Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Minggu, 14 Februari 2021

February 12, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Minggu, 14 Februari 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari ini, marilah kita bersiap diri dan mempersiapkan diri untuk membaca kitab suci yang sudah dipersiapkan daam renungan harian katolik hari ini.

Renungan Harian Katolik Minggu, 14 Februari 2021

 

Bacaan Pertama        Imamat Bab 13 : ayat 1 – ayat 2. ayat 44 – ayat 46

Renungan harian katolik hari ini Pembacaan dari Kitab Imamat  :

TUHAN berfirman kepada Musa dan Harun: “Apabila pada kulit badan seseorang ada bengkak atau bintil-bintil atau panau, yang mungkin menjadi penyakit kusta pada kulitnya, ia harus dibawa kepada imam Harun, atau kepada salah seorang dari antara anak-anaknya, imam-imam itu.
maka orang itu sakit kusta, dan ia najis, dan imam harus menyatakan dia najis, karena penyakit yang di kepalanya itu. Orang yang sakit kusta harus berpakaian yang cabik-cabik, rambutnya terurai dan lagi ia harus menutupi mukanya sambil berseru-seru: Najis! Najis! Selama ia kena penyakit itu, ia tetap najis; memang ia najis; ia harus tinggal terasing, di luar perkemahan itulah tempat kediamannya.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 32:1-2.5.11

Engkaulah persembunyianku, ya Tuhan. Engkaulah melindingi aku sehingga aku selamat.

  • Dari Daud. Nyanyian pengajaran. Berbahagialah orang yang diampuni pelanggarannya, yang dosanya ditutupi!
    Berbahagialah manusia, yang kesalahannya tidak diperhitungkan TUHAN, dan yang tidak berjiwa penipu!
  • Dosaku kuberitahukan kepada-Mu dan kesalahanku tidaklah kusembunyikan; aku berkata: “Aku akan mengaku kepada TUHAN pelanggaran-pelanggaranku,” dan Engkau mengampuni kesalahan karena dosaku.
  • Bersukacitalah dalam TUHAN dan bersorak-soraklah, hai orang-orang benar; bersorak-sorailah, hai orang-orang jujur!

 

Bacaan Kedua        1 Korintus Bab 10 : ayat 31 – Bab 11 : ayat 1

Renungan harian katolik Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada Jemaat di Korintus  :

Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah. Janganlah kamu menimbulkan syak dalam hati orang, baik orang Yahudi atau orang Yunani, maupun Jemaat Allah. Sama seperti aku juga berusaha menyenangkan hati semua orang dalam segala hal, bukan untuk kepentingan diriku, tetapi untuk kepentingan orang banyak, supaya mereka beroleh selamat.
Jadilah pengikutku, sama seperti aku juga menjadi pengikut Kristus.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Bait Pengantar Injil       Lukas Bab7 : ayat 16

Seorang nabi besar telah muncil di tengah-tengah kita, dan Allah telah melawat umat-Nya

 

Bacaan Injil               Markus Bab 1 : ayat 40 – ayat 45

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus :

Seorang yang sakit kusta datang kepada Yesus, dan sambil berlutut di hadapan-Nya ia memohon bantuan-Nya, katanya: “Kalau Engkau mau, Engkau dapat mentahirkan aku.” Maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan, lalu Ia mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata kepadanya: “Aku mau, jadilah engkau tahir.” Seketika itu juga lenyaplah penyakit kusta orang itu, dan ia menjadi tahir. Segera Ia menyuruh orang itu pergi dengan peringatan keras: “Ingatlah, janganlah engkau memberitahukan apa-apa tentang hal ini kepada siapapun, tetapi pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah untuk pentahiranmu persembahan, yang diperintahkan oleh Musa, sebagai bukti bagi mereka.” Tetapi orang itu pergi memberitakan peristiwa itu dan menyebarkannya kemana-mana, sehingga Yesus tidak dapat lagi terang-terangan masuk ke dalam kota. Ia tinggal di luar di tempat-tempat yang sepi; namun orang terus juga datang kepada-Nya dari segala penjuru.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Tentunya setiap hari kita pasti beroda. Banyak manusai yang bedoa dengan motivasinya masing-masing, seperti contoh, berdoa hanya mengucap syukur, ada juga yang memohon rahmat Tuhan, ada juga yang berdoa ber kali kali dalam sehari agar doanya cepat dikabulkan oleh Tuhan.

Bacaan injil pada renungan harian katolik hari ini mengisahkan bagaimana seorang kusta yang datang kepada Tuhan Yesus untuk memohon kesembuhan dengan kata-kata “Tuan, jika Tuan mau.” Kata-kata itu sangat menarik untuk direnungkan, sekaligus mengajak kita untuk mau berserah dan memberika ruang kepada Tuhan untuk menjawab doa kita menurut kehendak Tuhan. Seperti contoh pribadi “Tuhan, kalau boleh aku sama dia ya, kalau tidak boleh ya tidak apa.”

Rata-rata manusia berdoa dengan tujuan agar permintanya dikabulkan oleh Tuhan. Padahal doa yang baik itu sebetulnya memiliki Tujuan agar kita dekat dengan Tuhan. Sering terlupakan oleh kita kalau dalam berdoa kita sering memaksa Tuhan untuk mengabulkan apa yang kita minta, padahal belum tentu apa yang kita minta itu baik untuk kita juga untuk Tuhan. Karena kita tahu kalau pandangan Tuhan jauh lebih luas dan lebih baik dari pandangan kita uman manusai yang berdosa.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Tuhan Yesus, terimakasih selalu melindungi kami dan memberikan yang terbaik untuk kami. Bantulah kami untuk mengingat bahwa berdoa bukan hanya untuk meminta kepada-Mu, tetapi untuk lebih dekat lagi dengan Engkau. Amin.

 

Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang ada di link berikut kumpulan doa.

semoga doa doa dari renungan harian katolik membantu anda.

Related For Renungan Harian Katolik Minggu, 14 Februari 2021