Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Minggu, 17 Oktober 2021

October 14, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Minggu, 17 Oktober 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Minggu, 17 Oktober 2021

Bacaan Pertama     Yesaya Bab 53 : ayat 10 – ayat 11

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Kitab Yesaya :

Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya. Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas; dan hamba-Ku itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang oleh hikmatnya, dan kejahatan mereka dia pikul.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Mazmur 33:4-5.18-19.20.22

Kasih setua-Mu, ya Tuhan, kiranya menyertai kami, seperti kami berharap kepada-Mu

  • Sebab firman TUHAN itu benar, segala sesuatu dikerjakan-Nya dengan kesetiaan.
    Ia senang kepada keadilan dan hukum; bumi penuh dengan kasih setia TUHAN.
  • Sesungguhnya, mata TUHAN tertuju kepada mereka yang takut akan Dia, kepada mereka yang berharap akan kasih setia-Nya,
    untuk melepaskan jiwa mereka dari pada maut dan memelihara hidup mereka pada masa kelaparan.
  • Jiwa kita menanti-nantikan TUHAN. Dialah penolong kita dan perisai kita!
    Kasih setia-Mu, ya TUHAN, kiranya menyertai kami, seperti kami berharap kepada-Mu.

 

Bacaan Kedua     Ibrani Bab 4 : ayat 14 – ayat 16

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Surat Kepada Orang Ibrani :

Karena kita sekarang mempunyai Imam Besar Agung, yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus, Anak Allah, baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita. Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa. Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Bait Pengantar Injil       Markus Bab 10 : ayat 45

Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang

 

Bacaan Injil           Markus Bab 10 : ayat 35 – ayat 45

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus :

Lalu Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, mendekati Yesus dan berkata kepada-Nya: “Guru, kami harap supaya Engkau kiranya mengabulkan suatu permintaan kami!” Jawab-Nya kepada mereka: “Apa yang kamu kehendaki Aku perbuat bagimu?” Lalu kata mereka: “Perkenankanlah kami duduk dalam kemuliaan-Mu kelak, yang seorang lagi di sebelah kanan-Mu dan yang seorang di sebelah kiri-Mu.” Tetapi kata Yesus kepada mereka: “Kamu tidak tahu apa yang kamu minta. Dapatkah kamu meminum cawan yang harus Kuminum dan dibaptis dengan baptisan yang harus Kuterima?” Jawab mereka: “Kami dapat.” Yesus berkata kepada mereka: “Memang, kamu akan meminum cawan yang harus Kuminum dan akan dibaptis dengan baptisan yang harus Kuterima. Tetapi hal duduk di sebelah kanan-Ku atau di sebelah kiri-Ku, Aku tidak berhak memberikannya. Itu akan diberikan kepada orang-orang bagi siapa itu telah disediakan.” Mendengar itu kesepuluh murid yang lain menjadi marah kepada Yakobus dan Yohanes. Tetapi Yesus memanggil mereka lalu berkata: “Kamu tahu, bahwa mereka yang disebut pemerintah bangsa-bangsa memerintah rakyatnya dengan tangan besi, dan pembesar-pembesarnya menjalankan kuasanya dengan keras atas mereka. Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu, dan barangsiapa ingin menjadi yang terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hamba untuk semuanya. Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Dalam bacaan Injil hari ini Yesus berpesan kepada muridnya Bahwa untuk menjadi seorang yang terbesar, iya harus menjadi pelayan dalam kelompoknya. Menjadi seorang pemimpin bukan dia yang mengakui dirinya tetapi orang lainlah yang mengakui dirinya sebagai seorang pemimpin. Pemimpin harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada orang yang telah mempercayakan nya Sebagai seorang pemimpin. Pelayanan bukan untuk menjadi ajang kita untuk pamer kekuatan, namun memberikan kesempatan kepada orang lain.

Perlu kita ingat, bahwa jika kita terus bergantung pada orang lain maka kita tidak akan bisa hidup tanpa nya. Kita akan menjadi seorang yang bersifat kekanak-kanakan. Mulai dari sekarang kita perlu belajar untuk melayani orang-orang yang berada di sekitar kita mulai dari anggota keluarga kita masing-masing. Dengan hidup saling melayani kita akan bersukacita.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Tuhan Yesus terima kasih, atas Kasihmu yang telah kau berikan kepada kami. Masuklah dalam diri kami agar kami mampu menerapkan kasih yang telah engkau ajarkan kepada orang-orang yang ada di sekitar kami. Amin

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Minggu, 17 Oktober 2021