Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Rabu, 28 April 2021

April 24, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Rabu, 28 April 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Rabu, 28 April 2021

Bacaan Pertama      Kisah Para Rasul Bab 12 : ayat 24 – Bab 13 : ayat 5a

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Kisah Para Rasul :

Maka firman Tuhan makin tersebar dan makin banyak didengar orang. Barnabas dan Saulus kembali dari Yerusalem, setelah mereka menyelesaikan tugas pelayanan mereka. Mereka membawa Yohanes, yang disebut juga Markus. Pada waktu itu dalam jemaat di Antiokhia ada beberapa nabi dan pengajar, yaitu: Barnabas dan Simeon yang disebut Niger, dan Lukius orang Kirene, dan Menahem yang diasuh bersama dengan raja wilayah Herodes, dan Saulus. Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: “Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka.” Maka berpuasa dan berdoalah mereka, dan setelah meletakkan tangan ke atas kedua orang itu, mereka membiarkan keduanya pergi. Oleh karena disuruh Roh Kudus, Barnabas dan Saulus berangkat ke Seleukia, dan dari situ mereka berlayar ke Siprus. Setiba di Salamis mereka memberitakan firman Allah di dalam rumah-rumah ibadat orang Yahudi. Dan Yohanes menyertai mereka sebagai pembantu mereka.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 67:2-3.5.6.8

Kiranya bangsa-bangsa bersyukur kepada-Mu ya Tuhan; kiranya bangsa-bangsa semuanya bersyukur kepada-Mu

  • supaya jalan-Mu dikenal di bumi, dan keselamatan-Mu di antara segala bangsa.
    Kiranya bangsa-bangsa bersyukur kepada-Mu, ya Allah; kiranya bangsa-bangsa semuanya bersyukur kepada-Mu.
  • Kiranya bangsa-bangsa bersyukur kepada-Mu, ya Allah, kiranya bangsa-bangsa semuanya bersyukur kepada-Mu.
  • Tanah telah memberi hasilnya; Allah, Allah kita, memberkati kita.

 

Bait Pengantar Injil         Yohanes Bab 8 : ayat 12b

Akulah terang dunia, sabda Tuhan, barang siapa mengikut Aku, ia akan mempunyai terang hidup.

 

Bacaan Injil              Yohanes Bab 12 : ayat 44 –  ayat 50

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes:

Tetapi Yesus berseru kata-Nya: “Barangsiapa percaya kepada-Ku, ia bukan percaya kepada-Ku, tetapi kepada Dia, yang telah mengutus Aku; dan barangsiapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang telah mengutus Aku. Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan. Dan jikalau seorang mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya, Aku tidak menjadi hakimnya, sebab Aku datang bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya. Barangsiapa menolak Aku, dan tidak menerima perkataan-Ku, ia sudah ada hakimnya, yaitu firman yang telah Kukatakan, itulah yang akan menjadi hakimnya pada akhir zaman. Sebab Aku berkata-kata bukan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang mengutus Aku, Dialah yang memerintahkan Aku untuk mengatakan apa yang harus Aku katakan dan Aku sampaikan. Dan Aku tahu, bahwa perintah-Nya itu adalah hidup yang kekal. Jadi apa yang Aku katakan, Aku menyampaikannya sebagaimana yang difirmankan oleh Bapa kepada-Ku.”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Pada bacaan injil hari ini Yesus berkata kalau kita percaya kepada-Nya berarti kita percaya pada Tuhan sendiri. Yesus ingin memberi tahu kita bahwa mereka adalah satu. Apa tujuan kita mempercayai Tuhan? tentunya supaya kita bisa bersama dan bersatu dengan Tuhan di Surga dan ketika nanti waktu kita di bumi ini sudah berakhir.

Jika hanya dengan percaya saja cukup, sangat mudah bagi kita untuk masuk ke dalam Surga. Semua orang bisa melakukannya. Pada kenyatannya percaya itu merupakan tahap yang pertama. Kalau sudah percaya kita haru bisa memupuk kepercayaan Tuhan pada kita.

Tahap selanjutnya adalah, selalu memulai dan menutup hari dengan doa. Doa adalah komunikasi kita dengan Tuhan. Doa juga mampu mengubah segalanya. Alangkah baiknya setelah berdoa ditambahkan bacaan harian, karena dengan membaca alkitab, terkadang kita menemukan jawaban atas persoalan yang sedang kita hadapi.

Tahap terakhir adalah melakukannya dengan konsisten. Seperti hidup kita tanpa makan rasanya akan kelaparan, begitu juga berdoa dam membaca kitab suci kita jadikan makanan rohani kita setiap hari untuk menumbuhkan iman kita.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Tuhan Yesus, kami ingin Engkau menjadi makan rohani kami setiap hari, yang menuntun hidup kami selama-lamanya. Amin

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Rabu, 28 April 2021