Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Rabu, 13 Oktober 2021

October 10, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Rabu, 13 Oktober 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Rabu, 13 Oktober 2021

Bacaan Pertama     Roma Bab 2 : ayat 1 – ayat 11

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Roma :

Karena itu, hai manusia, siapapun juga engkau, yang menghakimi orang lain, engkau sendiri tidak bebas dari salah. Sebab, dalam menghakimi orang lain, engkau menghakimi dirimu sendiri, karena engkau yang menghakimi orang lain, melakukan hal-hal yang sama. Tetapi kita tahu, bahwa hukuman Allah berlangsung secara jujur atas mereka yang berbuat demikian. Dan engkau, hai manusia, engkau yang menghakimi mereka yang berbuat demikian, sedangkan engkau sendiri melakukannya juga, adakah engkau sangka, bahwa engkau akan luput dari hukuman Allah? Maukah engkau menganggap sepi kekayaan kemurahan-Nya, kesabaran-Nya dan kelapangan hati-Nya? Tidakkah engkau tahu, bahwa maksud kemurahan Allah ialah menuntun engkau kepada pertobatan? Tetapi oleh kekerasan hatimu yang tidak mau bertobat, engkau menimbun murka atas dirimu sendiri pada hari waktu mana murka dan hukuman Allah yang adil akan dinyatakan. Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya, yaitu hidup kekal kepada mereka yang dengan tekun berbuat baik, mencari kemuliaan, kehormatan dan ketidakbinasaan, tetapi murka dan geram kepada mereka yang mencari kepentingan sendiri, yang tidak taat kepada kebenaran, melainkan taat kepada kelaliman. Penderitaan dan kesesakan akan menimpa setiap orang yang hidup yang berbuat jahat, pertama-tama orang Yahudi dan juga orang Yunani, tetapi kemuliaan, kehormatan dan damai sejahtera akan diperoleh semua orang yang berbuat baik, pertama-tama orang Yahudi, dan juga orang Yunani. Sebab Allah tidak memandang bulu.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Mazmur 62:2-3.6-7.9

Tuhan, Engkau membalas setiap orang menurut perbuatannya

  • Hanya Dialah gunung batuku dan keselamatanku, kota bentengku, aku tidak akan goyah.
    Berapa lamakah kamu hendak menyerbu seseorang, hendak meremukkan dia, hai kamu sekalian, seperti terhadap dinding yang miring, terhadap tembok yang hendak roboh?
  • Hanya Dialah gunung batuku dan keselamatanku, kota bentengku, aku tidak akan goyah.
    Pada Allah ada keselamatanku dan kemuliaanku; gunung batu kekuatanku, tempat perlindunganku ialah Allah.
  • Hanya angin saja orang-orang yang hina, suatu dusta saja orang-orang yang mulia. Pada neraca mereka naik ke atas, mereka sekalian lebih ringan dari pada angin.

 

Bait Pengantar Injil       Yohanes Bab 10 : ayat 27

Domba-domba-Ku mendengar suara-Ku, sabda Tuhan, Aku mengenal mereka dan mereka mengenal Aku

 

Bacaan Injil             Lukas Bab 11 : ayat 42 – ayat 46

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas :

Tetapi celakalah kamu, hai orang-orang Farisi, sebab kamu membayar persepuluhan dari selasih, inggu dan segala jenis sayuran, tetapi kamu mengabaikan keadilan dan kasih Allah. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan. Celakalah kamu, hai orang-orang Farisi, sebab kamu suka duduk di tempat terdepan di rumah ibadat dan suka menerima penghormatan di pasar. Celakalah kamu, sebab kamu sama seperti kubur yang tidak memakai tanda; orang-orang yang berjalan di atasnya, tidak mengetahuinya.” Seorang dari antara ahli-ahli Taurat itu menjawab dan berkata kepada-Nya: “Guru, dengan berkata demikian, Engkau menghina kami juga.” Tetapi Ia menjawab: “Celakalah kamu juga, hai ahli-ahli Taurat, sebab kamu meletakkan beban-beban yang tak terpikul pada orang, tetapi kamu sendiri tidak menyentuh beban itu dengan satu jaripun.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Bacaan Injil pada hari ini seakan-akan ingin bertanya kepada kita seberapa totalitas kita dalam hidup, adalah hal termasuk dalam melayani Tuhan. Pertumbuhan yang total bukan setengah-setengah. Seperti contoh ikut berkomunitas bukan karena trend atau ikut-ikutan teman tetapi niat itu harus berdasarkan tujuan hidup kita sehingga kita sungguh total berinteraksi dalam komunitas.

Apa yang akan terjadi jika kita tidak memiliki totalitas dalam hidup? Tentu akan celaka sama seperti orang Farisi dan juga ahli Taurat, seperti yang dikatakan Yesus dalam Injil hari ini. Kita perlu mengenali diri kita apakah kita mampu melakukan sesuatu dengan total sementara kita punya keterbatasan. Sebetulnya adalah keterbatasan itu bukan merupakan suatu halangan untuk tetap total. Namun kita perlu mengetahui keterbatasan Kita dimana Dan dari situ kita tidak akan serakah dalam mengambil banyak tanggung jawab.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Yesus bantulah kami agar kami mampu semakin mengenali diri kami sendiri, mulai dari kemampuan Kami sampai dengan keterbatasan kami sehingga kami memiliki totalitas hidup dan sungguh mampu melayani engkau. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Rabu, 13 Oktober 2021