Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Sabtu, 24 April 2021

April 21, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Sabtu, 24 April 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Sabtu, 24 April 2021

Bacaan Pertama      Kisah Para Rasul Bab 9 : ayat 31 – ayat 42

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Kisah Para Rasul :

Selama beberapa waktu jemaat di seluruh Yudea, Galilea dan Samaria berada dalam keadaan damai. Jemaat itu dibangun dan hidup dalam takut akan Tuhan. Jumlahnya makin bertambah besar oleh pertolongan dan penghiburan Roh Kudus. Pada waktu itu Petrus berjalan keliling, mengadakan kunjungan ke mana-mana. Dalam perjalanan itu ia singgah juga kepada orang-orang kudus yang di Lida. Di situ didapatinya seorang bernama Eneas, yang telah delapan tahun terbaring di tempat tidur karena lumpuh. Kata Petrus kepadanya: “Eneas, Yesus Kristus menyembuhkan engkau; bangunlah dan bereskanlah tempat tidurmu!” Seketika itu juga bangunlah orang itu. Semua penduduk Lida dan Saron melihat dia, lalu mereka berbalik kepada Tuhan. Di Yope ada seorang murid perempuan bernama Tabita?dalam bahasa Yunani Dorkas. Perempuan itu banyak sekali berbuat baik dan memberi sedekah. Tetapi pada waktu itu ia sakit lalu meninggal. Dan setelah dimandikan, mayatnya dibaringkan di ruang atas. Lida dekat dengan Yope. Ketika murid-murid mendengar, bahwa Petrus ada di Lida, mereka menyuruh dua orang kepadanya dengan permintaan: “Segeralah datang ke tempat kami.” Maka berkemaslah Petrus dan berangkat bersama-sama dengan mereka. Setelah sampai di sana, ia dibawa ke ruang atas dan semua janda datang berdiri dekatnya dan sambil menangis mereka menunjukkan kepadanya semua baju dan pakaian, yang dibuat Dorkas waktu ia masih hidup. Tetapi Petrus menyuruh mereka semua keluar, lalu ia berlutut dan berdoa. Kemudian ia berpaling ke mayat itu dan berkata: “Tabita, bangkitlah!” Lalu Tabita membuka matanya dan ketika melihat Petrus, ia bangun lalu duduk. Petrus memegang tangannya dan membantu dia berdiri. Kemudian ia memanggil orang-orang kudus beserta janda-janda, lalu menunjukkan kepada mereka, bahwa perempuan itu hidup. Peristiwa itu tersiar di seluruh Yope dan banyak orang menjadi percaya kepada Tuhan.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 116:12-13.14-15.16-17

Bagaimana akan kubalas kepada Tuhan segala kebajikan-Nya kepadaku?

  • Bagaimana akan kubalas kepada TUHAN segala kebajikan-Nya kepadaku?
    Aku akan mengangkat piala keselamatan, dan akan menyerukan nama TUHAN,
  • akan membayar nazarku kepada TUHAN di depan seluruh umat-Nya.
    Berharga di mata TUHAN kematian semua orang yang dikasihi-Nya.
  • Ya TUHAN, aku hamba-Mu! Aku hamba-Mu, anak dari hamba-Mu perempuan! Engkau telah membuka ikatan-ikatanku!
    Aku akan mempersembahkan korban syukur kepada-Mu, dan akan menyerukan nama TUHAN,

 

Bait Pengantar Injil       Yohanes Bab 6 : ayat 63b.68b

Perkataan-perkataan-Mu adalah roh dan hidup. Perkataan-Mu adalah perkataan hidup yang kekal.

 

Bacaan Injil              Yohanes Bab 6 : ayat 60 – ayat 69

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes :

Sesudah mendengar semuanya itu banyak dari murid-murid Yesus yang berkata: “Perkataan ini keras, siapakah yang sanggup mendengarkannya?” Yesus yang di dalam hati-Nya tahu, bahwa murid-murid-Nya bersungut-sungut tentang hal itu, berkata kepada mereka: “Adakah perkataan itu menggoncangkan imanmu? Dan bagaimanakah, jikalau kamu melihat Anak Manusia naik ke tempat di mana Ia sebelumnya berada? Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup. Tetapi di antaramu ada yang tidak percaya.” Sebab Yesus tahu dari semula, siapa yang tidak percaya dan siapa yang akan menyerahkan Dia. Lalu Ia berkata: “Sebab itu telah Kukatakan kepadamu: Tidak ada seorangpun dapat datang kepada-Ku, kalau Bapa tidak mengaruniakannya kepadanya.” Mulai dari waktu itu banyak murid-murid-Nya mengundurkan diri dan tidak lagi mengikut Dia. Maka kata Yesus kepada kedua belas murid-Nya: “Apakah kamu tidak mau pergi juga?” Jawab Simon Petrus kepada-Nya: “Tuhan, kepada siapakah kami akan pergi? Perkataan-Mu adalah perkataan hidup yang kekal; dan kami telah percaya dan tahu, bahwa Engkau adalah Yang Kudus dari Allah.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Kita selama menjadi umat katolik tentu masih memilih sesuatu yang bagus-bagus saja, iman dan ajaran Gereja katolik yang keras cenderung kita abaikan, sementara ajaran Gereja Katolik yang bunyinya merdu dan senada dengan selera dunia, kita banggakan terus menerus.

Jika kita masih seperti itu kita sama saja seperti orang Yahudi pada bacaan injil hari ini, yang awalnya tertarik menjadi murid Yesus, karena melihat kuasa dan popularitasnya, tetapi pergi setelah kaget mendengar sabda Yesus yang katanya kalau Tubuh Yesus adalah benar-benar makanan dan darah-Nya adalah benar-benar minuman. Bagi orang Yahudi ajaran ini aneh, dan mereka langsung menggerutu dan kecewa pada Yesus.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Tuhan Yesus, kami ingin terus setia kepada-Mu sampai kapanpun, kuatkan kami selalu ya Tuhan. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Sabtu, 24 April 2021