Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Senin, 8 Februari 2021

February 7, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Senin, 8 Februari 2021

 

Mari kita mempersiapkan hati dan diri kita untuk meresapi renungan harian katolik hari ini

Renungan Harian Katolik Senin, 8 Februari 2021

 

Bacaan Pertama        Kejadian Bab 1 : ayat 1 – ayat 19

Pembacaan dari Kitab Kejadian untuk renungan harian katolik hari ini :

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air. Berfirmanlah Allah: “Jadilah terang.” Lalu terang itu jadi. Allah melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap. Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama. Berfirmanlah Allah: “Jadilah cakrawala di tengah segala air untuk memisahkan air dari air.” Maka Allah menjadikan cakrawala dan Ia memisahkan air yang ada di bawah cakrawala itu dari air yang ada di atasnya. Dan jadilah demikian. Lalu Allah menamai cakrawala itu langit. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari kedua. Berfirmanlah Allah: “Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering.” Dan jadilah demikian. Lalu Allah menamai yang kering itu darat, dan kumpulan air itu dinamai-Nya laut. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. Berfirmanlah Allah: “Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi.” Dan jadilah demikian. Tanah itu menumbuhkan tunas-tunas muda, segala jenis tumbuh-tumbuhan yang berbiji dan segala jenis pohon-pohonan yang menghasilkan buah yang berbiji. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari ketiga. Berfirmanlah Allah: “Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun, dan sebagai penerang pada cakrawala biarlah benda-benda itu menerangi bumi.” Dan jadilah demikian. Maka Allah menjadikan kedua benda penerang yang besar itu, yakni yang lebih besar untuk menguasai siang dan yang lebih kecil untuk menguasai malam, dan menjadikan juga bintang-bintang. Allah menaruh semuanya itu di cakrawala untuk menerangi bumi, dan untuk menguasai siang dan malam, dan untuk memisahkan terang dari gelap. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keempat.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 104:1-2a.5-6.10.12.35c

Semoga Tuhan bersukacita atas kerya-Nya.

  • Pujilah TUHAN, hai jiwaku! TUHAN, Allahku, Engkau sangat besar! Engkau yang berpakaian keagungan dan semarak,
    yang berselimutkan terang seperti kain,
  • yang telah mendasarkan bumi di atas tumpuannya, sehingga takkan goyang untuk seterusnya dan selamanya.
    Dengan samudera raya Engkau telah menyelubunginya; air telah naik melampaui gunung-gunung.
  • Engkau yang melepas mata-mata air ke dalam lembah-lembah, mengalir di antara gunung-gunung
    di dekatnya diam burung-burung di udara, bersiul dari antara daun-daunan
  • Biarlah habis orang-orang berdosa dari bumi, dan biarlah orang-orang fasik tidak ada lagi! Pujilah TUHAN, hai jiwaku! Haleluya!

 

Bait Pengantar Injil     Matius Bab 4 : ayat 23

Yesus mewartakan Kerajaan Allah, dan menyembuhkan semua orang sakit

 

Bacaan Injil               Markus Bab 6 : ayat 53 – ayat 56

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus :

Setibanya di seberang Yesus dan murid-murid-Nya mendarat di Genesaret dan berlabuh di situ. Ketika mereka keluar dari perahu, orang segera mengenal Yesus. Maka berlari-larilah mereka ke seluruh daerah itu dan mulai mengusung orang-orang sakit di atas tilamnya kepada Yesus, di mana saja kabarnya Ia berada. Ke manapun Ia pergi, ke desa-desa, ke kota-kota, atau ke kampung-kampung, orang meletakkan orang-orang sakit di pasar dan memohon kepada-Nya, supaya mereka diperkenankan hanya menjamah jumbai jubah-Nya saja. Dan semua orang yang menjamah-Nya menjadi sembuh.

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Sewaktu zaman Yesus, Yesus dianggap tabib dan guru yang memiliki kuasa, karena dimana pun Yesus berada banyak orang yang mengikutinya juga memohon penyembuhan dari pada-Nya.

Pada zaman sekarang cara kita mengenali Yesus melalui tanda atau perasaan yang terjadi dalam kehidupan kita. Ketika kita sedang dalm kondisi apapun senang maupun susah, kita dapat dengan cepat mengenali Yesus. Seperti yang kita ketahui Yesus tidak hadir secara fisik seperti zaman dahulu, namun, jika kita bisa merasakan kebaikan, ketengangan, penghiburan dalam kondisi susah, hal itu lah kita ketahui bahwa Yesus hadir dalam diri kita. Selama kita tidak melakukan hal buruk yang terjadi pada diri kita, kita harus percaya bahwa Yesus pasti akan hadir menemani kita.

Terdapat cara agar kita dapat dengan cepat merasakan kehadiran Yesus. Hal pertama adalah diam tenang, kemudian bernafas dengan tenang juga dan yang terakhir berdoa yang singkat seperti doa salam maria agau mengucapkan Yesus secara perlahan sambil diresapi.

Doa Renungan Harian Katolik

Yesus yang baik, kami percaya Engkau selalu hadir, namun kami yang kurang merasakan dan menyadari hal itu. Kami ingin selalu bisa merasakan kehadiran-Mu dalam setiap langkah hidup kami, janganlah biarkan kami sendirian. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini. Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Senin, 8 Februari 2021