Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Rabu, 10 Februari 2021

February 7, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Rabu, 10 Februari 2021

Pesta Wajib Santa Skolastika, Perawan

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Rabu, 10 Februari 2021

 

Bacaan Pertama        Kejadian Bab 2 : ayat 4 – ayat 9. ayat 15 – ayat 17

Pembacaan dari Kitab Kejadian untuk renungan harian katolik hari ini :

Ketika TUHAN Allah menjadikan bumi dan langit, belum ada semak apapun di bumi, belum timbul tumbuh-tumbuhan apapun di padang, sebab TUHAN Allah belum menurunkan hujan ke bumi, dan belum ada orang untuk mengusahakan tanah itu; tetapi ada kabut naik ke atas dari bumi dan membasahi seluruh permukaan bumi itu ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup. Selanjutnya TUHAN Allah membuat taman di Eden, di sebelah timur; disitulah ditempatkan-Nya manusia yang dibentuk-Nya itu. Lalu TUHAN Allah menumbuhkan berbagai-bagai pohon dari bumi, yang menarik dan yang baik untuk dimakan buahnya; dan pohon kehidupan di tengah-tengah taman itu, serta pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat.
TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu. Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: “Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas, tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati.”

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 104:1-2a.27-28.29abc

Pujilah Tuhan, hai jiwaku!

  • Pujilah TUHAN, hai jiwaku! TUHAN, Allahku, Engkau sangat besar! Engkau yang berpakaian keagungan dan semarak,
    yang berselimutkan terang seperti kain, yang membentangkan langit seperti tenda,
  • Semuanya menantikan Engkau, supaya diberikan makanan pada waktunya.
    Apabila Engkau memberikannya, mereka memungutnya; apabila Engkau membuka tangan-Mu, mereka kenyang oleh kebaikan.
  • Apabila Engkau menyembunyikan wajah-Mu, mereka terkejut; apabila Engkau mengambil roh mereka, mereka mati binasa dan kembali menjadi debu

Bait Pengantar Injil     Yohanes Bab 17 : ayat 17ba

Sabda-Mu, ya Tuhan, adalah kebenaran. Kuduskanlah kami dalam kebenaran.

 

Bacaan Injil               Markus Bab 7 : ayat 14 – ayat 23

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus :

Lalu Yesus memanggil lagi orang banyak dan berkata kepada mereka: “Kamu semua, dengarlah kepada-Ku dan camkanlah. Apapun dari luar, yang masuk ke dalam seseorang, tidak dapat menajiskannya, tetapi apa yang keluar dari seseorang, itulah yang menajiskannya.” (Barangsiapa bertelinga untuk mendengar hendaklah ia mendengar!) Sesudah Ia masuk ke sebuah rumah untuk menyingkir dari orang banyak, murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya tentang arti perumpamaan itu. Maka jawab-Nya: “Apakah kamu juga tidak dapat memahaminya? Tidak tahukah kamu bahwa segala sesuatu dari luar yang masuk ke dalam seseorang tidak dapat menajiskannya, karena bukan masuk ke dalam hati tetapi ke dalam perutnya, lalu dibuang di jamban?” Dengan demikian Ia menyatakan semua makanan halal. Kata-Nya lagi: “Apa yang keluar dari seseorang, itulah yang menajiskannya, sebab dari dalam, dari hati orang, timbul segala pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan, perzinahan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hawa nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan. Semua hal-hal jahat ini timbul dari dalam dan menajiskan orang.”tau ibunya. Dengan demikian firman Allah kamu nyatakan tidak berlaku demi adat istiadat yang kamu ikuti itu. Dan banyak hal lain seperti itu yang kamu lakukan.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Hati adalah harta yang paling berharga daam diri manusia, sangat sering hati menjadi dasar dan alasan setiap orang untuk melakukan apa yang di katakan oleh hati kita. Isi hati kita tergantung dari apa yang kita serap kalau kita menyerap segala yang baik, maka kata hati pun bisa mengikuti hal yang baik. Tetapi jika isi hati adalah keuruan dan kecemburuan, kata hati mampu membuat kita menjadi lupa diri dan juga lupa akan sesama kita.

Injil renugan harian katolik hari ini, Yesus mengajarkan kepada murid-Nya juga kepada kita bahwa hati itu menjadi inti dari keseluruhan diri manusia. pAda dasarnya, hati kita ini merupakan tempat kediaman bagi Roh Allah dalam diri kita masing-masing. Hal ini terlihat saat Yesus menegur orang Farisi yang hanya berfokus pada adat istiadat dan mengabaikan Perintah Allah. Jika kita mengabaikan peruntah Allah, hati kita dapat berubah menajdi pemicu timbulnya pikiran jahat, kesombongan dan lain sebagainya.

Pikiran jahat merupakan kelemahan manusiawi kita dan kita tidak mampu mengatasinya sendirian. Maka dari itu, Yesus mengajak kita untuk menjaga hati kita masing-masing, dengan selalu mendekatkan diri kita kepada hati Yesus yang Kudus.

Doa Renungan Harian Katolik

Tuhan Yesus, bantulah kami dalam menjaga hati kami agar kami memiliki kekuatan untuk mengatasi godaan setan dan hal-hal buruk yang timbul dalam hati, sehingga hati kami menjadi tempat kediaman-Mu selalu. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Rabu, 10 Februari 2021