Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Senin, 10 Mei 2021

May 10, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Senin, 10 Mei 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Senin, 10 Mei 2021

Bacaan Pertama      Kisah Para Rasul Bab 16 : ayat 11 – ayat 15

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Kisah Para Rasul.

Lalu kami bertolak dari Troas dan langsung berlayar ke Samotrake, dan keesokan harinya tibalah kami di Neapolis; dari situ kami ke Filipi, kota pertama di bagian Makedonia ini, suatu kota perantauan orang Roma. Di kota itu kami tinggal beberapa hari. Pada hari Sabat kami ke luar pintu gerbang kota. Kami menyusur tepi sungai dan menemukan tempat sembahyang Yahudi, yang sudah kami duga ada di situ; setelah duduk, kami berbicara kepada perempuan-perempuan yang ada berkumpul di situ. Seorang dari perempuan-perempuan itu yang bernama Lidia turut mendengarkan. Ia seorang penjual kain ungu dari kota Tiatira, yang beribadah kepada Allah. Tuhan membuka hatinya, sehingga ia memperhatikan apa yang dikatakan oleh Paulus. Sesudah ia dibaptis bersama-sama dengan seisi rumahnya, ia mengajak kami, katanya: “Jika kamu berpendapat, bahwa aku sungguh-sungguh percaya kepada Tuhan, marilah menumpang di rumahku.” Ia mendesak sampai kami menerimanya.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 149:1-2.3-4.5-6a.9b

Tuhan berkenan kepada umat-Nya

  • Haleluya! Nyanyikanlah bagi TUHAN nyanyian baru! Pujilah Dia dalam jemaah orang-orang saleh.
    Biarlah Israel bersukacita atas Yang menjadikannya, biarlah bani Sion bersorak-sorak atas raja mereka!
  • Biarlah mereka memuji-muji nama-Nya dengan tari-tarian, biarlah mereka bermazmur kepada-Nya dengan rebana dan kecapi!
    Sebab TUHAN berkenan kepada umat-Nya, Ia memahkotai orang-orang yang rendah hati dengan keselamatan.
  • Biarlah orang-orang saleh beria-ria dalam kemuliaan, biarlah mereka bersorak-sorai di atas tempat tidur mereka!
    Biarlah pujian pengagungan Allah ada dalam kerongkongan mereka, dan pedang bermata dua di tangan mereka,
  • untuk melaksanakan terhadap mereka hukuman seperti yang tertulis. Itulah semarak bagi semua orang yang dikasihi-Nya. Haleluya!

 

Bait Pengantar Injil         Yohanes Bab 15 : ayat 26b.27b

Roh kebenaran akan bersaksi tentang Aku, sabda Tuhan; tetapi kamu juga harus bersaksi.

 

Bacaan Injil              Yohanes Bab 15 : ayat 26 –  Bab 16 : ayat 4a

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes:

Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku.” “Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku. Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah. Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku. Tetapi semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya kamu ingat, bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu.” (16-4b) “Hal ini tidak Kukatakan kepadamu dari semula, karena selama ini Aku masih bersama-sama dengan kamu,

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Pada bacaan Injil hari ini, sebelum Yesus berpisah dengan murid-murid-Nya dia berkata kepada meraka supaya mereka berani bersaksi tentang Bapa dan Yesus sendiri. Mungkin kita memang harus banyak berkorban jika kita bersaksi tentang Kerajaan Allah, sama seperti para rasul yang berkorban nyawa karena iman mereka. Seperti yang dikatakan Yesus kepada Para rasul, bahwa Penghibur yang diutus oleh Yesus, yaitu Roh kebenaran yang berasal dari Bapa yang akan berbaksi tentang Yesus. Maka kita perlu berani untuk mewartakan dan bersaksi tentang sabda-Nya sebagai tanda bukti iman kita kepada Dia.

Perkataan Yesus tersebut disampaikan supaya di dalam hati kita tidak ada kekecewaan dan menolak kehadiran Yesus dalam hidup kita. Mereka yang mengolok, mengucilkan dan menjelekan kita karena kesaksian kita, sebenarnya karena mereka tidak mengenal Bapa maupun yesus/ tetapi sekali lagi Yesus telah mengatakan bahwa Roh Kebenaran juga telah memberikan kesaksian-Nya, maka ketakutan kita pun akan pudar, supaya kita mampu bersaksi tentang Yesus.

Menjadi pewarta memang tidak mudah, tetapi muailah dalam kehidupan sehari-hari, dalam setiap kegiatan kita selalu melibatkan Tuhan di dalamnya. lakukan hal-hal baik yang sederhana yang sudah dilakukan Yesus kepada sesama-Nya, sebagai contoh dari diri kita. Maka kita sedikit demi sedikit sudah bersaksi tentang Dia dalam kehidupan kita.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Ya Bapa, berikan kami kekuatan agar mampu bersaksi tentang-Mu walau mengalami penolakan, berikan kami semangat selalu. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Senin, 10 Mei 2021