Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Awal Tahun 2021

January 1, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Awal Tahun 2021

 

Luk 2:16 Lalu mereka cepat-cepat berangkat dan menjumpai Maria dan Yusuf dan bayi itu, yang sedang berbaring di dalam palungan. Luk 2:17 Dan ketika mereka melihat-Nya, mereka memberitahukan apa yang telah dikatakan kepada mereka tentang Anak itu. Luk 2:18 Dan semua orang yang mendengarnya heran tentang apa yang dikatakan gembala-gembala itu kepada mereka. Luk 2:19 Tetapi Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya dan merenungkannya. Luk 2:20 Maka kembalilah gembala-gembala itu sambil memuji dan memuliakan Allah karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat, semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan kepada mereka. Luk 2:21 Dan ketika genap delapan hari dan Ia harus disunatkan, Ia diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum Ia dikandung ibu-Nya.

 

Bacaan Pertama        Bilangan Bab 6 : ayat 22 – ayat 27

Pembacaan dari Kitab Bilangan  :

Bil 6:22 TUHAN berfirman kepada Musa:

Bil 6:23 “Berbicaralah kepada Harun dan anak-anaknya: Beginilah harus kamu memberkati orang Israel, katakanlah kepada mereka:

Bil 6:24 TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau;

Bil 6:25 TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia;

Bil 6:26 TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.

Bil 6:27 Demikianlah harus mereka meletakkan nama-Ku atas orang Israel, maka Aku akan memberkati mereka.”

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 67:2-3.5-6.8

  • Mzm 67:2 (67-3) supaya jalan-Mu dikenal di bumi, dan keselamatan-Mu di antara segala bangsa.

Mzm 67:3 (67-4) Kiranya bangsa-bangsa bersyukur kepada-Mu, ya Allah; kiranya bangsa-bangsa semuanya bersyukur kepada-Mu.

  • Mzm 67:5 (67-6) Kiranya bangsa-bangsa bersyukur kepada-Mu, ya Allah, kiranya bangsa-bangsa semuanya bersyukur kepada-Mu.

Mzm 67:6 (67-7) Tanah telah memberi hasilnya; Allah, Allah kita, memberkati kita.

 

Bacaan Kedua        Galatia Bab 4 : ayat 4 – ayat 7

Pembacaan dari Surat Rasul Paulus Kepada Jemaat di Galatia  :

Gal 4:4 Tetapi setelah genap waktunya, maka Allah mengutus Anak-Nya, yang lahir dari seorang perempuan dan takluk kepada hukum Taurat.

Gal 4:5 Ia diutus untuk menebus mereka, yang takluk kepada hukum Taurat, supaya kita diterima menjadi anak.

Gal 4:6 Dan karena kamu adalah anak, maka Allah telah menyuruh Roh Anak-Nya ke dalam hati kita, yang berseru: “ya Abba, ya Bapa!”

Gal 4:7 Jadi kamu bukan lagi hamba, melainkan anak; jikalau kamu anak, maka kamu juga adalah ahli-ahli waris, oleh Allah.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Bait Pengantar Injil       Ibrani Bab 1 :  ayat 1 – ayat 2

Dahulu kala Allah berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan para nabi; pada zaman akhir ini ia berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya.

 

Bacaan Injil                 Lukas Bab 2 : ayat 16 – ayat 21

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas :

Luk 2:16 Lalu mereka cepat-cepat berangkat dan menjumpai Maria dan Yusuf dan bayi itu, yang sedang berbaring di dalam palungan.

Luk 2:17 Dan ketika mereka melihat-Nya, mereka memberitahukan apa yang telah dikatakan kepada mereka tentang Anak itu.

Luk 2:18 Dan semua orang yang mendengarnya heran tentang apa yang dikatakan gembala-gembala itu kepada mereka.

Luk 2:19 Tetapi Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya dan merenungkannya.

Luk 2:20 Maka kembalilah gembala-gembala itu sambil memuji dan memuliakan Allah karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat, semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan kepada mereka.

Luk 2:21 Dan ketika genap delapan hari dan Ia harus disunatkan, Ia diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum Ia dikandung ibu-Nya.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Singkat

Tahun ini bacaan berkisah tentang anak-anak. Injil mengatakan bahwa kita bukanlah hamba mainkan kita anak-anak Tuhan.

Selayaknya anak-anak yang sering bercerita atau mengadu kepada orang tuanya, begitu juga kita yang bisa mengadu kepada Tuhan karena kita adalah anak-anak-Nya.

Kita tidak dianggap sebagai hamba yang harus nurut apa kata tuan, tetapi kita dianggap sebagai anak-anak agar kita bisa bertingkah polos seperti anak kecil, anak kecil, tahu-menahu tentang banyak hal seperti anak kecil.

 

Doa

Tuhan Yesus, terima kasih telah menganggap kami sebagai anak-anakmu, semoga engkau dapat menjadi bapak yang dapat kita ceritakan tentang keseharian kami sehari-hari. Amin.

 

 

 

Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang ada di link berikut https://infokatolik.id/category/kumpulan-doa 

Related For Renungan Harian Awal Tahun 2021