Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Minggu, 3 Oktober 2021

September 30, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Minggu, 3 Oktober 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Minggu, 3 Oktober 2021

Bacaan Pertama     Kejadian Bab 2 : ayat 18 –  ayat 24

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Kitab Kejadian :

TUHAN Allah berfirman: “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.” Lalu TUHAN Allah membentuk dari tanah segala binatang hutan dan segala burung di udara. Dibawa-Nyalah semuanya kepada manusia itu untuk melihat, bagaimana ia menamainya; dan seperti nama yang diberikan manusia itu kepada tiap-tiap makhluk yang hidup, demikianlah nanti nama makhluk itu. Manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada segala binatang hutan, tetapi baginya sendiri ia tidak menjumpai penolong yang sepadan dengan dia. Lalu TUHAN Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur, TUHAN Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu menutup tempat itu dengan daging. Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu. Lalu berkatalah manusia itu: “Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki.” Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Mazmur  128:1-2.3.4-5.6

Kiranya Tuhan memberkati kita seumur hidup kita.

  • Berbahagialah setiap orang yang takut akan TUHAN, yang hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya!
    Apabila engkau memakan hasil jerih payah tanganmu, berbahagialah engkau dan baiklah keadaanmu!
  • Isterimu akan menjadi seperti pohon anggur yang subur di dalam rumahmu; anak-anakmu seperti tunas pohon zaitun sekeliling mejamu!
  • Sesungguhnya demikianlah akan diberkati orang laki-laki yang takut akan TUHAN.
    Kiranya TUHAN memberkati engkau dari Sion, supaya engkau melihat kebahagiaan Yerusalem seumur hidupmu,
  • dan melihat anak-anak dari anak-anakmu! Damai sejahtera atas Israel!

 

Bacaan Kedua     Ibrani Bab 2 : ayat 9 –  ayat 11

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Surat kepada Orang Ibrani :

Tetapi Dia, yang untuk waktu yang singkat dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, yaitu Yesus, kita lihat, yang oleh karena penderitaan maut, dimahkotai dengan kemuliaan dan hormat, supaya oleh kasih karunia Allah Ia mengalami maut bagi semua manusia. Sebab memang sesuai dengan keadaan Allah?yang bagi-Nya dan oleh-Nya segala sesuatu dijadikan?,yaitu Allah yang membawa banyak orang kepada kemuliaan, juga menyempurnakan Yesus, yang memimpin mereka kepada keselamatan, dengan penderitaan. Sebab Ia yang menguduskan dan mereka yang dikuduskan, mereka semua berasal dari Satu; itulah sebabnya Ia tidak malu menyebut mereka saudara,

Demikianlah Sabda Tuhan

 

Bait Pengantar Injil          1 Yohanes Bab 4 : ayat 12

Jika kita saling mengasihi, Allah tetap di dalam kita, dan kasih-Nya sempurna di dalam kita.

 

Bacaan Injil             Markus Bab 10 : ayat 2 – ayat 16

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus :

Maka datanglah orang-orang Farisi, dan untuk mencobai Yesus mereka bertanya kepada-Nya: “Apakah seorang suami diperbolehkan menceraikan isterinya?” Tetapi jawab-Nya kepada mereka: “Apa perintah Musa kepada kamu?” Jawab mereka: “Musa memberi izin untuk menceraikannya dengan membuat surat cerai.” Lalu kata Yesus kepada mereka: “Justru karena ketegaran hatimulah maka Musa menuliskan perintah ini untuk kamu. Sebab pada awal dunia, Allah menjadikan mereka laki-laki dan perempuan, sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.” Ketika mereka sudah di rumah, murid-murid itu bertanya pula kepada Yesus tentang hal itu. Lalu kata-Nya kepada mereka: “Barangsiapa menceraikan isterinya lalu kawin dengan perempuan lain, ia hidup dalam perzinahan terhadap isterinya itu. Dan jika si isteri menceraikan suaminya dan kawin dengan laki-laki lain, ia berbuat zinah.” Lalu orang membawa anak-anak kecil kepada Yesus, supaya Ia menjamah mereka; akan tetapi murid-murid-Nya memarahi orang-orang itu. Ketika Yesus melihat hal itu, Ia marah dan berkata kepada mereka: “Biarkan anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan menghalang-halangi mereka, sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa tidak menyambut Kerajaan Allah seperti seorang anak kecil, ia tidak akan masuk ke dalamnya.” Lalu Ia memeluk anak-anak itu dan sambil meletakkan tangan-Nya atas mereka Ia memberkati mereka.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Biasanya perkawinan diawali dengan kebahagiaan dan sukacita. Sangat disayangkan apabila berakhir dengan perpisahan karena perceraian.

Pada hari ini seperti dua ribu tahun yang lalu Tuhan Yesus kembali mewartakan bahwa perkawinan yang tidak terpisahkan bukanlah aturan yang sulit untuk dijalankan, tetapi sebuah kabar baik bahwa cinta yang langgeng itu mungkin terjadi. Tuhan Yesus mengacubpaea rencana Allah sejak semula, yaitu menajdikan laki-laki dan oerempuan sebagai satu daging dan tidak terceraikan oleh manusia. Perkawinan itu adalah ciptaan dari Allah. Semua yang diciptakan Allah itu baik dan tidak haram.

Allah juga memberikan karunia yang selalu menyertai perjalan perkawinan yang hisa menyembuhkan, mengubah hati yang mengeras dan membimbingnya melalui jalan salib sehingga bisa setia sampai akhir.

Karena itu baiklah setiap keluarga mengusahakan agar rencana Allah ini terlaksana dan bekerja sama dengan kasih-Nya yang memampukan setiap pasangan untuk saling mengasihi dan setia sampai akhir.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Ya Bapa, terimakasih atas cinta yang telah hadir antara dua orang yang telah menghadirkan kami, jadikanlah kami mampu menjaga cinta-cinta Mu, agar dunia ini penuh dengan sukacita. Amin

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Minggu, 3 Oktober 2021