Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

BERKAT SANTO BLASIUS 

February 3, 2021 | Orang Kudus

BERKAT SANTO BLASIUS

Berkat Santo Blasius

Blasius adalah seorang Uskup di Sebaste, yang ada di wilayah Armenia, Asia Kecil. Ia dikenal sebagai seorang pakar Fisika dan seorang gembala yang baik hati. Pada era pemerintahan Kaisar Licinius, ia ditangkap dan dipenjarakan. Kemudian pada tahun 316, ia dihukum mati.

Menurut cerita rakyat, ia sukses menyelamatkan seorang anak laki-laki berasal dari kematian gara-gara tulang ikan yang tersangkut pada tenggorokannya. Doa dan berkat Santo Blasius melepas anak itu berasal dari bahaya kematian. Doa dan berkat Santo Blasius ini terus dilestarikan oleh Gereja sampai dewasa ini. Pada tiap-tiap tanggal 3 Februari , Pesta Santo Blasius, umat Katolik menghadiri misa Kudus untuk menerima berkat santo Blasius berasal dari imam-imamnya.

Berkat Santo Blasius merupakan pemberian berkat pada saat tanggal 3 Februari dengan identitas dua lilin yang disilangkan di leher untuk menyembuhkan penyakit tengorokan.

SEHARUSNYA, kecuali Pastor, Frater atau Suster yang masih merayakan misa secara normal selama masa pandemi ini dapat terima BERKAT SANTO BLASIUS.

BERKAT SANTO BLASIUS merupakan upacara pertolongan berkat bersama dua lilin menyala yang disilangkan di leher umat. Penerimaan berkat ini layaknya layaknya kami berbaris menuju Altar untuk terima komuni. Berkat ini berdasarkan formalitas Gereja Barat dan Timur dipercaya sanggup membuat sembuh penyakit tenggorokan dan penyakit lainnya.

Berkat ini dinamakan BERKAT SANTO BLASIUS dikarenakan menurut cerita, ia berhasil menyelamatkan nyawa seorang anak akibat tulang ikan yang tersangkut terhadap lehernya. Dan berkat ini dilaksanakan terhadap 3 Februari dikarenakan itulah tanggal peringatannya (fakultatif) tiap tiap tahunnya.

Pada saat pemberian berkat imam dapat berkata: “Semoga berkat St. Blasius, Uskup dan Martir, Allah membiarkan saudara berasal dari penyakit tenggorokan dan penyakit-penyakit lain… Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus, amin…”

Semoga Allah karena perantaraan Santo Blasius, Uskup dan Martir, membebaskan dikau dari penderitaan tenggorok dan dari kemalangan lainnya. Atas nama Bapa, dan Putera dan Roh Kudus. Amin.

 

Kisah Santo Santa Gereja lainnya dapat dibaca di Orang Kudus

Related For BERKAT SANTO BLASIUS