Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Apakah Kita Menomor Satukan Tuhan?

February 1, 2021 | Sejenak Eling

Apakah Kita Menomor Satukan Tuhan?

 

Saya tidak bisa membayangkan ada orang yang percaya pada Tuhan, tetapi tidak percaya bahwa di dalam Tuhan ada kesempurnaan sukacita yang abadi. – G. K. Chesterton

 

Pecaya tidak percaya pasti kita semua tentu pernah mendengar nasihat atau petunjuk seperti ini: meletakkan Tuhan sebagai yang pertama atau  nomor satu di dalam hidupmu.

Sekilas memang petunjuk ini terdengar baik. Namun, jika kamu jujur… Apa yang kamu acuhkan dikala mendengar petunjuk ini?

Apakah:

ya.. Idealnya sih begitu, namun kan kita hidup kudu realistis. Kita perlu makan, perlu kerja, perlu hiburan.

Atau:

Ya, kita berkenan Tuhan menjadi nomor satu di dalam hidupku namun perihal ini sulit sebab ada banyak godaan supaya kadang (atau sering) Tuhan kudu tergeser.

Atau:

Ya! Kita siap mengorbankan seluruhnya untuk Tuhan menjadi nomor satu

Atau adakah asumsi lain yang muncul? Jika berkenan, silakan berbagi di kolom komentar yaa

Apakah Kita Menomor Satukan Tuhan?

Permasalahan yang seringkali nampak dan tidak disadari dari petunjuk ini adalah menempatkan Tuhan sebagai sosok yang “bersaing” bersama dengan berbagai perihal yang ada di dalam hidup kita, misalnya hobi, pekerjaan, keluarga, dan lain-lain.

Ada yang siap berkorban untuk Tuhan (Haleluya!), namun tidak sedikit pula yang mundur teratur… Nanti saja… Belum bisa…

Di sinilah, sebagai umat Kristiani, tantangan kita bukan cuma hanya percaya atau tidak bahwa Tuhan itu ada, melainkan mengenal bersama dengan benar siapakah Tuhan yang kamu percaya?

Apakah Tuhan yang kamu percaya ini ada untuk beradu bersama dengan berbagai hal-hal baik untuk menjadi nomor satu di dalam hidupmu?

Ataukah Tuhan inilah yang mengadakan dan menyimpan kesempurnaan semua perihal yang ada itu?

Lantas apa implikasinya? Jika Tuhan lah yang mengadakan seutuhnya itu, seperti yang kita tahu bahwa semua yang ada mengarahkanmu terhadap kesempurnaan di di dalam Dia, maka semua perihal di dalam hidup kita, entah itu yang nomor dua atau nomor 989, seutuhnya tanpa jika adalah fasilitas yang dapat membawa kita lebih dekat kepada kebahagiaanmu yang abadi, yaitu Allah sendiri.

Dengan demikian, kita mampu mengetahui bahwa Tuhan tidak beradu untuk menjadi nomor satu sebab Tuhan adalah satu-satunya sumber dan tujuan semua yang ada di dalam hidup kita.

 

Renungan pribadi lainnya dapat dibaca di Sejenak Eling.

Related For Apakah Kita Menomor Satukan Tuhan?