Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Santo Richard the King

February 7, 2020 | Orang Kudus

Para Kudus – 7 Februari

Rikardus dari Wessex, Richard the King of Wessex, Richard of Wessex, Richard the Hermit, Richard the Pilgrim

Santo Rikardus atau Santo Richard dikenal juga sebagai Santo Richard dari Wessex, Richard the King, Richard the King of Wessex, Richard Pertapa, dan Richard Peziarah. Ia adalah Raja bangsa Saxon, kemungkinan di Wilayah Wessex Inggris, pada abad ketujuh – abad kedelapan. Richard adalah seorang ayah yang saleh. Ia membesarkan anak-anaknya dalam iman dan cinta kasih Kristiani, serta mendidik mereka menjadi orang yang takut akan Allah. Tiga orang anaknya dihormati Gereja sebagai orang kudus, yaitu : Santo Willibaldus, Santo Winebald, dan Santa Walburga. Seorang iparnya, yaitu adik dari isterinya, adalah Santo Bonifasius, uskup Agung dan rasul bangsa Jerman yang terkenal itu.

Ketika Wilibaldus, anaknya yang sulung menderita sakit berat, Richard berkaul jika anaknya terhindar dari kematian, hidupnya akan dipersembahkan kepada Tuhan. Willibaldus kemudian secara ajaib menjadi sembuh. Dua tahun kemudian Richard memenuhi kaulnya dan menghantar puteranya masuk biara Benediktin Waltham, di Hampshire, Inggris.

Pada tahun 722, Richard bersama kedua puteranya, biarawan Willibaldus dan Winebald berangkat berziarah ke Roma dan tanah suci Yerusalem. Dalam perjalanan ziarah ini Richard jatuh sakit dan meninggal dunia di kota Lucca Italia.

Related For Santo Richard the King