Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Rabu, 19 Mei 2021

May 16, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Rabu, 19 Mei 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Rabu, 19 Mei 2021

Bacaan Pertama      Kisah Para Rasul Bab 20 : ayat 28 – ayat 38

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Kisah Para Rasul.

Karena itu jagalah dirimu dan jagalah seluruh kawanan, karena kamulah yang ditetapkan Roh Kudus menjadi penilik untuk menggembalakan jemaat Allah yang diperoleh-Nya dengan darah Anak-Nya sendiri. Aku tahu, bahwa sesudah aku pergi, serigala-serigala yang ganas akan masuk ke tengah-tengah kamu dan tidak akan menyayangkan kawanan itu. Bahkan dari antara kamu sendiri akan muncul beberapa orang, yang dengan ajaran palsu mereka berusaha menarik murid-murid dari jalan yang benar dan supaya mengikut mereka. Sebab itu berjaga-jagalah dan ingatlah, bahwa aku tiga tahun lamanya, siang malam, dengan tiada berhenti-hentinya menasihati kamu masing-masing dengan mencucurkan air mata. Dan sekarang aku menyerahkan kamu kepada Tuhan dan kepada firman kasih karunia-Nya, yang berkuasa membangun kamu dan menganugerahkan kepada kamu bagian yang ditentukan bagi semua orang yang telah dikuduskan-Nya. Perak atau emas atau pakaian tidak pernah aku ingini dari siapapun juga. Kamu sendiri tahu, bahwa dengan tanganku sendiri aku telah bekerja untuk memenuhi keperluanku dan keperluan kawan-kawan seperjalananku. Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima.” Sesudah mengucapkan kata-kata itu Paulus berlutut dan berdoa bersama-sama dengan mereka semua. Maka menangislah mereka semua tersedu-sedu dan sambil memeluk Paulus, mereka berulang-ulang mencium dia. Mereka sangat berdukacita, terlebih-lebih karena ia katakan, bahwa mereka tidak akan melihat mukanya lagi. Lalu mereka mengantar dia ke kapal.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Mazmur 68:29-30.33-35a.35b-36c

Hai kerajaan-lerajaan bumi, menyanyilah bagi Allah.

  • Kerahkanlah kekuatan-Mu, ya Allah, tunjukanlah kekuatan-Mu, ya Allah,
    Engkau yang telah bertindak bagi kami.
    Demi bait-Mu di Yerusalem, raja-raja menyampaikan persembahan kepada-Mu.
  • Hai kerajaan-kerajaan bumi, menyanyilah bagi Allah, bermazmurlah bagi Tuhan
    bagi Dia yang berkendaraan melintasi langit purbakala. Perhatikanlah, Ia memperdengarkan suara-Nya, suara-Nya yang dahsyat!
    Akuilah kekuasaan Allah;
  • kemegahan-Nya ada di atas Israel, kekuasaan-Nya di dalam awan-awan.
    Terpujilah Allah!

 

Bait Pengantar Injil         Yohanes Bab 17 : ayat 17b.a

Firman-Mu, ya Tuhan, adlah kebenaran. Kuduskanlah kami dalam kebenaran.

 

Bacaan Injil              Yohanes Bab 17 : ayat 11b – ayat 19

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes:

Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita. Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci. Tetapi sekarang, Aku datang kepada-Mu dan Aku mengatakan semuanya ini sementara Aku masih ada di dalam dunia, supaya penuhlah sukacita-Ku di dalam diri mereka. Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka dan dunia membenci mereka, karena mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat. Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran. Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia; dan Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka, supaya merekapun dikuduskan dalam kebenaran.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Sabda Tuhan berkuasa untuk membangun dan menyelamatkan melalui pengudusan. Paus Fransiskus menyatakan bahwa Kitab Suci, bagi mereka yang mendengarkanya, menunjukan jalan yang perlu diikuti untuk mencapai kesatuan yang otentik dan kokoh. Sangat penting bagi umat beriman untuk membangun relasi yang mendalam dengan Tuhan melaui kitab suci. Tanpa Tuhan yang membuka pikiran kita, tidak mungkin kita memahami kitab suci secara mendalam. Itulah mengaoa Santo Hieronimus emngatakan “Tidak mengenal kitab suci berarti tidak mengenal Kristus”.

 

Tuhan Yesus Kristus adalah Sabda yang menjadi manusia. Maka, perlu membangun relasi yang erat dengan Sang Sabda. Tidak sekedar membaca kitab suci, tapi juga berdoa dan menghidupi Sanda-Nya. Sehingga kita yang sebagai anggota tubuh-Nya dapa dipersatukan dalam satu iman dan satu babtisan sehingga dapat bersatu secara utuh dengan Dia, Sang kepala. Sabda Allah, Sang Gembala baik yang menyatukan umat beriman dan menjadikannya mereka semua satu kawanan.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Tuhan Yesus, kami berdoa untuk persatuan umat kristiani yang ada di seluruh Dunia, eratkanlah kami selalu dengan iman kami yang kami perolah selama ini. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Rabu, 19 Mei 2021