Renungan Harian Katolik 13 Juni 2023

  • miki katolik
  • Jun 26, 2024

Renungan Harian Katolik 13 Juni 2023

infokatolik.id – Renungan Harian Katolik 13 Juni 2023

Berikut ini renungan harian katolik yang kami kutip dari channel MSC TV Indonesia

Bacaan Pertama 13 Juni 2023

2 Korintus 1:18-22

Saudara-saudara, demi Allah yang setia, janji kami kepada kalian bukanlah serentak “ya” dan “tidak”. Sebab Yesus Kristus, Anak Allah, yang telah kami beritakan di tengah-tengah kalian, yaitu oleh Silvanus, Timotius dan aku, bukanlah serentak “ya” dan “tidak”, di dalam Dia hanya ada “ya”.

Sebab Kristus adalah “ya” bagi semua janji Allah. Itulah sebabnya oleh Dia kita mengucapkan “Amin” untuk memuliakan Allah. Sebab Allahlah yang meneguhkan kami bersama kalian dalam Kristus.

Dia pulalah yang telah mengurapi kita serta memeteraikan tanda milik-Nya atas kita. Dialah yang memberikan Roh Kudus di dalam hati kita sebagai jaminan atas semua yang telah disediakan-Nya untuk kita.

Demikianlah Sabda Tuhan
U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan 13 Juni 2023

Mzm 119:129.130.131.132.133.135

Ref. Sinarilah hamba-Mu dengan wajah-Mu, ya Tuhan.

  1. Peringatan-peringatan-Mu ajaib, itulah sebabnya jiwaku memegangnya.
  2. Bila tersingkap, firman-Mu memberi terang, memberi pengertian kepada orang-orang bodoh.
  3. Mulutku kungangakan dan megap-megap, sebab aku mendambakan perintah-perintah-Mu.
  4. Berpalinglah kepadaku dan kasihanilah aku, sebagaimana patutnya orang-orang yang mencintai nama-Mu.
  5. Teguhkanlah langkahku oleh janji-Mu, dan janganlah segala kejahatan berkuasa atasku.
  6. Sinarilah hamba-Mu dengan wajah-Mu, dan ajarkanlah ketetapan-ketetapan-Mu kepadaku.

Bait Pengantar Injil 13 Juni 2023

Matius 5:16

Ref. Alleluya.

Hendaknya cahayamu bersinar di depan orang, agar mereka melihat perbuatanmu yang baik, dan memuji Bapamu di surga. Alleluya.

Bacaan Injil 13 Juni 2023

Matius 5:13-16

Dalam khotbah di bukit Yesus bersabda, “Kalian ini garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah dapat diasinkan? Tiada gunanya lagi selain dibuang dan diinjak-injak orang. Kalian ini cahaya dunia.

Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian, sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu.

Demikianlah hendaknya cahayamu bersinar di depan orang, agar mereka melihat perbuatanmu yang baik, dan memuliakan Bapamu di surga.”

Demikianlah Sabda Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

Renungan Harian Katolik 13 Juni 2023

Bercerita tentang seorang ibu tunggal pekerja keras yang mampu membesarkan anak-anaknya dan menyekolahkan mereka sendiri ke perguruan tinggi. Ibu tunggal yang sama adalah ikatan di balik saudara kandung yang erat.

Sesekali dia juga akan memberikan bantuan untuk saudara-saudaranya yang miskin dan sebagai yang tertua dia juga akan dengan sabar menasihati mereka dan kapan pun mereka membutuhkan bantuan dia akan selalu ada untuk memberikannya tanpa pamrih. Wanita luar biasa ini adalah gambaran dari apa yang dikatakan Yesus kepada murid-Nya: “Kamu adalah garam dunia dan terang dunia.

Apa yang diberikan garam? Ini memberi rasa pada makanan, menentukan rasanya, juga bertindak sebagai pengawet untuk mencegah daging membusuk. Itulah yang dilakukan wanita dalam cerita itu, dia membumbui dan menentukan kehidupan anak-anak dan saudara-saudaranya. Melalui upaya kepahlawanannya, dia melindungi mereka semua agar tidak tersesat.

Apa maksud Yesus ketika Dia berkata kepada murid-muridnya bahwa mereka akan menjadi terang dunia? Yesus hanya bermaksud agar mereka menerangi orang-orang yang akan mereka layani. Tindakan niat baik mereka harus dilakukan dengan kerendahan hati dan mereka harus melayani tanpa mengharapkan apapun.

Oleh karena itu tantangan bagi kita adalah menjadi garam dan terang bagi kehidupan orang-orang di sekitar kita. Kepada keluarga kita masing-masing, teman-teman dan kepada mereka yang mengenal kita meskipun kita mungkin tidak mengenal mereka.

Dengan cinta dan kerendahan hati Yesus yang mengakar dalam hidup kita, kita sekarang menjadi Garam dan Terang bagi mereka.

Doa Penutup

Allah Bapa sumber kehidupan, Engkau menghendaki semua orang ikut serta menikmati cahaya-Mu. Kami mohon semoga hidup kami serta segala tingkah laku kami membawa nama-Mu semakin disayangi dan hidup kami sendiri dapat dirasakan.

Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Demikianlah Bacaan Liturgi Katolik dan Renungan Harian Katolik Selasa 13 Juni 2023 dari infokatolik.id, Benedicite deum

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *