Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Jumat, 30 April 2021

April 26, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Jumat, 30 April 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Jumat, 30 April 2021

Bacaan Pertama      Kisah Para Rasul Bab 13 : ayat 26 – ayat 33

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Kisah Para Rasul :

Hai saudara-saudaraku, baik yang termasuk keturunan Abraham, maupun yang takut akan Allah, kabar keselamatan itu sudah disampaikan kepada kita. Sebab penduduk Yerusalem dan pemimpin-pemimpinnya tidak mengakui Yesus. Dengan menjatuhkan hukuman mati atas Dia, mereka menggenapi perkataan nabi-nabi yang dibacakan setiap hari Sabat. Dan meskipun mereka tidak menemukan sesuatu yang dapat menjadi alasan untuk hukuman mati itu, namun mereka telah meminta kepada Pilatus supaya Ia dibunuh. Dan setelah mereka menggenapi segala sesuatu yang ada tertulis tentang Dia, mereka menurunkan Dia dari kayu salib, lalu membaringkan-Nya di dalam kubur. Tetapi Allah membangkitkan Dia dari antara orang mati. Dan selama beberapa waktu Ia menampakkan diri kepada mereka yang mengikuti Dia dari Galilea ke Yerusalem. Mereka itulah yang sekarang menjadi saksi-Nya bagi umat ini. Dan kami sekarang memberitakan kabar kesukaan kepada kamu, yaitu bahwa janji yang diberikan kepada nenek moyang kita, telah digenapi Allah kepada kita, keturunan mereka, dengan membangkitkan Yesus, seperti yang ada tertulis dalam mazmur kedua: Anak-Ku Engkau! Aku telah memperanakkan Engkau pada hari ini.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 2:6-7.8-9.10-11

Anak-Kulah engkau! Pada hari ini engkau Kuperanaakan.

  • Akulah yang telah melantik raja-Ku di Sion, gunung-Ku yang kudus!”
    Aku mau menceritakan tentang ketetapan TUHAN; Ia berkata kepadaku: “Anak-Ku engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini.
  • Mintalah kepada-Ku, maka bangsa-bangsa akan Kuberikan kepadamu menjadi milik pusakamu, dan ujung bumi menjadi kepunyaanmu.
    Engkau akan meremukkan mereka dengan gada besi, memecahkan mereka seperti tembikar tukang periuk.”
  • Oleh sebab itu, hai raja-raja, bertindaklah bijaksana, terimalah pengajaran, hai para hakim dunia!
    Beribadahlah kepada TUHAN dengan takut dan ciumlah kaki-Nya dengan gemetar,

Bait Pengantar Injil         Yohanes Bab 14 : ayat 6

Akulah jalan, kebenaran dan hidup. Tidak seorangpun dapat datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

 

Bacaan Injil              Yohanes Bab 14 : ayat 1 –  ayat 6

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes:

“Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada. Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ.” Kata Tomas kepada-Nya: “Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?” Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Dalam bacaan injil hari ini yesus juga memberikan iming-iming janji yang sangat menggiurkan. Bukan diskon atau hadiah yang nilainya tidak seberapa, tetapi yang diberikan menyangkut masa depan, hidup setelah final season kita di dunia ini selesai. yesus menjanjikan dan telah menyediakan di rumah Bapa. Yesus serius dengan janji-Nya, Dia pergi terlebih dahulu menyiapkan segala sesuatunya, lalu jika sudah siap baru menjemput kita. Sangat enak kan?

Tidak mudah untuk mendapatkan itu terdapat syarat dan ketentuannya. Syaratnya adalah percaya dan menerima Yesus sebagai jalan, kebenaran dan hidup. Pahami ajaran-Nya, perintah-Nya, larangan-Nya, janji-Nya, dan renungkan hidup-Nya. Jadikan yesus sebagai teladan kita dalam berbicara, bertindak, berpikir dan juga berdoa.

Kita sangat mudah memberikan data diri kepada orang yang tidak kita kenal untuk mendapatkan janji diskon atau yang lain, tetapi sangat sulit untuk menyerahan diri seutuhnya kepada Tuhan. Sangat mudah juga bagi kita untuk mendownload dan membuat akun yang membutuhkan data diri tanpa tawar menawar. Mudah percaya dengan aplikasi abal-abal, tetapi terhadap yang terpercaya dan Maha Kuasa masih ragu-ragu.
Dengan mendownload Yesus sebagai platfrom hidup kita, maka pintu keselamatan kekal akan terbuka.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Ya Tuhan, kami ingin menyerahkan diri kami seutuhnya kepada-Mu karena kami percaya Engkau akan memberikan kami kenikmatan rohani kami. Amin

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Jumat, 30 April 2021