Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Selasa, 31 Agustus 2021

August 28, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Selasa, 31 Agustus 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Selasa, 31 Agustus 2021

Bacaan Pertama     1 Tesalonika Bab 5 : ayat 1 – ayat 6. ayat 9 – ayat 11

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus Kepada Jemaat di Tesalonika :

Tetapi tentang zaman dan masa, saudara-saudara, tidak perlu dituliskan kepadamu, karena kamu sendiri tahu benar-benar, bahwa hari Tuhan datang seperti pencuri pada malam. Apabila mereka mengatakan: Semuanya damai dan aman?maka tiba-tiba mereka ditimpa oleh kebinasaan, seperti seorang perempuan yang hamil ditimpa oleh sakit bersalin?mereka pasti tidak akan luput. Tetapi kamu, saudara-saudara, kamu tidak hidup di dalam kegelapan, sehingga hari itu tiba-tiba mendatangi kamu seperti pencuri, karena kamu semua adalah anak-anak terang dan anak-anak siang. Kita bukanlah orang-orang malam atau orang-orang kegelapan. Sebab itu baiklah jangan kita tidur seperti orang-orang lain, tetapi berjaga-jaga dan sadar.
Karena Allah tidak menetapkan kita untuk ditimpa murka, tetapi untuk beroleh keselamatan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, yang sudah mati untuk kita, supaya entah kita berjaga-jaga, entah kita tidur, kita hidup bersama-sama dengan Dia. Karena itu nasihatilah seorang akan yang lain dan saling membangunlah kamu seperti yang memang kamu lakukan.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Mazmur  27:1.4.13-14

Aku percaya akan melhat kebaikan Tuhan di negeri orang hidup

  • TUHAN adalah terangku dan keselamatanku, kepada siapakah aku harus takut? TUHAN adalah benteng hidupku, terhadap siapakah aku harus gemetar?
  • Satu hal telah kuminta kepada TUHAN, itulah yang kuingini: diam di rumah TUHAN seumur hidupku, menyaksikan kemurahan TUHAN dan menikmati bait-Nya.
  • Sesungguhnya, aku percaya akan melihat kebaikan TUHAN di negeri orang-orang yang hidup!
    Nantikanlah TUHAN! Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu! Ya, nantikanlah TUHAN!

 

Bait Pengantar Injil         Lukas Bab 7 : ayat 16

Seorang nabi besar telah muncul di tengah kita, dan Allah mengunjungi umat-Nya

 

Bacaan Injil             Lukas Bab 4 : ayat 31 – ayat 37

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas :

Kemudian Yesus pergi ke Kapernaum, sebuah kota di Galilea, lalu mengajar di situ pada hari-hari Sabat. Mereka takjub mendengar pengajaran-Nya, sebab perkataan-Nya penuh kuasa. Di dalam rumah ibadat itu ada seorang yang kerasukan setan dan ia berteriak dengan suara keras: “Hai Engkau, Yesus orang Nazaret, apa urusan-Mu dengan kami? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah.” Tetapi Yesus menghardiknya, kata-Nya: “Diam, keluarlah dari padanya!” Dan setan itupun menghempaskan orang itu ke tengah-tengah orang banyak, lalu keluar dari padanya dan sama sekali tidak menyakitinya. Dan semua orang takjub, lalu berkata seorang kepada yang lain, katanya: “Alangkah hebatnya perkataan ini! Sebab dengan penuh wibawa dan kuasa Ia memberi perintah kepada roh-roh jahat dan merekapun keluar.” Dan tersebarlah berita tentang Dia ke mana-mana di daerah itu.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Pada hari ini Yesus dengan kuasanya membentak setan yang merasuki seseorang saat ia mengajar di kapernaum. Setan mengakui itu yang kudus dari Allah dan akhirnya takluk lalu keluar dari tubuh seseorang tersebut.

Bacaan Injil hari ini, yesus yang hadir dalam diri kita pun ingin terus berusaha untuk menghardik segala setan yang ada dalam diri kita. Salah satu setan yang ada dalam diri kita adalah kemalasan, iri hati, kebencian dan teman-temannya yang lain yang bisa membuat kita jauh dari Tuhan, sesama dan juga membuat kita sulit berkembang. Seberapa jauh kita mau berjuang dan membiarkan kuasa Tuhan bekerja dalam diri kita sehingga kita bisa dengan perlahan-lahan melepaskan semuanya itu walaupun harus Jatuh Bangun. Memang tidak mudah tetapi kita harus mampu untuk terus berusaha.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Yesus, kami mohon rahmatmu agar kami dari waktu ke waktu semakin dimampukan untuk mengusir setan yang ada dalam diri kami masing-masing, sehingga kami pun mampu semakin bertumbuh dan berbuah berkat dalam Tuhan. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Selasa, 31 Agustus 2021