Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Kamis, 7 Januari 2021

January 5, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Kamis, 7 Januari 2021

 

Renungan Harian Katolik Kamis, 7 Januari 2021

 

Bacaan Pertama        1 Yohanes Bab 4 : ayat 15 – Bab 5 : ayat 4

Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Yohanes :

1Yoh 4:19 Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita.

1Yoh 4:20 Jikalau seorang berkata: “Aku mengasihi Allah,” dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta, karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya.

1Yoh 4:21 Dan perintah ini kita terima dari Dia: Barangsiapa mengasihi Allah, ia harus juga mengasihi saudaranya.

1Yoh 5:1 Setiap orang yang percaya, bahwa Yesus adalah Kristus, lahir dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi Dia yang melahirkan, mengasihi juga Dia yang lahir dari pada-Nya.

1Yoh 5:2 Inilah tandanya, bahwa kita mengasihi anak-anak Allah, yaitu apabila kita mengasihi Allah serta melakukan perintah-perintah-Nya.

1Yoh 5:3 Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintah-Nya. Perintah-perintah-Nya itu tidak berat,

1Yoh 5:4 sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 72:2.14.15bc.17

Segala bangsa di bumi, ya Tuhan sujud menyembah kepada-Mu.

  • Mzm 72:2 Kiranya ia mengadili umat-Mu dengan keadilan dan orang-orang-Mu yang tertindas dengan hukum!
  • Mzm 72:14 Ia akan menebus nyawa mereka dari penindasan dan kekerasan, darah mereka mahal di matanya.

Mzm 72:15 Hiduplah ia! Kiranya dipersembahkan kepadanya emas Syeba! Kiranya ia didoakan senantiasa, dan diberkati sepanjang hari!

  • Mzm 72:17 Biarlah namanya tetap selama-lamanya, kiranya namanya semakin dikenal selama ada matahari. Kiranya segala bangsa saling memberkati dengan namanya, dan menyebut dia berbahagia.

Bait Pengantar Injil       Lukas Bab 4 : ayat 18 – ayat 19

Tuhan mengutus Aku menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin, dan memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan.

 

Bacaan Injil               Lukas Bab 4 : ayat 14 – ayat 22a

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas :

Luk 4:14 Dalam kuasa Roh kembalilah Yesus ke Galilea. Dan tersiarlah kabar tentang Dia di seluruh daerah itu.

Luk 4:15 Sementara itu Ia mengajar di rumah-rumah ibadat di situ dan semua orang memuji Dia.

Luk 4:16 Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.

Luk 4:17 Kepada-Nya diberikan kitab nabi Yesaya dan setelah dibuka-Nya, Ia menemukan nas, di mana ada tertulis:

Luk 4:18 “Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku

Luk 4:19 untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang.”

Luk 4:20 Kemudian Ia menutup kitab itu, memberikannya kembali kepada pejabat, lalu duduk; dan mata semua orang dalam rumah ibadat itu tertuju kepada-Nya.

Luk 4:21 Lalu Ia memulai mengajar mereka, kata-Nya: “Pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya.”

Luk 4:22 Dan semua orang itu membenarkan Dia dan mereka heran akan kata-kata yang indah yang diucapkan-Nya, lalu kata mereka: “Bukankah Ia ini anak Yusuf?”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Singkat

Beberapa hari ini Alkitab terus mengajak tentang kasih. Kali ini dalam bacaan pertama mengajarkan mengasihi Allah berarti juga harus mengasihi saudaranya. Siapa kah saudara yang dimaksud? Saudara yang dimaksud adalah kita, sesama manusia dan makluk hidup yang lain. Mahluk hidup juga mampu kita bilang saudara, karena hewan dan tumbuhan yang terlebih dahulu diciptakan, baru manusia. Artinya hewan dan tumbuhan adalah kakak-kakak kita, maka dari itu juga selayaknya mengasihi semua mahluk hidup yang ada di bumi.

Jangan bilang mengasihi Allah, tapi kalau saudaranya sendiri masih di benci, Allah tidak mau manusia berfokus pada Dia, namun malah melalaikan saudaranya  yang lain juga, berarti ia pendusta, karena dalam alkitab tertulis, bagaimana mau mengasihi Dia yang tidak terlihat kalau yang terlihat dan selalu ditemui setiap hari tidak dikasihinya.

Mengasihi Allah berarti kita melakukan perintah-perintah Allah dengan iman yang sungguh yang mampu mengalahkan dunia. Artinya jika kita mempunyai iman yang tulus dan mengikuti semua perintah Allah, kita sudah tidak perlu lagi takut melawan dunia, karena iman lah yang mengalahkan dunia.

 

Doa

Ya Allah Bapa, kami mohon ajarilah kami tentang ajaran kasih-Mu, agar kami mampu menerapkan kasih kepada siapapun. Amin.

 

Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang ada di link berikut https://infokatolik.id/category/kumpulan-doa 

sumber bacaan : http://www.imankatolik.or.id/ 

Related For Renungan Harian Katolik Kamis, 7 Januari 2021