Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Renungan Harian Katolik Selasa, 16 Februari 2021

February 14, 2021 | Bacaan & Renungan

Renungan Harian Katolik Selasa, 16 Februari 2021

 

Renungan harian katolik untuk hari  ini, marilah kita mempersiapkan diri dan hati kita

Renungan Harian Katolik Selasa, 16 Februari 2021

Bacaan Pertama        Kejadian Bab 6 : ayat 5 – ayat 8. Bab 7 : ayat 1 – ayat 5. ayat 10

Pembacaan dari Kitab Kejadian untuk renungan harian katolik hari ini :

Ketika dilihat TUHAN, bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata, maka menyesallah TUHAN, bahwa Ia telah menjadikan manusia di bumi, dan hal itu memilukan hati-Nya. Berfirmanlah TUHAN: “Aku akan menghapuskan manusia yang telah Kuciptakan itu dari muka bumi, baik manusia maupun hewan dan binatang-binatang melata dan burung-burung di udara, sebab Aku menyesal, bahwa Aku telah menjadikan mereka.” Tetapi Nuh mendapat kasih karunia di mata TUHAN.
Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Nuh: “Masuklah ke dalam bahtera itu, engkau dan seisi rumahmu, sebab engkaulah yang Kulihat benar di hadapan-Ku di antara orang zaman ini. Dari segala binatang yang tidak haram haruslah kauambil tujuh pasang, jantan dan betinanya, tetapi dari binatang yang haram satu pasang, jantan dan betinanya; juga dari burung-burung di udara tujuh pasang, jantan dan betina, supaya terpelihara hidup keturunannya di seluruh bumi. Sebab tujuh hari lagi Aku akan menurunkan hujan ke atas bumi empat puluh hari empat puluh malam lamanya, dan Aku akan menghapuskan dari muka bumi segala yang ada, yang Kujadikan itu.” Lalu Nuh melakukan segala yang diperintahkan TUHAN kepadanya.
Setelah tujuh hari datanglah air bah meliputi bumi.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

Mazmur Tanggapan      Mazmur 29:1a.2.3ac-4.3b.9b-10

Tuhan memberkati umat-Nya dengan damai sejahtera.

  • hai penghuni sorgawi
    Berilah kepada TUHAN kemuliaan nama-Nya, sujudlah kepada TUHAN dengan berhiaskan kekudusan!
  • Suara TUHAN di atas air,
    TUHAN di atas air yang besar.
    Suara TUHAN penuh kekuatan,
    suara TUHAN penuh semarak.
  • di dalam bait-Nya setiap orang berseru: “Hormat!”
    TUHAN bersemayam di atas air bah, TUHAN bersemayam sebagai Raja untuk selama-lamanya.

Bait Pengantar Injil    Yohanes Bab 14 : ayat 23

Jika seorang mengasihi Aku, ia akan mentaati sabda-Ku. Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya.

 

Bacaan Injil               Markus Bab 8 : ayat 14 – ayat 21

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus :

Kemudian ternyata murid-murid Yesus lupa membawa roti, hanya sebuah saja yang ada pada mereka dalam perahu. Lalu Yesus memperingatkan mereka, kata-Nya: “Berjaga-jagalah dan awaslah terhadap ragi orang Farisi dan ragi Herodes.” Maka mereka berpikir-pikir dan seorang berkata kepada yang lain: “Itu dikatakan-Nya karena kita tidak mempunyai roti.” Dan ketika Yesus mengetahui apa yang mereka perbincangkan, Ia berkata: “Mengapa kamu memperbincangkan soal tidak ada roti? Belum jugakah kamu faham dan mengerti? Telah degilkah hatimu? Kamu mempunyai mata, tidakkah kamu melihat dan kamu mempunyai telinga, tidakkah kamu mendengar? Tidakkah kamu ingat lagi, pada waktu Aku memecah-mecahkan lima roti untuk lima ribu orang itu, berapa bakul penuh potongan-potongan roti kamu kumpulkan?” Jawab mereka: “Dua belas bakul.” “Dan pada waktu tujuh roti untuk empat ribu orang itu, berapa bakul penuh potongan-potongan roti kamu kumpulkan?” Jawab mereka: “Tujuh bakul.” Lalu kata-Nya kepada mereka: “Masihkah kamu belum mengerti?”

Demikianlah Injil Tuhan.

 

Renungan Harian Katolik Singkat

Sebagai manusia yang terlintas dalam pikiran kita soal “ragi” adalah ragi untuk membuat kue atau roti. Lalu apa maksud Yesus meminta murid-murid-Nya untuk berjaga-jaga dan waspada terhadap ragi orang Farisi dan ragi Herodes?  Maksud “ragi” dalam bacaan hari ini adalah ilustrasi tentang kerusakan moral.

Seperti yang kita ketahui bahwa orang-orang Farisi dahulu dianggap Yesus membebani orang Israel dengan hukum-hukum yang mereka sendiri tidak taati dan selalu menganggap diri mereka lebih suci dari pada orang lain. Kita juga mengetahui bahwa Herodes adalah raja yang sangat ambisius dan haus akan kekuasaan. Dengan kata lian “ragi” orang Farisi itu maksudya adalah menyimbolkan tentang semangat keduniawian yang dikuasai dengan kesenangan dan ambisi politik.

Kita sadari bahwa kita manusia sangan rentan dan lemah terhadap godaan-godaan yang menyesatkan, kita harus mampu memupuk iman agar iman kita tidak hanya di permukaan namun dapat berakar kuat dalam hari dan diri kita.

 

Doa Renungan Harian Katolik

Allah Bapa, dampingilah kami selalu agar kami mampu mendekatkan diri kami dengan Engkau untuk memperkuat iman kami. Amin.

 

Demikianlah renungan harian katolik hari ini.  Untuk meningkatkan kesiapkan kita sambilah kita berdoa yang tersedia disini  kumpulan doa 

 

Related For Renungan Harian Katolik Selasa, 16 Februari 2021