Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Selasa, 17 Agustus 2021

August 16, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Selasa, 17 Agustus 2021

Hari Kemerdekaan Repunlik Indonesia

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Selasa, 17 Agustus 2021

Bacaan Pertama     Sirakh Bab 10 : ayat 11 – ayat 19

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Kitab Putera Sirakh :

Pemerintah yang bijak mempertahankan ketertiban pada rakyatnya, dan pemerintahan orang arif adalah teratur. Seperti penguasa bangsa demikianpun para pegawainya, dan seperti pemerintah kota demikian pula semua penduduknya. Raja yang tidak terdidik membinasakan rakyatnya, tetapi sebuah kota sejahtera berkat kearifan para pembesarnya. Di dalam tangan Tuhan terletak kuasa atas bumi, an pada waktunya la mengangkat orang yang serasi atasnya. Di dalam tangan Tiihanlah terletak kemujuran seorang manusia, dan kepada para pejabat dikaruniakan oleh-Nya martabatnya. Hendaklah engkau tidak pernah menaruh benci kepada sesamamu apapun juga kesalahannya, dan jangan berbuat apa-apa terpengaruh oleh nafsu. Kecongkakan dibenci oleh Tuhan maupun oleh manusia, dan bagi kedua-duanya kelaliman adalah salah. Pemerintahan beralih dari bangsa yang satu kepada bangsa yang lain akibat kelaliman, kekerasan dan uang.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Mazmur  101:1a.2ac.3a.6-7

Kamu dipanggil untuk kemerdekaan, maka abadilah satu sama lain dalam cinta kasih.

  • Aku hendak menyanyikan kasih setia dan hukum, aku hendak bermazmur bagi-Mu, ya TUHAN.
  • Aku hendak memperhatikan hidup yang tidak bercela: Bilakah Engkau datang kepadaku? Aku hendak hidup dalam ketulusan hatiku di dalam rumahku.
  • Tiada kutaruh di depan mataku perkara dursila; perbuatan murtad aku benci, itu takkan melekat padaku.
  • Mataku tertuju kepada orang-orang yang setiawan di negeri, supaya mereka diam bersama-sama dengan aku. Orang yang hidup dengan cara yang tak bercela, akan melayani aku.
    Orang yang melakukan tipu daya tidak akan diam di dalam rumahku, orang yang berbicara dusta tidak akan tegak di depan mataku.

 

Bacaan Kedua     1 Petrus Bab 2 : ayat 13 – ayat 17

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Petrus :

Tunduklah, karena Allah, kepada semua lembaga manusia, baik kepada raja sebagai pemegang kekuasaan yang tertinggi, maupun kepada wali-wali yang diutusnya untuk menghukum orang-orang yang berbuat jahat dan menghormati orang-orang yang berbuat baik. Sebab inilah kehendak Allah, yaitu supaya dengan berbuat baik kamu membungkamkan kepicikan orang-orang yang bodoh. Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai hamba Allah. Hormatilah semua orang, kasihilah saudara-saudaramu, takutlah akan Allah, hormatilah raja!

Demikianlah sabda Tuhan.

 

Bait Pengantar Injil          Matius Bab 22 : ayat 21

Berikanlah kepada kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar, dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah.

 

Bacaan Injil              Matius Bab 22 : ayat 15 –  ayat 21

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius :

Ada seorang datang kepada Yesus, dan berkata: “Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?” Jawab Yesus: “Apakah sebabnya engkau bertanya kepada-Ku tentang apa yang baik? Hanya Satu yang baik. Tetapi jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilah segala perintah Allah.” Kata orang itu kepada-Nya: “Perintah yang mana?” Kata Yesus: “Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta, hormatilah ayahmu dan ibumu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.” Kata orang muda itu kepada-Nya: “Semuanya itu telah kuturuti, apa lagi yang masih kurang?” Kata Yesus kepadanya: “Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku.” Ketika orang muda itu mendengar perkataan itu, pergilah ia dengan sedih, sebab banyak hartanya.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Jika di antara kita ada yang pernah menjadi pemimpin untuk mengatur anggota-anggotanya yang memiliki sifat yang berbeda-beda, pasti sudah sangat Paham bagaimana susahnya mengatur orang sebanyak ini. Ada yang patuh ada yang juga ingin menang sendiri.

Seperti halnya Nila setitik rusak susu sebelanga, kenapa kita tidak mencoba untuk seperti yesus yang mengorbankan dirinya sendiri untuk menebus dosa manusia? Mari kita benahi diri sendiri, merdeka niat dan hati kita, sebelum kita menyalahkan orang lain. Seperti kutipan pada bacaan pertama hari ini, pemegang pemerintah pun sudah dipilih oleh Tuhan sendiri. Jadi, kita pun harus menghormati.

Tuhan Yesus, jadikanlah kami manusia yang mampu mengintropeksi diri dengan baik. Terangkanlah diri kami pribadi terlebih dahulu untuk berkontribusi untuk negara. Amin.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Ya Bapa Semoga kami mampu untuk belajar setia dan selalu berkata YA dalam setiap rencanamu. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Selasa, 17 Agustus 2021