Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Jumat, 6 November 2020

November 5, 2020 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Jumat, 6 November 2020

 

Renungan Harian Katolik Jumat, 6 November 2020

 

Bacaan Pertama       Filipi Bab 3 : ayat 17 – Bab 4 : ayat 1

Pembacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Filipi:

Flp 3:17 Saudara-saudara, ikutilah teladanku dan perhatikanlah mereka, yang hidup sama seperti kami yang menjadi teladanmu.

Flp 3:18 Karena, seperti yang telah kerap kali kukatakan kepadamu, dan yang kunyatakan pula sekarang sambil menangis, banyak orang yang hidup sebagai seteru salib Kristus.

Flp 3:19 Kesudahan mereka ialah kebinasaan, Tuhan mereka ialah perut mereka, kemuliaan mereka ialah aib mereka, pikiran mereka semata-mata tertuju kepada perkara duniawi.

Flp 3:20 Karena kewargaan kita adalah di dalam sorga, dan dari situ juga kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat,

Flp 3:21 yang akan mengubah tubuh kita yang hina ini, sehingga serupa dengan tubuh-Nya yang mulia, menurut kuasa-Nya yang dapat menaklukkan segala sesuatu kepada diri-Nya.

Flp 4:1 Karena itu, saudara-saudara yang kukasihi dan yang kurindukan, sukacitaku dan mahkotaku, berdirilah juga dengan teguh dalam Tuhan, hai saudara-saudaraku yang kekasih!

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan       Mazmur 122:1-2.3-4a.4b-5

Biarlah bersukahati orang-orang yang mencari Tuhan.

  • Mzm 122:1 Nyanyian ziarah Daud. Aku bersukacita, ketika dikatakan orang kepadaku: “Mari kita pergi ke rumah TUHAN.”

Mzm 122:2 Sekarang kaki kami berdiri di pintu gerbangmu, hai Yerusalem.

  • Mzm 122:3 Hai Yerusalem, yang telah didirikan sebagai kota yang bersambung rapat,

Mzm 122:4 ke mana suku-suku berziarah, yakni suku-suku TUHAN,

  • Mzm 122:4 untuk bersyukur kepada nama TUHAN sesuai dengan peraturan bagi Israel.

Mzm 122:5 Sebab di sanalah ditaruh kursi-kursi pengadilan, kursi-kursi milik keluarga raja Daud.

 

Bait Pengantar Injil      1 Yohanes Bab 2 : ayat 5

Sempurnalah kasih Allah dalam hati orang yang mendengarkan sabda Kristus.

 

Bacaan Injil                   Lukas Bab 16 : ayat 1 – ayat 8

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas:

Luk 16:1 Dan Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Ada seorang kaya yang mempunyai seorang bendahara. Kepadanya disampaikan tuduhan, bahwa bendahara itu menghamburkan miliknya.

Luk 16:2 Lalu ia memanggil bendahara itu dan berkata kepadanya: Apakah yang kudengar tentang engkau? Berilah pertanggungan jawab atas urusanmu, sebab engkau tidak boleh lagi bekerja sebagai bendahara.

Luk 16:3 Kata bendahara itu di dalam hatinya: Apakah yang harus aku perbuat? Tuanku memecat aku dari jabatanku sebagai bendahara. Mencangkul aku tidak dapat, mengemis aku malu.

Luk 16:4 Aku tahu apa yang akan aku perbuat, supaya apabila aku dipecat dari jabatanku sebagai bendahara, ada orang yang akan menampung aku di rumah mereka.

Luk 16:5 Lalu ia memanggil seorang demi seorang yang berhutang kepada tuannya. Katanya kepada yang pertama: Berapakah hutangmu kepada tuanku?

Luk 16:6 Jawab orang itu: Seratus tempayan minyak. Lalu katanya kepada orang itu: Inilah surat hutangmu, duduklah dan buat surat hutang lain sekarang juga: Lima puluh tempayan.

Luk 16:7 Kemudian ia berkata kepada yang kedua: Dan berapakah hutangmu? Jawab orang itu: Seratus pikul gandum. Katanya kepada orang itu: Inilah surat hutangmu, buatlah surat hutang lain: Delapan puluh pikul.

Luk 16:8 Lalu tuan itu memuji bendahara yang tidak jujur itu, karena ia telah bertindak dengan cerdik. Sebab anak-anak dunia ini lebih cerdik terhadap sesamanya dari pada anak-anak terang.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Singkat

Pada hari ini dari bacaan injil ada sisi positif dan ada sisi negatifnya. Sisi positif yang dapat diambil dari bacaan injil hari ini adalah seorang bendahara yang sudah menyiapkan masa depannnya yang sudah berjaga-jaga untuk hari esok ketika sudah tidak bekerja lagi dengan majikannya yang saat ini.

Sisi negatifnya adalah bendahara tersebut lebih memilih hamba uang dibandingkan Tuhan Yesus. Padahal sebetulnya segala sesuatu yang kita miliki seperti harta, kekayaan dan sebagainya itu datangnya dari Tuhan yang selalu mengasihi kita. Maka dari itu haruslah kita bijak dalam menggunakan segala titipan Tuhan, haruslah kita berbagi juga dengan yang lain yang lebih membutuhkan.

Bacaan hari ini berisi tentang persiapan di masa depan, kita juga perlu bersiap untuk masa depan atau kerajaan Tuhan yang datangnya tidak tahu kapan. Kita perlu mempersiapkan diri akan hari Tuhan yang akan datang dengan cara bertobat dan melakukan hal-hal yang baik dan disenangi Tuhan Yesus.

 

Doa

Ya Bapa, dampingilah kami berjaga-jaga pada hari ini sampai pada hari Tuhan akan datang, agar kami selalu dilindungi dalam kasih. Amin.

 

Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang ada di link berikut https://infokatolik.id/category/kumpulan-doa 

Related For Renungan Harian Katolik Jumat, 6 November 2020