Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Rabu, 5 Mei 2021

May 3, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Rabu, 5 Mei 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Rabu, 5 Mei 2021

Bacaan Pertama      Kisah Para Rasul Bab 15 : ayat 1 – ayat 6

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Surat pertama Rasul Paulus kepada Jemaat di Korintus :

Beberapa orang datang dari Yudea ke Antiokhia dan mengajarkan kepada saudara-saudara di situ: “Jikalau kamu tidak disunat menurut adat istiadat yang diwariskan oleh Musa, kamu tidak dapat diselamatkan.” Tetapi Paulus dan Barnabas dengan keras melawan dan membantah pendapat mereka itu. Akhirnya ditetapkan, supaya Paulus dan Barnabas serta beberapa orang lain dari jemaat itu pergi kepada rasul-rasul dan penatua-penatua di Yerusalem untuk membicarakan soal itu. Mereka diantarkan oleh jemaat sampai ke luar kota, lalu mereka berjalan melalui Fenisia dan Samaria, dan di tempat-tempat itu mereka menceriterakan tentang pertobatan orang-orang yang tidak mengenal Allah. Hal itu sangat menggembirakan hati saudara-saudara di situ. Setibanya di Yerusalem mereka disambut oleh jemaat dan oleh rasul-rasul dan penatua-penatua, lalu mereka menceriterakan segala sesuatu yang Allah lakukan dengan perantaraan mereka. Tetapi beberapa orang dari golongan Farisi, yang telah menjadi percaya, datang dan berkata: “Orang-orang bukan Yah Maka bersidanglah rasul-rasul dan penatua-penatua untuk membicarakan soal itu.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 122:1-2.3-4a.4b-5

Mari kita pergi kerumah Tuhan dengan sukacita!

  • Nyanyian ziarah Daud. Aku bersukacita, ketika dikatakan orang kepadaku: “Mari kita pergi ke rumah TUHAN.”
    Sekarang kaki kami berdiri di pintu gerbangmu, hai Yerusalem.
  • Hai Yerusalem, yang telah didirikan sebagai kota yang bersambung rapat,
    ke mana suku-suku berziarah, yakni suku-suku TUHAN,
  • untuk bersyukur kepada nama TUHAN sesuai dengan peraturan bagi Israel.
    Sebab di sanalah ditaruh kursi-kursi pengadilan, kursi-kursi milik keluarga raja Daud.

 

Bait Pengantar Injil         Yohanes Bab 15 : ayat 4a. ayat 5b

Tinggallah di dalam Aku, dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak.

 

Bacaan Injil              Yohanes Bab 15 : ayat 1 –  ayat 8

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes:

“Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya. Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah. Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu. Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku. Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar. Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Melalui bacaan injil pada hari ini, Yesus mengajak kita untuk selalu berpegang teguh pada ajaran Kristus. Than Yesus merupakan Pokok Anggur yang benar.

Siapapun yang percaya dan selalu berpegang teguh kepada Tuhan, akan menerima berkat-Nya. Hanya dengan terus berdoa dan berharap kepada Tuhan, bukan berarti Tuhan akan selalu mengabulkan permohonan kita. Kita juga tetap harus berusaha akan keinginan kita. Ora et Labora. Berdoa dan bekerja.

Kita tidak bisa hanya bekerja dan bekerja terus tanpa memperdulikan rohani kita. Begitu juga sebaliknya. Jika kita hanya berdoa dan memohon kepada Tuhan tanpa bekerja juga merupakan hal yang sia-sia. Sama seperti perkataan Santo Yakobus “Iman tanpa perbuatan, adalah mati,”

Bulam Mei juga merupakan bulan Maria juga memberikan teladan untuk orang beriman. Ia yang berdoa kepada Bapa ketika mendapat kabar dari malaikat Gabriel “jadilah padaku menurut perkataanMu”. Ia menyerahkan segalanya agar terjadi seturut kehendak Bapa. Bunda Maria selalu menunjukan kasih sayangnya dan membesarkan Yesus.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Tuhan Yesus, anak dari Bunda Maria, kami mohon rahmat-Mu untuk mengimani Tuhan Yesus selalu. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Rabu, 5 Mei 2021