Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Selasa, 20 Juli 2021

July 18, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Selasa, 20 Juli 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Selasa, 20 Juli 2021

Bacaan Pertama      Keluaran Bab 14 : ayat 21 – Bab 15 : ayat 1

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Kitab Keluaran :

Lalu Musa mengulurkan tangannya ke atas laut, dan semalam-malaman itu TUHAN menguakkan air laut dengan perantaraan angin timur yang keras, membuat laut itu menjadi tanah kering; maka terbelahlah air itu. Demikianlah orang Israel berjalan dari tengah-tengah laut di tempat kering; sedang di kiri dan di kanan mereka air itu sebagai tembok bagi mereka. Orang Mesir mengejar dan menyusul mereka?segala kuda Firaun, keretanya dan orangnya yang berkuda?sampai ke tengah-tengah laut. Dan pada waktu jaga pagi, TUHAN yang di dalam tiang api dan awan itu memandang kepada tentara orang Mesir, lalu dikacaukan-Nya tentara orang Mesir itu. Ia membuat roda keretanya berjalan miring dan maju dengan berat, sehingga orang Mesir berkata: “Marilah kita lari meninggalkan orang Israel, sebab Tuhanlah yang berperang untuk mereka melawan Mesir.” Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Ulurkanlah tanganmu ke atas laut, supaya air berbalik meliputi orang Mesir, meliputi kereta mereka dan orang mereka yang berkuda.” Musa mengulurkan tangannya ke atas laut, maka menjelang pagi berbaliklah air laut ke tempatnya, sedang orang Mesir lari menuju air itu; demikianlah TUHAN mencampakkan orang Mesir ke tengah-tengah laut. Berbaliklah segala air itu, lalu menutupi kereta dan orang berkuda dari seluruh pasukan Firaun, yang telah menyusul orang Israel itu ke laut; seorangpun tidak ada yang tinggal dari mereka. Tetapi orang Israel berjalan di tempat kering dari tengah-tengah laut, sedang di kiri dan di kanan mereka air itu sebagai tembok bagi mereka. Demikianlah pada hari itu TUHAN menyelamatkan orang Israel dari tangan orang Mesir. Dan orang Israel melihat orang Mesir mati terhantar di pantai laut. Ketika dilihat oleh orang Israel, betapa besarnya perbuatan yang dilakukan TUHAN terhadap orang Mesir, maka takutlah bangsa itu kepada TUHAN dan mereka percaya kepada TUHAN dan kepada Musa, hamba-Nya itu.
Pada waktu itu Musa bersama-sama dengan orang Israel menyanyikan nyanyian ini bagi TUHAN yang berbunyi: “Baiklah aku menyanyi bagi TUHAN, sebab Ia tinggi luhur, kuda dan penunggangnya dilemparkan-Nya ke dalam laut.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Mazmur 15:8-9.10.12.17

Baiklah aku menyanyi bagi Tuhan, sebab Ia tinggi luhur.

  • Karena nafas hidung-Mu segala air naik bertimbun-timbun; segala aliran berdiri tegak seperti bendungan; air bah membeku di tengah-tengah laut.
    Kata musuh: Aku akan mengejar, akan mencapai mereka, akan membagi-bagi jarahan; nafsuku akan kulampiaskan kepada mereka, akan kuhunus pedangku; tanganku akan melenyapkan mereka!
  • Tetapi Engkau meniup dengan taufan-Mu, lautpun menutupi mereka; sebagai timah mereka tenggelam dalam air yang hebat.
    Engkau mengulurkan tangan kanan-Mu; bumipun menelan mereka.
  • Engkau membawa mereka dan Kaucangkokkan mereka di atas gunung milik-Mu sendiri; di tempat yang telah Kaubuat kediaman-Mu, ya TUHAN; di tempat kudus, yang didirikan tangan-Mu, ya TUHAN.

 

Bait Pengantar Injil          Yohanes Bab 14 : ayat 23

Barangsiapa mengasihi Aku, ia akan menanti sabda-Ku. Bapa-Ku akan mengasihi dia, dan kami akan datang kepadanya

 

Bacaan Injil              Matius Bab 12 : ayat 46 –  ayat 50

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius :

Ketika Yesus masih berbicara dengan orang banyak itu, ibu-Nya dan saudara-saudara-Nya berdiri di luar dan berusaha menemui Dia. Maka seorang berkata kepada-Nya: “Lihatlah, ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan berusaha menemui Engkau.” Tetapi jawab Yesus kepada orang yang menyampaikan berita itu kepada-Nya: “Siapa ibu-Ku? Dan siapa saudara-saudara-Ku?” Lalu kata-Nya, sambil menunjuk ke arah murid-murid-Nya: “Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku! Sebab siapapun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Bagi kita umat Katolik, semua orang yang memiliki kehendak baik, yang melakukan perbuatan baik dan melaksanakan kehendak Tuhan dialah saudara kita. Maka menjadi orang Katolik itu sungguh luar biasa. Kita perlu bersyukur dan bangga, bahwa kita mempunyai Tuhan yang mengajarkan kepada kita bahwa siapapun dia, selama ia memiliki kehendak dan niat yang baik dia merupakan saudara kita semua. Karena pada dasarnya kita dipersatukan oleh iman, ajaran dan harapan yang sama.

Marilah kita mewujudkan harapan Tuhan untuk menjadi orang yang selalu melaksanakan kehendak Bapa dalam sikap hidup kita, supaya kita pun juga menjadi saudara bagi yang lain. Jadilah berkat Bagi saudara yang berada di sekitar lingkungan hidup kita.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Tuhan Yesus terima kasih karena Engkau telah dekatkan kami dengan orang-orang baik, semoga kami dapat berbagi kebaikan kepada siapapun. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

Related For Renungan Harian Katolik Selasa, 20 Juli 2021