Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Hal Buruk Jangan Dijadikan Kebiasaan

December 21, 2019 | Sejenak Eling

Seorang pria yang sudah tua, karena merasa bahwa umurnya tidak akan lama lagi, memanggil ketiga putranya dan membawa mereka ke sebuah ladang terdekat. Di ladang tersebut ada tanaman kecambah yang masih kecil, semak-semak dan sebuah pohon yang telah tumbuh besar.
Dia meminta putranya yang paling muda untuk mencabut tanaman kecambah yang masih kecil itu, dan si anak dapat melakukannya tanpa kesulitan.
Dia meminta putranya yang kedua untuk mencabut semak-semak. Si anak terlebih dahulu menarik semak-semak itu dengan satu tangan dan kemudian dengan satu tangan yang lain, tetapi semak-semak tersebut tidak tercabut. Kemudian, dengan menggunakan kedua tangannya dia berusaha untuk mencabut semak-semak tersebut sekuat-kuatnya dan akhirnya semak-semak tersebut dapat dicabut.
Dia kemudian meminta putranya yang paling tua dan yang paling kuat untuk mencabut pohon yang telah tumbuh besar itu. Pria muda itu berusaha sebisa mungkin untuk mencabut pohon itu dan berkata, “Ayah aku tidak sanggup melakukannya.”
Pria tua itu meminta ketiga putra untuk mencabut pohon itu bersama-sama. Mereka mencobanya dan gagal. Sambil menghadap mereka, sang ayah berkata, “Anak-anakku, aku mungkin meninggal kapan saja. Tetapi, aku ingin kalian jangan pernah melupakan pelajaran dari tanaman-tanaman tersebut. Kebiasaan- kebiasaan buruk kita, ketika mereka masih dalam tahap formatif, dapat di atasi dengan sangat mudah. Tetapi, begitu mereka telah tumbuh besar, kalian tidak akan pernah bisa mencabutnya. Oleh karena itu, berhati-hatilah -terutama dalam kaitannya dengan kebiasaan menenggak minuman keras, berjudi, dan melakukan gosip-gosip murahan.”
Sudah dikatakan dengan benar jika engkau membuang huruf pertama dari kata habit (kebiasaan), yang tertinggal adalah a bit. Jika huruf kedua juga diambil, yang tertinggal adalah bit. Jika hurup ketiga diambil atau dibuang yang tertinggal adalah it. Jadi waspadalah!

Related For Hal Buruk Jangan Dijadikan Kebiasaan