Renungan Harian Katolik 11 Juni 2023

  • miki katolik
  • May 25, 2024
Renungan Harian Katolik Rabu, 14 Juli 2021

Renungan Harian Katolik 11 Juni 2023

infokatolik.id – Renungan Harian Katolik 11 Juni 2023

Berikut ini renungan harian katolik yang kami kutip dari channel inspirasikuD1ANTARA

Bacaan Pertama 11 Juni 2023

Ulangan 8:2-3,14b-16a

Di padang gurun seberang Sungai Yordan berkatalah Musa kepada umat Israel, “Ingatlah akan seluruh perjalanan yang kaulakukan atas kehendak Tuhan, Allahmu, di padang gurun selama empat puluh tahun itu.

Maksud Tuhan ialah merendahkan hatimu dan mencobai engkau untuk mengetahui apa yang ada dalam hatimu, yakni apakah engkau berpegang pada perintah-Nya atau tidak.

Jadi Tuhan merendahkan hatimu, membiarkan engkau lapar dan memberi engkau makan manna, yang tidak kaukenal dan juga tidak dikenal oleh nenek moyangmu, untuk membuat engkau mengerti, bahwa manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari segala yang diucapkan Tuhan.

Ingatlah selalu pada Tuhan, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari rumah perbudakan. Dialah yang memimpin engkau melalui padang gurun yang luas dan dahsyat itu, dengan ular-ularnya yang ganas serta kalajengkingnya, dengan tanahnya yang gersang, yang tidak ada airnya.

Dialah yang membuat air keluar bagimu dari gunung batu yang keras. Dialah yang di padang gurun memberi engkau makan manna yang tidak dikenal oleh nenek moyangmu.”

Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan 11 Juni 2023

Mzm. 147:12-13.14-15.19-20

Ref. Pujilah Tuhan, hai umat Allah. Pujilah Tuhan, hai umat Allah.

  1. Megahkanlah Tuhan, hai Yerusalem, pujilah Allahmu, hai Sion. Sebab Ia meneguhkan palang pintu gerbangmu, dan memberkati anak-anak yang ada padamu.
  2. Ia memberikan kesejahteraan kepada daerahmu, dan mengenyangkan engkau dengan gandum yang terbaik. Ia menyampaikan perintah-Nya ke bumi, dengan segera firman-Nya berlari.
  3. Ia memberitakan firman-Nya kepada Yakub, ketetapan dan hukum-hukum-Nya kepada Israel. Ia tidak berbuat demikian kepada segala bangsa, dan hukum-hukum-Nya tidak mereka kenal.

Bacaan Kedua 11 Juni 2023

1 Korintus 10:16-17

Saudara-saudaraku terkasih, bukankah piala syukur yang kita syukuri merupakan persekutuan dengan darah Kristus?

Bukankah roti yang kita bagi-bagi merupakan persekutuan dengan tubuh Kristus?

Karena roti itu hanya satu, maka kita ini, sekalipun banyak merupakan satu tubuh, karena kita semua mendapat bagian dalam roti yang satu.

Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Syukur Kepada Allah.

Bait Pengantar Injil 11 Juni 2023

Yohanes 6:51

Ref. Alleluya, alleluya.

Akulah roti hidup yang telah turun dari surga, sabda Tuhan.
Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya.

Bacaan Injil 11 Juni 2023

Yohanes 6:51-58

Di rumah ibadat di Kapernaum Yesus berkata kepada orang banyak, “Akulah roti hidup yang telah turun dari surga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya.

Dan roti yang Kuberikan ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia.” Orang-orang Yahudi bertengkar antar mereka sendiri dan berkata, “Bagaimana Yesus ini dapat memberikan daging-Nya kepada kita untuk dimakan!”

Maka kata Yesus kepada mereka, “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya, jikalau kamu tidak makan daging Anak Manusia dan minum darah-Nya, kamu tidak mempunyai hidup di dalam dirimu.

Barangsiapa makan Daging-Ku dan minum Darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal, dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman. Sebab daging-Ku adalah benar-benar makanan, dan darah-Ku adalah benar-benar minuman.

Barangsiapa makan Daging-Ku dan minum Darah-Ku, ia tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia. Sama seperti Bapa yang hidup mengutus Aku, dan Aku hidup oleh Bapa, demikian juga barangsiapa memakan Aku, ia akan hidup oleh Aku.

Akulah roti yang telah turun dari surga, bukan roti seperti yang dimakan nenek moyangmu dan mereka telah mati. Barangsiapa makan roti ini, ia akan hidup selama-lamanya.”

Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Terpujilah Kristus.

Renungan Harian Katolik 11 Juni 2023

Dikisahkan tentang seorang katolik non-praktik yang rumahnya terletak di seberang gereja. Setiap pagi istrinya akan membangunkannya untuk menemaninya pergi ke gereja untuk menghadiri Misa Kudus tetapi dia selalu menolak.

Selama berbulan-bulan selalu seperti itu setiap pagi. Karena penasaran dia memutuskan untuk pergi bersama istrinya hanya untuk melihat apa yang terjadi selama Misa Kudus.

Saat masuk ke dalam gereja, Misa Kudus baru saja dimulai dan dengan takjub dia melihat malaikat di seluruh altar terutama di dekat tabernakel. Selama konsekrasi alih-alih Hosti Kudus, dia melihat daging asli dibangkitkan oleh imam untuk dipuja umat beriman. Setelah itu pria itu menjadi orang percaya yang setia dan hadir secara teratur dalam perayaan Misa Kudus setiap hari.

Ketika Yesus berkata: “Akulah roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia.”(Yohanes 6:51) Orang-orang Yahudi tidak percaya kepada-Nya.

Bahkan mereka berkata, “Bagaimana mungkin orang ini memberi kita makan dagingnya?” (Yohanes 6:52) Memang, mengapa Hosti Kudus yang kita terima selama Perjamuan Kudus menjadi tubuh Yesus?

Dibutuhkan iman yang mendalam untuk mempercayai kehadiran nyata tubuh dan darah Yesus selama Perjamuan Kudus. Jelas, orang-orang Yahudi yang mengeluh tentang pernyataan Yesus yang berani ini tidak memiliki iman.

Bagaimana dengan kita? Apakah kita percaya pada wacana Roti Hidup Yesus ini? Apakah kita percaya bahwa Tubuh, Darah dan Keilahian Yesuslah yang akan kita ambil dalam Perjamuan Kudus?

Setelah menerima Yesus apakah kita masih berlutut dan berkomunikasi secara mendalam dengan-Nya? Atau kita hanya berlutut karena itu adalah isyarat yang harus kita lakukan dan kita melakukannya hanya demi melakukannya?

Banyak yang selalu pergi ke Misa Kudus setiap hari Minggu atau bahkan hampir setiap hari tetapi tidak semua orang mengalami proses pertobatan. Untuk kebenaran sederhana bahwa kita tidak membiarkan diri kita dipertobatkan oleh Tubuh dan Darah Yesus.

Kami bersikeras untuk mendominasi Yesus karena kami menolak panggilan-Nya untuk menjauh dari keberdosaan kami. Kita terus bertambah dan Yesus terus berkurang karena kita tetap melakukan hal-hal dengan cara kita dan tidak membiarkan Yesus menunjukkan jalannya.

Apakah Anda percaya dengan Wacana Roti Hidup Yesus ini? Apakah Anda percaya dengan pernyataan Yesus bahwa Anda akan hidup selamanya ketika Anda selalu mengambil bagian dalam Tubuh-Nya selama Perjamuan Kudus?

Akan ada keajaiban dalam hidup Anda ketika Anda mulai percaya!

Doa Penutup

Ya Allah, Putra-Mu telah meninggalkan kenangan akan wafat dan kebangkitan-Nya dalam sakramen yang mengagumkan ini. Kami mohon semoga kami dapat menghormati misteri kudus Tubuh dan Darah Putra-Mu, sehingga kami senantiasa dapat menikmati buah penebusan-Nya.

Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dan Roh Kudus, Allah, kini dan sepanjang masa. Amin.

Demikianlah Bacaan Liturgi Katolik dan Renungan Harian Katolik Minggu 11 Juni 2023 dari infokatolik.id, Berkah Dalem.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *