Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Senin, 14 Juni 2021

June 11, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Senin, 14 Juni 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Senin, 14 Juni 2021

Bacaan Pertama      2 Korintus Bab 6 : ayat 1 – ayat 10

Renungan harian katolik hari ini  Pembacaan dari Surat Kedua Rasul Paulus kepada Jemaat di Korintus:

Sebagai teman-teman sekerja, kami menasihatkan kamu, supaya kamu jangan membuat menjadi sia-sia kasih karunia Allah, yang telah kamu terima. Sebab Allah berfirman: “Pada waktu Aku berkenan, Aku akan mendengarkan engkau, dan pada hari Aku menyelamatkan, Aku akan menolong engkau.” Sesungguhnya, waktu ini adalah waktu perkenanan itu; sesungguhnya, hari ini adalah hari penyelamatan itu. Dalam hal apapun kami tidak memberi sebab orang tersandung, supaya pelayanan kami jangan sampai dicela. Sebaliknya, dalam segala hal kami menunjukkan, bahwa kami adalah pelayan Allah, yaitu: dalam menahan dengan penuh kesabaran dalam penderitaan, kesesakan dan kesukaran, dalam menanggung dera, dalam penjara dan kerusuhan, dalam berjerih payah, dalam berjaga-jaga dan berpuasa; dalam kemurnian hati, pengetahuan, kesabaran, dan kemurahan hati; dalam Roh Kudus dan kasih yang tidak munafik; dalam pemberitaan kebenaran dan kekuasaan Allah; dengan menggunakan senjata-senjata keadilan untuk menyerang ataupun untuk membela ketika dihormati dan ketika dihina; ketika diumpat atau ketika dipuji; ketika dianggap sebagai penipu, namun dipercayai, sebagai orang yang tidak dikenal, namun terkenal; sebagai orang yang nyaris mati, dan sungguh kami hidup; sebagai orang yang dihajar, namun tidak mati; sebagai orang berdukacita, namun senantiasa bersukacita; sebagai orang miskin, namun memperkaya banyak orang; sebagai orang tak bermilik, sekalipun kami memiliki segala sesuatu.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan     Mazmur 92:1.2-3ab.3cd-4

Tuhan telah memperkenalkan keselamatan yang datang dari pada-Nya

  • Mazmur. Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN, sebab Ia telah melakukan perbuatan-perbuatan yang ajaib; keselamatan telah dikerjakan kepada-Nya oleh tangan kanan-Nya, oleh lengan-Nya yang kudus.
  • TUHAN telah memperkenalkan keselamatan yang dari pada-Nya, telah menyatakan keadilan-Nya di depan mata bangsa-bangsa.
    Ia mengingat kasih setia dan kesetiaan-Nya terhadap kaum Israel, segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang dari pada Allah kita.
  • Ia mengingat kasih setia dan kesetiaan-Nya terhadap kaum Israel, segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang dari pada Allah kita.
    Bersorak-soraklah bagi TUHAN, hai seluruh bumi, bergembiralah, bersorak-sorailah dan bermazmurlah!

 

Bait Pengantar Injil       Mazmur Bab 119 : ayat 105

Sabda-Mu adalah pelita bagi kakiku, dan cahaya bagi jalanku.

 

Bacaan Injil              Matius Bab 5 : ayat 38 – ayat 42

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius :

Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi. Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu. Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu. Dan siapapun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil. Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Dalam bacaan Injil hari ini, yesus mengingatkan kembali mengenai hukum cinta kasih. Disaat Ada banyak hal di dunia ini yang bisa menyakiti kita, kita diajak bukan untuk memuaskan egoisme pribadi Semata (misalnya dengan balas menyakiti) mainkan kita diajak untuk memutus mata rantai ‘kejahatan’ dengan membalas melalui tindakan kasih.

Mengasihi orang lain yang juga Mengasihiku merupakan hal yang biasa. Namun, bisakah kita tetap mengasihi dia yang telah menyakiti kita? Pada saat ada orang lain yang menyakiti kita, kita sedikitnya memiliki dua opsi untuk bertindak, yaitu: Balas menyakitinya atau balas dengan mengasihinya.

Apakah kita merasa sulit atau mustahil untuk melakukan hal ini? Marilah kita bersama-sama menimba kekuatan dari sang Ilahi, teladan Iman sejati yang telah berhasil melakukannya saat ia masih di dunia ini.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Tuhan Yesus bantulah kami agar kami dimampukan untuk tetap mengasihi dan melayani sesama kami, sama seperti engkau yang maha pengasih dan maha penyayang. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

Related For Renungan Harian Katolik Senin, 14 Juni 2021