Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Senin, 15 Februari 2021

February 13, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Senin, 15 Februari 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Senin, 15 Februari 2021

Bacaan Pertama        Kejadian Bab 4 : ayat 1 – ayat 15. ayat 25

Pembacaan dari Kitab Kejadian untuk renungan harian katolik hari ini :

Kemudian manusia itu bersetubuh dengan Hawa, isterinya, dan mengandunglah perempuan itu, lalu melahirkan Kain; maka kata perempuan itu: “Aku telah mendapat seorang anak laki-laki dengan pertolongan TUHAN.” Selanjutnya dilahirkannyalah Habel, adik Kain; dan Habel menjadi gembala kambing domba, Kain menjadi petani. Setelah beberapa waktu lamanya, maka Kain mempersembahkan sebagian dari hasil tanah itu kepada TUHAN sebagai korban persembahan; Habel juga mempersembahkan korban persembahan dari anak sulung kambing dombanya, yakni lemak-lemaknya; maka TUHAN mengindahkan Habel dan korban persembahannya itu, tetapi Kain dan korban persembahannya tidak diindahkan-Nya. Lalu hati Kain menjadi sangat panas, dan mukanya muram. Firman TUHAN kepada Kain: “Mengapa hatimu panas dan mukamu muram? Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya.” Kata Kain kepada Habel, adiknya: “Marilah kita pergi ke padang.” Ketika mereka ada di padang, tiba-tiba Kain memukul Habel, adiknya itu, lalu membunuh dia. Firman TUHAN kepada Kain: “Di mana Habel, adikmu itu?” Jawabnya: “Aku tidak tahu! Apakah aku penjaga adikku?” Firman-Nya: “Apakah yang telah kauperbuat ini? Darah adikmu itu berteriak kepada-Ku dari tanah. Maka sekarang, terkutuklah engkau, terbuang jauh dari tanah yang mengangakan mulutnya untuk menerima darah adikmu itu dari tanganmu. Apabila engkau mengusahakan tanah itu, maka tanah itu tidak akan memberikan hasil sepenuhnya lagi kepadamu; engkau menjadi seorang pelarian dan pengembara di bumi.” Kata Kain kepada TUHAN: “Hukumanku itu lebih besar dari pada yang dapat kutanggung. Engkau menghalau aku sekarang dari tanah ini dan aku akan tersembunyi dari hadapan-Mu, seorang pelarian dan pengembara di bumi; maka barangsiapa yang akan bertemu dengan aku, tentulah akan membunuh aku.” Firman TUHAN kepadanya: “Sekali-kali tidak! Barangsiapa yang membunuh Kain akan dibalaskan kepadanya tujuh kali lipat.” Kemudian TUHAN menaruh tanda pada Kain, supaya ia jangan dibunuh oleh barangsiapapun yang bertemu dengan dia. Adam bersetubuh pula dengan isterinya, lalu perempuan itu melahirkan seorang anak laki-laki dan menamainya Set, sebab katanya: “Allah telah mengaruniakan kepadaku anak yang lain sebagai ganti Habel; sebab Kain telah membunuhnya.”

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 50:1.8.16bc-17.20-21

Persembahkanlah puji syukur kepada Allah sebagai kurban.

  • Yang Mahakuasa, TUHAN Allah, berfirman dan memanggil bumi, dari terbitnya matahari sampai kepada terbenamnya.
    Bukan karena korban sembelihanmu Aku menghukum engkau; bukankah korban bakaranmu tetap ada di hadapan-Ku?
  • “Apakah urusanmu menyelidiki ketetapan-Ku, dan menyebut-nyebut perjanjian-Ku dengan mulutmu,
    padahal engkaulah yang membenci teguran, dan mengesampingkan firman-Ku?
  • Engkau duduk, dan mengata-ngatai saudaramu, memfitnah anak ibumu.
    Itulah yang engkau lakukan, tetapi Aku berdiam diri; engkau menyangka, bahwa Aku ini sederajat dengan engkau. Aku akan menghukum engkau dan membawa perkara ini ke hadapanmu.

Bait Pengantar Injil    Yohanes Bab 14 : ayat 6

Aku ini jalan, kebenaran dan kehidupan, sabda Tuhan. Tiada orang dapat sampao kepada Bapa tanpa melalui Aku.

 

Bacaan Injil               Markus Bab 8 : ayat 11 – ayat 13

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus :

Lalu muncullah orang-orang Farisi dan bersoal jawab dengan Yesus. Untuk mencobai Dia mereka meminta dari pada-Nya suatu tanda dari sorga. Maka mengeluhlah Ia dalam hati-Nya dan berkata: “Mengapa angkatan ini meminta tanda? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kepada angkatan ini sekali-kali tidak akan diberi tanda.” Ia meninggalkan mereka; Ia naik pula ke perahu dan bertolak ke seberang.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Secara sadar atau tidak sadar, banyak dari kita melakukan apa yang orang farisi lakukan dalam bacaan di renungan harian katolik hari ini, yaitu mencobai Tuhan dengan meminta tanda dari Tuhan. Kasih sayang Tuhan kepada kita sering kali seringkali diukur menurut menurut ukuran duniawi. Seperti contoh kita menganggap Tuhan itu baik jika mengabulkan doa kita saat kita minta saat itu juga, tanpa memikirkan mungkin yang kita minta itu berdampak buruk bagi kita.

Datangnya Yesus ke dunia sebetulnya juga merupakan suatu tanda dari surga. Yesus adalah tanda kasih Allah bagi kita yang mau bertobat. Tuhan Yesus adalah jalan untuk kembali pada rekonsiliasi hubungan dengan Allah, kebenaran hidup yang pasti dan juga meruoakan makna dari hidup itu sendiri. Dengan menyadari bahwa kita melalui perjalanan hidup ini akan selalu ditemani oleh Yesus Kristus, hidup kita akan menjadi lebih bermakna dari sebelumya. Kita tidak akan merasa sendirian dan tidak akan perna dibiarkan sendiri.

Bacaan injil pada renungan harian katolik hari ini, Yesus menginginkan agar kita mampu membuka hati untuk mempercayakan hidup kita sepenuh-Nya dan memaknai bahwa tanda atau mukjizat bukanlah perkara yang sulit bagi-Nya dan bukan semata-mata dibuat Tuhan demi kepuasan pribadi kita.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Ya Yesus yang Maha Baik, ampunilah kami jika kami pernah merasa meragukan Engkau, pada hari ini kami percaya bahwa Tuhan selalu menyediakan yang terbaik bagi kami. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Senin, 15 Februari 2021