan.

K : Marilah kita berdoa untuk kita semua :

Semoga Roh Kudus dicurahkan, agar kita berani menjawab panggilan Tuhan untuk ambil bagian dalam penggembalaan umat Allah dengan terlibat dalam tindakan nyata mengasihi di mana pun kita berada. Marilah kita mohon…

U    : Curahkanlah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan.

K   : Marilah kita mendoakan ujud permohonan pribadi dalam Novena ini :

— hening sejenak — Marilah kita mohon… U : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

 

I : Bapa kami di surga, demikianlah doa-doa permohonan kami. Semoga dengan daya Illahi-Mu, Engkau sudi mengabulkannya, sehingga kami dapat menghasilkan buah-buah rahmat-Mu demi keselamatan dunia. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami.

U : Amin.

 

Doa Persiapan Persembahan

Allah Bapa Mahakasih, terimalah doa-doa yang kami panjatkan ke hadirat-Mu bersama persembahan kurban ini. Sudilah Engkau menyucikannya dengan rahmat-Mu agar kami layak menerima anugerah surgawi yang agung. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami. Amin.

 

Doa Sesudah Komuni

Marilah kita berdoa.

Allah Bapa yang Mahakuasa, dalam diri Yesus, Engkau telah menunjukkan kepada kami bahwa hanya Engkaulah Jalan, Kebenaran dan hidup kami. Kami bersyukur Kau-perkenankan ikut serta dalam kehidupan Illahi-Mu serta karya penggembalaan Putera-Mu. Berilah kami iman yang teguh dalam menjalankan kehendak-Mu, sehingga semakin menumbuhkan cinta bakti dan iman kami. Semoga Roh Kudus turun atas kami dan berdiam dalam diri kami, sehingga kami layak menjadi kenisah kemuliaan-Nya. Demi Kristus, Tuhan dan Pengantara kami. Amin.

NOVENA Hari ke-9 – Sabtu 22 Mei 2021

(VIGILI PENTAKOSTA)

ROH KUDUS MENUNTUN KITA UNTUK MENGHASILKAN BUAH ROH

 

Pengantar

Umat yang terkasih,

Roh Kudus menuntun kita melakukan segala perintah Kristus. Kita pengikut Kristus telah dikaruniakan Roh Kudus ketika kita bertobat dan menyerahkan diri kepada- Nya.

Dalam Tahun Refleksi ini, selayaknya sebagai umat Allah, kita mampu untuk menghasilkan buah-buah Roh lebih banyak lagi, dan buah-buah Roh itu akan menjadikan kita semakin menjadi berkat di mata Tuhan dan semua makhluk ciptaan- Nya.

 

Doa Pembuka

Marilah kita berdoa…. (hening sejenak)

Ya Allah, Engkau sendiri yang menguduskan seluruh Gereja-Mu di setiap suku dan bangsa. Curahkanlah karunia-karunia Roh Kudus atas seluruh muka bumi, dan perbaruilah melalui hati kaum beriman, karya-karya agung yang telah Engkau nyatakan dalam kehidupan di dunia ini, dan melalui berkat surgawi yang kami terima sebagai anggota Gereja-Mu yang kudus. Dengan pengantaraan Yesus Kristus Putera-Mu, Tuhan kami, yang bersama Dikau dalam persekutuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah kini dan sepanjang segala masa. Amin.

 

Bacaan :
Sabtu

Bacaan I     :

Mazmur : Bacaan II : Injil           :

pagi –siang Kis.28:16-20,30-31 Mzm.11:4,5,7

 

Yoh.21:20-25

sore – malam

Kis.2:1-11 Mzm.104:1ab,24ac,29bc,30,31,34 Gal. 5:16-25

Yoh.15:26-27;16:12-15

Note : Untuk Misa Novena pada Sore hari Bacaan mengikuti Bacaan hari Minggu

 

Inspirasi Renungan

Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. (Gal. 5 : 22-23a)

Mengajak umat untuk napak tilas singkat secara batin, untuk merasakan kehadiran Roh Kudus, yang dalam kehidupan sebagai anggota Gereja Kudus Allah, senantiasa menghasilkan buah-buah Roh sebagai salah satu sarana untuk semakin menjadi berkat.

 

Refleksi Pribadi

Merenungkan kembali, apakah kita selalu peka terhadap kehadiran Roh Kudus, yang menghendaki kita untuk selalu menghasilkan buah-buah Roh. Secara khusus kehadiran Roh Kudus dari hari ke hari di dalam kehidupan kita sebagai umat Allah yang dikasihi-Nya, sehingga kita semakin menjadi berkat bagi sesama di sekitar kita.

 

Doa Umat

I    : Berkat Roh Kudus kita telah dipersatukan dengan Allah Bapa kita. Maka, marilah dengan rendah hati dan penuh syukur, kita panjatkan doa kepada-Nya:

K   : Umat dimohon menjawab :

Utuslah Roh-Mu ya Tuhan, dan jadi baru seluruh muka bumi.

K   : Marilah kita berdoa, bagi Sri Paus, para Uskup dan para Imam :

Semoga Allah Bapa yang Maharahim, mendorong para pemimpin Gereja agar memberi teladan kepada umat dengan hidup menurut Injil. Dan semoga api Pentakosta yang dicurahkan, menjadikan seluruh muka bumi diperbaharui melalui buah-buah Roh, sehingga terwujud dalam bentuk buah pikiran dan perbuatan. Marilah kita mohon ….

U    : Utuslah Roh-Mu ya Tuhan, dan jadi baru seluruh muka bumi.

K    : Marilah kita berdoa, bagi mereka yang berpengaruh dalam memajukan dunia: Semoga Allah Bapa yang Maharahim, membimbing dan selalu menyadarkan mereka dalam tugas dan tanggung jawabnya, bahwa karya yang dihasilkan,

merupakan tanda kehadiran-Nya di dunia. Dan semuanya itu, bertujuan demi kehidupan umat manusia dan seluruh ciptaan-Nya menjadi lebih baik. Marilah kita mohon …

U    : Utuslah Roh-Mu ya Tuhan, dan jadi baru seluruh muka bumi.

K   : Marilah kita berdoa bagi mereka yang belum mengenal Kristus :

Semoga Allah Bapa yang Maharahim, mencurahkan Roh Kudus-Nya bagi mereka, agar semangat cinta kasih dapat dinyatakan melalui sikap dan tindakan, dan menjadi tanda yang nyata akan kehadiran Kristus bagi mereka. Marilah kita mohon …

U    : Utuslah Roh-Mu ya Tuhan, dan jadi baru seluruh muka bumi.

K   : Marilah kita berdoa bagi kita semua :

Semoga melalui bimbingan Roh Kudus, kita mampu mengarahkan hidup kita menuju kepenuhan hidup kristiani dan kesempurnaan kasih, semakin menyerupai Kristus, dengan mewujudkan semangat : Semakin Mengasihi, Semakin Terlibat, Semakin Menjadi Berkat. Marilah kita mohon …

U    : Utuslah Roh-Mu ya Tuhan, dan jadi baru seluruh muka bumi.

 

K   : Marilah kita mendoakan ujud permohonan pribadi dalam Novena ini :

— hening sejenak — Marilah kita mohon… U : Utuslah Roh Kudus-Mu, ya Tuhan

I    : Allah Bapa Yang Mahabaik, demikianlah doa-doa yang kami panjatkan. Semoga Engkau sudi mendengarkan dan mengabulkannya. Demi Yesus Tuhan kami.

U : Amin

 

Doa Persiapan Persembahan

Ya Allah, kami bersyukur atas berkat-Mu dalam hidup kami. Sudilah Engkau terus-menerus memperbarui hidup kami melalui pencurahan Roh Kudus-Mu, supaya kami semakin dapat mengenyam sukacita abadi. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

 

Doa Sesudah Komuni

Marilah kita berdoa.

Ya Allah, Engkau telah melimpahkan karunia surgawi kepada Gereja-Mu. Semoga dengan karunia surgawi yang kami terima melalui santapan rohani ini, menguatkan kami sebagai umat pilihan-Mu, untuk terus hidup dan menghasilkan buah-buah Roh yang berlimpah, serta mampu mewujudkan semangat : Semakin Mengasihi, Semakin Terlibat, Semakin Menjadi Berkat.

Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

 

 

 

DOA TAHUN REFLEKSI KAJ 2021

 

Allah Bapa, Penyelenggara kehidupan, kami bersyukur karena Engkau telah menggerakkan para perintis, para martir, dan mengutus banyak pribadi untuk terlibat dalam perjalanan hidup Gereja Keuskupan Agung Jakarta.

Kami sungguh mengasihi Keuskupan kami dan semakin ingin terlibat sehingga semakin menjadi berkat bagi seluruh ciptaan.

Bimbinglah kami agar mampu melihat ke dalam dan melakukan perbaikan diri, mengadakan perubahan yang diperlukan, dan mewujudkan niat-niat yang lebih baik dan lebih kokoh dalam menjalankan semua aspek kehidupan Gereja dan masyarakat.

Curahkanlah Roh Kudus-Mu, agar kami semakin mampu menjadi gembala baik dan murah hati yang dengan sukacita terus menghidupkan nilai-nilai Pancasila dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Turut menciptakan dunia yang lebih sehat dan lebih layak, terlebih selama masa pandemi. Semakin memiliki perhatian kepada mereka yang kecil, lemah, miskin, tertindas, dan disabilitas.

Mengikuti teladan Putera-Mu, berbuah bagi kebaikan bersama.

Santo Yusuf, Pelindung Gereja Semesta, doakanlah kami; Bunda Maria, Bunda Umat Berhikmat, Bunda Segala Suku, doakanlah kami. Amin.

Salam Maria (1×)

Nihil Obstat : Rm. H. Sridanto Aribowo Nataantaka (Ketua Komisi Liturgi KAJ) Imprimatur : Rm. Samuel Pangestu (Vikjen KAJ)

 

DOA KEPADA SANTO YUSUF

Salam, Penjaga Sang Penebus, Suami Perawan Maria yang Terberkati.

Kepadamu Allah mempercayakan Putera tunggal-Nya; kepadamu Maria menaruh kepercayaannya; bersama denganmu Yesus menjadi manusia

 

O Yusuf yang terberkati,

perlihatkanlah dirimu sebagai seorang bapa juga bagi kami, dan bimbinglah kami di sepanjang perjalanan hidup.

Perolehkanlah bagi kami rahmat, belas kasih dan keberanian, dan lindungilah kami dari segala yang jahat.

Amin.

 

 

Related For NOVENA ROH KUDUS 2021