Per Mariam Et Jesum

  • miki katolik
  • Jun 26, 2024

Per Mariam Et Jesum

Bulan Mei setiap tahun dirayakan sebagai bulan Maria yaitu memperingati bahwa Maria, Ibu dari segala kehidupan karena melalui Bunda Maria lahirlah Yesus Kristus yaitu jalan, kebenaran dan kehidupan. Awal mula perkembangan bulan Mei dijadikan sebagai bulan Maria tidak terlalu jelas karena catatan sejarah yang sedikit jumlahnya.

Di Eropa dan budaya barat memandang bulan Mei merupakan bulan kehidupan dan ibu. Selain itu, pada abad pertengahan mucul tradisi mengusir musim dingin karena 1 Mei dianggap sebagai awal pertumbuhan baru atau musim semi.  Devosi kepada Maria di bulan Mei sudah dilaksanakan sejak abad ke -13. Perkembangan ini tidak lepas dari peran serta para imam Yesuit di tahun 1700-an yang mengenalkan devosi kepada Maria saat bulan Mei.

Pada tahun 1809 Paus Pius VII ditangkap oleh seradau Napoleon lalu dipenjara. Dalam masa itu, Ia berdoa dan memohon pertolongan Bunda Maria agar dibebaskan. Ia berjanji akan mendedikasikan hidupnya untuk perayaan menghormati Bunda Maria. Lima tahun kemudian tepat 24 Mei, Paus Pius VII dibebaskan dan kembali ke Roma. Tahun berikutnya ia mengumumkan hari perayaan Bunda Maria sebagai Penolong umat Kristen. Devosi kepada Bunda Maria semakin dikenal oleh Gereja universal pada 1854 saat Paus Pius IX mengumumkan dogma ‘Immaculate Conception’.

Hingga saat ini melalui surat ensiklik the Month of Mary oleh Paus Paulus VI, bulan Mei adalah kesempatan umat beriman untuk melakukan penghormatan iman dan kasih kepada Bunda Maria. Umat kristiani selama bulan ini diajak untuk mempersembahkan penghormatan dan doa secara pribadi maupun kelompok dengan penuh kasih kepada Bunda Maria. Kesempatan ini menjadi hal baik sebagai bentuk kepedulian umat kepada Gereja universal dan Bunda Maria sebagai teladan hidup dengan beriman kepada Allah sepenuh hati.

Demikian informasi singkat tentang Bulan Mei sebagai Bulan Maria yang infokatolik.id dapat berikan. Terimakasih.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *