Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Santo Julianus dari Toledo

March 6, 2020 | Orang Kudus

Para Kudus – 6 Maret

Saint Julian of Toledo

Santo Julianus dilahirkan pada tahun 642 dalam sebuah keluarga Yahudi di Toledo, Spanyol, namun ia dibesarkan secara Kristen. Ia adalah murid Spiritual Santo Eugene II (Uskup Agung Toledo pada tahun 647- 657 M). Julianus memperoleh pendidikan yang baik di sekolah katedral, lalu menjadi seorang biarawan, kemudian menjadi Abbas (kepala biara) di biara Agali sebuah kota kecil dekat Toledo.

Pada tahun 680, Julianus diangkat menjadi Uskup Agung Toledo. Ia berusaha keras membantu upaya Gereja untuk memusatkan organisasi Gereja di Toledo dengan demikian ia menjadi Uskup Hispania pertama yang memiliki kewenangan atas seluruh semenanjung Iberia.

Sebagai Uskup Agung Toledo, Julianus memimpin beberapa Konsili lokal dan Sinode di Iberia. Ia juga merevisi liturgi Mozarbic yang dipakai oleh orang Kristen Moor di Spanyol sehingga lebih bisa diterima oleh umat dari ritus Latin.

Uskup Julianus juga seorang penulis yang produktif. Ia menulis beberapa buku rohani dan biografi raja-raja Visigoth. Pada tahun 686, Julianus menulis De Comprobatione Aetatis Sextae Contra Judaeos, buku kumpulan kajiannya atas nubuat-nubuat tentang mesias dalam kitab perjanjijan lama yang ia tulis khusus untuk kaum Yahudi Spanyol.

Ia tutup usia pada tahun 690 di Toledo.

Sumber : Santo Santa Gereja

Kisah Orang Kudus lainnya dapat dibaca di Orang Kudus

Related For Santo Julianus dari Toledo