Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

IKON BUNDA ALLAH “SANG PENYEMBUH”

February 13, 2021 | info katolik, Orang Kudus

IKON BUNDA ALLAH “SANG PENYEMBUH”

IKON BUNDA ALLAH “SANG PENYEMBUH”

Aslinya ikon ini dikenal sebagai ikon “Tselitel’nitsa,” atau “Sang Penyembuh” yang berasal dari Gereja Tsilkan di Kartali, Georgia. Ikon ini ditulis saat itu oleh Santa Nino.

Terdapat ikon lain dengan nama yang sama di biara wanita Alexeev di Moskow dan banyak mukjizat yang terjadi pada ikon itu pada akhir abad kedelapan belas. Santo Dimitrius dari Rostov mengisahkan suatu kisah mengenai ikon ini dalam bukunya “The Bedweed Fleece”.

Adalah seorang imam dari Gereja Navarninsky bernama Vincent Bulvinensky. Telah menjadi kebiasaannya menghormati ikon Bunda Allah kapan saja dia masuk ke dalam gereja. Dia akan mengucapkan berulang kali doa berikut ini di depan ikon tersebut: “Salam, Perawan Theotokos penuh rahmat, Tuhan besertamu. Terberkatilah rahim yang mengandung Kristus dan payudara yang menyusui Tuhan Allah, Penyelamat kami.”

Suatu ketika, dia mengalami rasa sakit yang diakibatkan penyakit mengerikan. Lidahnya mulai membusuk dan dia tak sadarkan diri akibat rasa sakit itu. Ketika dia sadar kembali, dia berdoa sebagaimana doa yang biasa dia ucapkan kepada Theotokos Tersuci.

Segera setelah dia menyelesaikan doanya itu, dia melihat seorang pemuda tampan di atas kepala pembaringannya. Si sakit menyadari saat itu juga bahwa orang ini adalah malaikat pelindungnya. Malaikat ini memandang kepadanya dengan rasa kasihan, seraya berseru memohon kepada Bunda Allah untuk menyembuhkannya. Tiba-tiba, Theotokos menampakkan diri dan menyembuhkan si sakit yang amat sangat menghormatinya. Dia bangkit dari pembaringannya dan pergi ke gereja, lalu mengambil tempat di kliros untuk melayani ibadat. Umat yang hadir dikejutkan menyaksikan kesembuhan yang dialaminya.

Mukjizat ini mengilhami penulisan dari ikon “Sang Penyembuh” yang menggambarkan Bunda Allah berdiri di samping pembaringan seorang yang sakit.

Diterjemahkan dari: https://www.oca.org/saints/lives/2009/09/18/102662-the-healer-icon-of-the-mother-of-god yang diterjemahkan oleh akun instagram @katolikimanku

Related For IKON BUNDA ALLAH “SANG PENYEMBUH”