Info dan Renungan Harian Katolik

Renungan Harian dan Info Seputar Katolik

Menu

Mengapa Bunda Maria dikandung tanpa noda?

December 18, 2020 | Sejenak Eling

Mengapa Bunda Maria dikandung tanpa noda?

Mengapa Bunda Maria dikandung tanpa noda?

Salah satu bagian dari misteri inkarnasi Kristus, yakni Dogma. Bunda Maria yang dikandung tanpa noda.
Dokmar ini baru diumumkan oleh Paus pius 9 dalam bula ini Faby list deus pada 8 Desember 1854 tetapi bukan berarti dogma ini baru dibuat oleh Gereja. Bula sendiri adalah dokumen yang dikeluarkan dan disahkan oleh paus dan ineffable misterius artinya Allah yang tak terhingga.

Mengenal Dogma Immacullata
1. Bunda Maria menerima Rahmat dikandung tanpa noda dosa dari Allah pada saat ia pertama terbentuk sebagai janin, bukan saat kelahirannya ataupun saat ia mulai mengandung Kristus.
2. Rahmat ini menghapuskan Bunda Maria dari dosa asal yang menjadi konsekuensi atas dosa Adam dan Hawa.
3. Bukan berarti karena Bunda Maria menerima Rahmat ini, dia tidak membutuhkan Kristus sebagai juruselamat. Tetapi justru, rahmat ini tidak akan diberikan kepadanya tanpa campur tangan Kristus.

Walaupun bernafaskan Bunda Maria, tetapi sebenarnya dokma ini justru merupakan konsekuensi logis dari misteri inkarnasi kristus.
Bagaimana mungkin?
Dalam Ibrani 7: 26 yesus dikatakan sebagai seorang yang Saleh, tanpa salah, tanpa noda, yang terpisah dari orang-orang berdosa dan lebih tinggi daripada tingkat-tingkat surga.

Karena itu, bunda Maria yang melahirkan nya juga disiapkan oleh Allah sendiri untuk menjadi pribadi yang tidak berdosa asal, untuk memisahkan Yesus dari “orang-orang berdosa”. Perlu kita ketahui bahwa setiap kita lahir memiliki dosa asal.

Jika Yesus dilahirkan dari seorang yang juga memiliki dosa asal, bukankah hal ini tidak membuatnya terpisah dari orang-orang berdosa.

Dalam Lukas 1: 28, yakni saat menerima kabar Sukacita, bunda Maria disapa sebagai seorang yang penuh rahmat. Ingat bahwa Rahmat adalah kebalikan dari dosa.

Pada saat menerima kabar sukacita dari malaikat Gabriel, bunda Maria disapa dengan “hai engkau yang dikaruniai,” atau “height, full of grace. “

Tidak sekalipun dalam Alkitab, seseorang diberi salam seperti ini kecuali pada Bunda Maria.
Rahmat dikandung tanpa noda dosa asal yang diterima oleh Bunda Maria merupakan buah dari kebijaksanaan Allah yang telah berkenan memilihnya untuk menjadi Ibu dari Kristus.

Allah sendiri yang telah memilih dan menguduskannya sejak awal mula untuk ambil bagian dalam misteri inkarnasi Kristus.

Karena yang dikandungnya adalah Allah itu sendiri, raka menjadi masuk akal Mengapa Rahmat untuk “tidak berdosa sejak awal” itu diterima Bunda Maria.

Lewat Bunda Maria yang dikandung tanpa noda asal, allah ingin memberi gambaran akan gereja yang dikehendaki-Nya, yakni tanpa cacat cela, bunda Maria sendiri.

 

Info ini dikutip dari instagram @katolikmedia

Related For Mengapa Bunda Maria dikandung tanpa noda?