Renungan Harian Katolik 21 Juni 2023

  • miki katolik
  • May 25, 2024
Renungan Harian Katolik Kamis, 3 Juni 2021

Renungan Harian Katolik 21 Juni 2023

infokatolik.id – Renungan Harian Katolik 21 Juni 2023

Berikut ini renungan harian katolik yang kami kutip dari channel Saudara Soter

Bacaan Pertama 21 Juni 2023

2 Korintus 9:6-11

Saudara-saudara, camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit pula. Sebaliknya orang yang menabur banyak akan menuai banyak pula. Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan rasa sedih atau terpaksa.

Sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita. Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kalian, supaya kalian senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan.

Seperti ada tertulis, ‘Ia murah hati, orang miskin diberi-Nya derma. kebenaran-Nya tetap untuk selama-lamanya.’ Dia yang menyediakan benih bagi penabur, dan roti untuk dimakan.

Dia juga yang akan menyediakan benih bagi kalian serta melipatgandakannya, dan menumbuhkan buah kebenaranmu. Kalian akan diperkaya dalam segala macam kemurahan hati, yang membangkitkan syukur kepada Allah oleh karena kami.

Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan 21 Juni 2023

Mzm. 112:1-2.3-4.9

Ref. Berbahagialah orang yang takwa pada Tuhan, yang sangat suka akan segala perintah-Nya.

  1. Berbahagialah orang yang takwa pada Tuhan, yang sangat suka akan segala perintah-Nya. Anak cucunya akan perkasa di bumi; keturunan orang benar akan diberkati.
  2. Harta dan kekayaan ada dalam rumahnya, kebajikannya tetap dikenang selama-lamanya. Bagi orang benar ia bercahaya laksana lampu di dalam gelap, Ia pengasih dan penyayang serta berlaku adil.
  3. Ia murah hati, orang miskin diberi-Nya derma; kebajikannya tetap untuk selama-lamanya, tanduknya meninggi dalam kemuliaan.

Bait Pengantar Injil 21 Juni 2023

Yohanes 14:23

Ref. Alleluya.

Barangsiapa mengasihi Aku, ia akan menaati sabda-Ku. Bapa-Ku akan mengasihi dia, dan Kami akan datang kepadanya.

Bacaan Injil 21 Juni 2023

Matius 6:1-6.16-18

Dalam khotbah di bukit, Yesus bersabda, “Hati-hatilah, jangan sampai melakukan kewajiban agamamu di depan orang, supaya dilihat. Sebab jika demikian, kalian tidak memperoleh upah dari Bapamu di surga.

Jadi, apabila engkau memberi sedekah, janganlah engkau mencanangkan hal itu, seperti yang dilakukan orang-orang munafik di rumah-rumah ibadat dan di lorong-lorong, supaya mereka dipuji orang.

Aku berkata kepadamu, ‘Mereka sudah mendapat upahnya.’ Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah tangan kirimu tahu apa yang diperbuat tangan kananmu. Hendaklah sedekahmu itu diberikan dengan tersembunyi, maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.”

“Dan apabila kalian berdoa, janganlah berdoa seperti orang munafik. Mereka suka mengucapkan doanya dengan berdiri dalam rumah-rumah ibadat dan pada tikungan-tikungan jalan raya, supaya mereka dilihat orang.

Aku berkata kepadamu, ‘Mereka sudah mendapat upahnya.’ Tetapi jikalau engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu, dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi.

Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu. “Dan apabila kalian berpuasa, janganlah muram mukamu, seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa.

Aku berkata kepadamu, ‘Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.’ Tetapi apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu, supaya jangan dilihat orang bahwa engkau sedang berpuasa, melainkan hanya oleh Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.”

Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Terpujilah Kristus.

Renungan Harian Katolik 21 Juni 2023

Apa yang Yesus ajarkan kepada kita hari ini? Ini tentang kerendahan hati dan kesopanan, rahasiakan setiap tindakan kesalehan Anda dan jangan mengumbarnya ke seluruh dunia termasuk dunia media sosial karena Dia tahu segalanya.

Tetapi dunia tempat kita berada sekarang mempengaruhi kita untuk membuang ajaran Yesus ini dan merangkul publisitas dan pernyataan diri.

Tengok saja banyak wahana publisitas di internet seperti facebook, instagram, twitter dan sejenisnya. Apa yang mereka didiktekan kepada kita? Itu mendikte kami untuk mempublikasikan hampir semua yang kami lakukan, termasuk tindakan kesalehan kami.

Tidak ada salahnya merangkul platform media sosial ini jika kita menggunakannya untuk memajukan advokasi kita dengan motif lain selain untuk membantu.

Namun menjadi salah ketika kita menggunakannya untuk dengan bangga menunjukkan kepada seluruh dunia kebaikan yang kita lakukan.

Mungkin Yesus mengatakan kepada kita untuk tidak khawatir jika tidak ada yang memperhatikan tindakan kebaikan dan kesalehan kita karena Dia sudah mengetahuinya.

Yang penting kita melakukan segalanya untuk Yesus dan demi kebaikan umat-Nya yang lebih besar. Tidak masalah lagi apakah kita akan diperhatikan atau tidak, apakah orang akan memuji kita atau tidak.

Yang penting adalah kita tahu bahwa kita memiliki Tuhan yang mengetahui segalanya termasuk tindakan cinta, amal, dan kebaikan kita yang tidak dipublikasikan.

Doa Penutup

Allah Bapa Yang Mahamurah, ajarilah kami menaruh belas kasih kepada sesama, sebagaimana Engkau telah menaruh belas kasih kepada kami. Semoga kami dengan tulus ikhlas mendermakan apa yang kami terima berkat kemurahan hati-Mu, ya Allah dan Bapa kami.

Doa ini kami persembahkan kepada-Mu dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Demikianlah Bacaan Liturgi Katolik dan Renungan Harian Katolik Rabu 21 Juni 2023 dari infokatolik.id, Ya fao-fao khou Geheha Lowalangi

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *