Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Minggu, 10 Januari 2021

January 8, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Minggu, 10 Januari 2021

 

Renungan Harian Katolik Minggu, 10 Januari 2021

 

Bacaan Pertama        Yesaya Bab 55 : ayat 1 – ayat 11

Pembacaan dari Kitab Yesaya  :

Yes 55:1 Ayo, hai semua orang yang haus, marilah dan minumlah air, dan hai orang yang tidak mempunyai uang, marilah! Terimalah gandum tanpa uang pembeli dan makanlah, juga anggur dan susu tanpa bayaran!

Yes 55:2 Mengapakah kamu belanjakan uang untuk sesuatu yang bukan roti, dan upah jerih payahmu untuk sesuatu yang tidak mengenyangkan? Dengarkanlah Aku maka kamu akan memakan yang baik dan kamu akan menikmati sajian yang paling lezat.

Yes 55:3 Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud.

Yes 55:4 Sesungguhnya, Aku telah menetapkan dia menjadi saksi bagi bangsa-bangsa, menjadi seorang raja dan pemerintah bagi suku-suku bangsa;

Yes 55:5 sesungguhnya, engkau akan memanggil bangsa yang tidak kaukenal, dan bangsa yang tidak mengenal engkau akan berlari kepadamu, oleh karena TUHAN, Allahmu, dan karena Yang Mahakudus, Allah Israel, yang mengagungkan engkau.

Yes 55:6 Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!

Yes 55:7 Baiklah orang fasik meninggalkan jalannya, dan orang jahat meninggalkan rancangannya; baiklah ia kembali kepada TUHAN, maka Dia akan mengasihaninya, dan kepada Allah kita, sebab Ia memberi pengampunan dengan limpahnya.

Yes 55:8 Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN.

Yes 55:9 Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.

Yes 55:10 Sebab seperti hujan dan salju turun dari langit dan tidak kembali ke situ, melainkan mengairi bumi, membuatnya subur dan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, memberikan benih kepada penabur dan roti kepada orang yang mau makan,

Yes 55:11 demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Yesaya 12:2-3.4bcd.5-6

Kamu akan menimba air dengan kegirangan dari mata air keselamatan.

  • Yes 12:2 Sungguh, Allah itu keselamatanku; aku percaya dengan tidak gementar, sebab TUHAN ALLAH itu kekuatanku dan mazmurku, Ia telah menjadi keselamatanku.”

Yes 12:3 Maka kamu akan menimba air dengan kegirangan dari mata air keselamatan.

  • Yes 12:4 Pada waktu itu kamu akan berkata: “Bersyukurlah kepada TUHAN, panggillah nama-Nya, beritahukanlah perbuatan-Nya di antara bangsa-bangsa, masyhurkanlah, bahwa nama-Nya tinggi luhur!
  • Yes 12:5 Bermazmurlah bagi TUHAN, sebab perbuatan-Nya mulia; baiklah hal ini diketahui di seluruh bumi!

Yes 12:6 Berserulah dan bersorak-sorailah, hai penduduk Sion, sebab Yang Mahakudus, Allah Israel, agung di tengah-tengahmu!”

 

Bacaan Kedua        1 Yohanes Bab 5 : ayat 1 – ayat 9

Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Yohanes  :

1Yoh 5:1 Setiap orang yang percaya, bahwa Yesus adalah Kristus, lahir dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi Dia yang melahirkan, mengasihi juga Dia yang lahir dari pada-Nya.

1Yoh 5:2 Inilah tandanya, bahwa kita mengasihi anak-anak Allah, yaitu apabila kita mengasihi Allah serta melakukan perintah-perintah-Nya.

1Yoh 5:3 Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintah-Nya. Perintah-perintah-Nya itu tidak berat,

1Yoh 5:4 sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita.

1Yoh 5:5 Siapakah yang mengalahkan dunia, selain dari pada dia yang percaya, bahwa Yesus adalah Anak Allah?

1Yoh 5:6 Inilah Dia yang telah datang dengan air dan darah, yaitu Yesus Kristus, bukan saja dengan air, tetapi dengan air dan dengan darah. Dan Rohlah yang memberi kesaksian, karena Roh adalah kebenaran.

1Yoh 5:7 Sebab ada tiga yang memberi kesaksian (di dalam sorga: Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu.

1Yoh 5:8 Dan ada tiga yang memberi kesaksian di bumi): Roh dan air dan darah dan ketiganya adalah satu.

1Yoh 5:9 Kita menerima kesaksian manusia, tetapi kesaksian Allah lebih kuat. Sebab demikianlah kesaksian yang diberikan Allah tentang Anak-Nya.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Bait Pengantar Injil       Yohanes Bab 1 : ayat 29

Yohanes melihat Yesus datang kepadanya; dan ia berkata “Lihatlah Anak domba Allah yang menghapus doa dunia.”

 

Bacaan Injil               Markus Bab 1 : ayat 7 – ayat 11

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius :

Mrk 1:7 Inilah yang diberitakannya: “Sesudah aku akan datang Ia yang lebih berkuasa dari padaku; membungkuk dan membuka tali kasut-Nyapun aku tidak layak.

Mrk 1:8 Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus.”

Mrk 1:9 Pada waktu itu datanglah Yesus dari Nazaret di tanah Galilea, dan Ia dibaptis di sungai Yordan oleh Yohanes.

Mrk 1:10 Pada saat Ia keluar dari air, Ia melihat langit terkoyak, dan Roh seperti burung merpati turun ke atas-Nya.

Mrk 1:11 Lalu terdengarlah suara dari sorga: “Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Singkat

Dalam nats di atas disebutkan bahwa ada 2 jenis “rancangan” dan 2 jenis “jalan” yang berasal dari 2 tingkatan pemikiran yang berbeda.

Tingkatan pemikiran yang pertama dalam ayat ke-8 dinyatakan dengan “rancangan-Ku” (dengan “K” besar), menunjuk kepada “rancangan” TUHAN yang bersumber dari pemikiran-Nya TUHAN. Sedangkan tingkatan pemikiran yang kedua “rancangan-mu” (dengan “m” kecil), menunjuk kepada “rancangan” manusia yang bersumber dari pemikiran manusia.

Masih dalam ayat ke-8 juga disebutkan bahwa ada 2 jenis jalan, yaitu: jalan-Ku (dengan “K” besar) yang menunjuk kepada jalan TUHAN, dan yang kedua adalah jalanmu (dengan “m” kecil) yang menunjuk kepada jalan manusia.

Sebuah rancangan lahir dari proses pemikiran yang sangat matang dari perancangnya dengan mempertimbangkan berbagai macam atau atau keseluruhan aspek dengan maksud agar yang dirancang tersebut adalah rancangan terbaik untuk tujuannya.

Ada hubungan yang sangat erat antara “rancangan” dan “jalan”. Bahwa sebuah rancangan dihasilkan dari jalan pikiran perancang. Sebuah hasil rancangan tidak dapat dipisahkan dari jalan pikiran perancangya atau hasil rancangan identik dengan jalan pikiran perancangya.

Pada ayat ke-8 disebutkan:

Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN.

Ternyata rancangan dan jalan TUHAN berbeda dengan rancangan dan jalan manusia. Itu sangat jelas. Pemikiran manusia hanya “sejauh mata memandang” (sangat terbatas) sementara pemikiran TUHAN melampaui batasan ruang dan waktu (tidak terbatas).

Bahkan pada ayat ke-9 dijelaskan bahwa ada perbedaan yang sangat jauh antara tingkatan pemikiran TUHAN dan tingkatan pemikiran manusia dan jaraknya seperti tingginya langit dan bumi.:

Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.

Dan hal itu adalah sesuatu yang sangat logis. Manusia merupakan hasil rancangan TUHAN sementara TUHAN bukan hasil rancangan manusia. Manusia adalah ciptaan TUHAN sedangkan TUHAN jelas bukan ciptaan manusia.

Jadi manusia harus menyadari sepenuhnya bahwa sehebat apapun pemikiran manusia belum ada apa-apanya dihadapan TUHAN untuk itu tidak perlu ada yang disombngkan. Dan seharusnya hendaklah pemikiran manusia itu digunakan untuk kemuliaan TUHAN bukan untuk menghujat TUHAN.

 

Doa

Ya Bapa, mampukanlah kami untuk menjadi orang-orang yang percaya dengan melakukan perbuatan-perbuatan yang baik dan benar dalam hidup kami selalu menyadari akan rancangan mu yang begitu indah. Amin.

 

Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang ada di link berikut https://infokatolik.id/category/kumpulan-doa 

Related For Renungan Harian Katolik Minggu, 10 Januari 2021