Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Kasih Ibu Tak Terhingga

June 1, 2020 | Sejenak Eling

 

Ibu sangatlah penting. Ayah mencintainya, anak perempuan menirunya, anak laki-laki mengabaikannya, para penjual mendatanginya, pengendara motor tergesa-gesa di sekitarnya, guru menelponnya dan tetangga wanita menceritakan hal-hal rahasia kepadanya.

Dia bisa lebih manis daripada gula, lebih asam dari jeruk, semua orang tersenyum dan meminta perhatiannya, semua secara serentak.

Dia suka menjahit, cerita-cerita detektif, merayakan hari ulang tahunnya, gereja, pakaian baru, pembantu rumah tangga, pujian ayah, sedikit pemerah bibir, bunga dan tanaman, makan malam di luar pada hari minggu, polisi, sepanjang hari di tempat tidur, teka teki silang, hari yang cerah, teh dan anak pengirim surat kabar.

Dia tidak suka mencuci piring, membersihkan rumah, panggilan mengambil rapor anak-anak, hari hujan, anjing tetangga, anak tangga dan pemotong rumput.

Dia bisa tampak berdiri, bersandar, menggapai sesuatu, berlutut dan menggeliat, tapi jarang tampak duduk.

Dia memiliki kecantikan seperti hari musim semi, kesabaran seorang kudus, selera seekor burung kecil, ingatan seekor gajah.

Dia tahu harga yang paling murah, hari ulang tahun setiap orang, hal yang seharusnya anda lakukan, dan semua rahasia pikiranmu.

Dia selalu berdiri tegak setelah memberi kamu peringatan, dan merawatmu, tapi tidak pernah menuntut.

Memang, ibu sangat penting dan jika kamu menjengkelkan dia, membuatnya merasa tidak senang, membuatnya marah, dan meletihkan dia, dan tampaknya akhir dunia sudah tiba bagimu, maka kamu bisa membuatnya senang dengan tiga kata pendek ini, “Bu, saya mencintaimu.”

***

“Kasih ibu kepada beta, tak terhingga sepanjang masa. Hanya memberi tak harap kembali, bagai sang surya menyinari dunia.”

Penggalan sebuah lagu yang sangat kita kenal, sebuah lagu yang sangat inspiratif. Lagu ini mau menyatakan tentang, betapa besar jiwa seorang ibu kepada anaknya, jiwa pengorbanan, jiwa kasih yang begitu besar kepada sang anak. Kalau ini dikaitkan dengan pengalaman para ibu dalam perjuangan demi anaknya itu, yang tidak hitung-hitungan, yang apa saja dibelain demi anak, mungkin sampai hutang pinjam sana sini untuk sekolah anaknya misalnya atau mungkin berkurban tenaga berusaha untuk terus menyemangati, menemani anak-anaknya.

Intinya adalah bahwa jiwa seorang ibu itu luar biasa, untuk keluarga dan juga untuk anak-anaknya. Dan hal yang serupa senada juga dialami oleh Perawan Maria, yang kita rayakan, yang kita peringati hari ini, Bunda Maria yang juga berjuang untuk menemani, mengikuti perjalanan hidup Yesus. Dan tentu perjuangan Bunda Maria ini menjadi sesuatu yang bernilai bagi kehidupan kita sebagai umat beriman sekarang.

Hal yang baik yang bisa kita petik dari peran Bunda Maria mulai dari awal rentetan kehidupan Bunda Maria, dari awal dia sebagai ibu yang melahirkan Yesus, maka Bunda Maria bukan hanya memberi kehidupan namun juga menjadi sesuatu membuka sebuah keselamatan melalui peran Tuhan Yesus itu, dan hari ini kita diajak untuk belajar dari Bunda Maria apa artinya sabar, rendah hati, sederhana dan setia. Perawan Maria adalah Bunda kita dan kita yakini sebagaimana ia setia menemani Yesus Putranya, sekarang pun ia selalu setia menemani kita dalam setiap suka duka yang kita alami dalam hidup setiap hari, tapi lebih-lebih Bunda Maria selalu mendampingi kita, saat kita harus memanggul salib kita masing-masing dan saat kita sedang berjuang dalam aneka macam persoalan hidup kita.

 

Renungan Harian lainnya dapat dibaca di Sejenak Eling

Related For Kasih Ibu Tak Terhingga