Renungan Harian Katolik 18 Juni 2023

  • miki katolik
  • May 25, 2024
Renungan Harian Katolik Jumat, 24 September 2021

Renungan Harian Katolik 18 Juni 2023

infokatolik.id – Renungan Harian Katolik 18 Juni 2023

Berikut ini renungan harian katolik yang kami kutip dari channel

 

Bacaan Pertama 18 Juni 2023

Keluaran 19:2-6a

Setelah mereka berangkat dari Rafidim, tibalah mereka di padang gurun Sinai, lalu mereka berkemah di padang gurun; orang Israel berkemah di sana di depan gunung itu.

Lalu naiklah Musa menghadap Allah, dan Tuhan berseru dari gunung itu kepadanya: “Beginilah kaukatakan kepada keturunan Yakub dan kauberitakan kepada orang Israel:

Kamu sendiri telah melihat apa yang Kulakukan kepada orang Mesir, dan bagaimana Aku telah mendukung kamu di atas sayap rajawali dan membawa kamu kepada-Ku.

Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan firman-Ku dan berpegang pada perjanjian-Ku, maka kamu akan menjadi harta kesayangan-Ku sendiri dari antara segala bangsa, sebab Akulah yang empunya seluruh bumi.

Kamu akan menjadi bagi-Ku kerajaan imam dan bangsa yang kudus. Inilah semuanya firman yang harus kaukatakan kepada orang Israel.”

Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan 18 Juni 2023

Mzm 100:2.3.5

Ref. Berbahagialah mereka yang diundang ke perjamuan nikah Anak Domba.

  1. Beribadahlah kepada Tuhan dengan sukacita.; datanglah ke hadapan-Nya dengan sorak-sorai!
  2. Ketahuilah bahwa Tuhan itu Allah; Dialah yang menjadikan kita. Punya Dialah kita, kita ini umat-Nya dan kawanan domba gembalaan-Nya.
  3. Masuklah melalui pintu gerbang-Nya dengan nyanyian syukur, masuklah ke pelataran-Nya dengan puji-pujian, bersyukurlah kepada-Nya, dan pujilah nama-Nya!
  4. Sebab Tuhan itu baik, kasih setia-Nya untuk selama-lamanya; kesetiaan-Nya tetap turun-menurun, kasih setia-Nya untuk selama-lamanya.

Bacaan Kedua 18 Juni 2023

Roma 5:6-11

Karena waktu kita masih lemah, Kristus telah mati untuk kita orang-orang durhaka pada waktu yang ditentukan oleh Allah.

Sebab tidak mudah seorang mau mati untuk orang yang benar?tetapi mungkin untuk orang yang baik ada orang yang berani mati?.

Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa.

Lebih-lebih, karena kita sekarang telah dibenarkan oleh darah-Nya, kita pasti akan diselamatkan dari murka Allah.

Sebab jikalau kita, ketika masih seteru, diperdamaikan dengan Allah oleh kematian Anak-Nya, lebih-lebih kita, yang sekarang telah diperdamaikan, pasti akan diselamatkan oleh hidup-Nya!

Dan bukan hanya itu saja! Kita malah bermegah dalam Allah oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, sebab oleh Dia kita telah menerima pendamaian itu.

Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Syukur Kepada Allah.

Bait Pengantar Injil 18 Juni 2023

Matius 11:29ab

Ref. Alleluya, alleluya, alleluya.

Pikullah kuk yang Kupasang, dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati.

Bacaan Injil 18 Juni 2023

Matius 9:36-10:8

Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala. Maka kata-Nya kepada murid-murid-Nya: “Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit.

Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.” Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan.

Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus, Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia.

Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: “Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat.

Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma.

Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Terpujilah Kristus.

Renungan Harian Katolik 18 Juni 2023

Kita berada dalam masa-masa sulit sekarang, ekonomi global sedang menurun, harga bensin dan bahan pokok semuanya melonjak dengan kecepatan yang luar biasa, banyak pekerja yang di-PHK karena perampingan dan kita tidak tahu.

kapan ini akan berakhir. Kami, orang miskin yang merupakan mayoritas semakin miskin dari hari ke hari. Mengingat situasi yang kita miliki saat ini, saya yakin hati Yesus berdarah karena kasihan kepada kita.

Orang-orang miskin di dunia ini sangat banyak tetapi para pekerja yang rela berkorban dan membantu mereka sangat sedikit. Bisa dikatakan ada ketidakseimbangan, seperti para rasul yang dipanggil Yesus; mereka yang memiliki dalam hidup dipanggil oleh Yesus untuk membantu mereka yang kurang, mereka adalah mereka yang hampir tidak mampu membeli makanan mereka dan ada banyak dari mereka kita hanya perlu melihat-lihat dan kita akan melihat mereka.

Para rasul yang Yesus panggil bukanlah orang kaya, mereka adalah orang biasa: nelayan, pemungut cukai, dan pendosa. Tetapi Yesus telah memilih mereka hanya karena mereka mendengarkan panggilannya.

Tanda zaman memanggil kita untuk mendengarkan panggilan Yesus untuk memberi makan yang lapar, berbagi berkat kita sekecil apapun.

Yesus selanjutnya menyatakan: “Tanpa biaya Anda telah menerima; tanpa biaya Anda harus memberi.”

Maukah Anda mendengarkan?

Doa Penutup

Ya Allah, melalui Yesus Putra-Mu, Engkau mengingatkan kami para murid-Mu untuk berjaga-jaga dan selalu siap sedia menyongsong kehadiran-Mu yang menyelamatkan. Kami mohon, curahkanlah Roh Kudus-Mu untuk membimbing kami, semoga berkat daya surgawi kami dapat mengabdi Engkau dengan jujur dan setia sebagai pengikut Kristus.

Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Demikianlah Bacaan Liturgi Katolik dan Renungan Harian Katolik Minggu 18 Juni 2023 dari infokatolik.id, Ya fao-fao khou Geheha Lowalangi

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *