Renungan Harian Katolik 15 Juni 2023

  • miki katolik
  • Feb 19, 2024

Renungan Harian Katolik 15 Juni 2023

infokatolik.id – Renungan Harian Katolik 15Juni 2023

Berikut ini renungan harian katolik yang kami kutip dari channel inspirasikuD1ANTARA

Bacaan Pertama 15 Juni 2023

2 Korintus 3:15-4:1.3-6

Saudara-saudara, memang benar, setiap kali orang-orang Israel membaca kitab Musa ada selubung yang menutup hati mereka, sampai pada hari ini. Tetapi apabila hati seorang berbalik kepada Tuhan, maka selubung itu diambil dari padanya.

Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan. Dan dengan muka yang tidak terselubung kita semua mencerminkan kemuliaan Allah. Dan karena kemuliaan itu datang dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.

Oleh kemurahan Allah kami telah menerima pelayanan ini. Karena itu kami tidak tawar hati. Jika Injil yang kami wartakan masih tetap tertutup maka hanya tertutup untuk mereka yang akan binasa,

yaitu orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini, sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus, yang tidak lain adalah gambaran Allah sendiri.

Sebab yang kami wartakan bukan diri kami sendiri! Yang kami wartakan adalah Yesus Kristus sebagai Tuhan, dan kami sendiri sebagai hambamu karena kehendak Yesus. Sebab Allah yang telah bersabda, “Dari dalam gelap akan terbit terang!”

Dialah juga yang membuat terang-Nya bercahaya dalam hati kita, supaya kita beroleh terang dari pengetahuan tentang kemuliaan Allah yang nampak pada wajah Kristus.

Demikianlah Sabda Tuhan
U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan 15 Juni 2023

Mzm. 85:9ab-10.11-12.13-14

Ref. Perlihatkanlah kepada kami kasih setia-Mu, ya Tuhan.

  1. Aku ingin mendengar apa yang hendak difirmankan Allah! Bukankah Ia hendak berbicara tentang damai kepada umat-Nya dan kepada orang-orang yang dikasihi-Nya. Sungguh, keselamatan dari Tuhan dekat pada orang-orang takwa, dan kemuliaan-Nya diam di negeri kita.
  2. Kasih dan kesetiaan akan bertemu, keadilan dan damai sejahtera akan berpelukan. Kesetiaan akan tumbuh dari bumi, dan keadilan akan merunduk dari langit.
  3. Tuhan sendiri akan memberikan kesejahteraan, dan negeri kita akan memberikan hasil. Keadilan akan berjalan di hadapan-Nya, dan damai akan menyusul di belakang-Nya.

Bait Pengantar Injil 15 Juni 2023

Matius 13:34

Ref. Alleluya.

Perintah baru Kuberikan kepada kalian, sabda Tuhan, yaitu supaya kalian saling mengasihi, sebagaimana Aku telah mengasihi kalian. Alleluya.

Bacaan Injil 15 Juni 2023

Matius 5:20-26

Dalam khotbah di bukit, berkatalah Yesus, “Jika hidup keagamaanmu tidak lebih benar daripada hidup keagamaan para ahli Taurat dan orang-orang Farisi, kalian tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Surga.

Kalian telah mendengar apa yang disabdakan kepada nenek moyang kita: Jangan membunuh; siapa yang membunuh harus dihukum. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya, harus dihukum!

Barangsiapa berkata kepada saudaranya: ‘Kafir!’ harus dihadapkan ke mahkamah agama, dan siapa yang berkata: ‘Jahil!’ harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala.

Sebab itu jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah, dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau, tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu.

Segeralah berdamai dengan lawanmu selama engkau bersama-sama dia di tengah jalan, supaya lawanmu jangan menyerahkan engkau kepada hakim, dan hakim itu menyerahkan engkau kepada pembantunya, dan engkau dilemparkan ke dalam penjara.

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya engkau tidak akan keluar dari sana, sebelum engkau membayar utangmu sampai lunas.”

Demikianlah Sabda Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

Renungan Harian Katolik 15 Juni 2023

Apakah yang bisa mengalahkan dosa atau kebencian? Kerendahan hati, pengampunan dan cintanya. Misalnya, jika Anda berdosa terhadap pasangan Anda, obat untuk dosa ini adalah merendahkan diri di hadapan pasangan Anda.

Anda melakukan ini dengan mengatakan, saya minta maaf telah menyakiti Anda atau saya minta maaf karena telah mengkhianati kepercayaan Anda.

Jika pasangan Anda sangat mencintai Anda, Anda dapat mengharapkan pengampunan, faktor yang meringankan di sini adalah kerendahan hati Anda untuk mengakui pelanggaran atau dosa Anda.

Namun tidak semua orang mau mengatakan, maaf karena mengakui kesalahan atau meminta maaf adalah salah satu kata yang paling sulit untuk diucapkan. Tetapi jika ada kerendahan hati dalam diri kita, kita tidak akan berpikir dua kali untuk meminta maaf karena hal ini sekali lagi akan memulihkan hubungan.

Namun paradoksnya, kita cepat berbuat dosa namun kita tidak cepat meminta maaf atau bahkan ada yang tidak mau meminta maaf. Dan kurangnya kerendahan hati di pihak kita menciptakan masalah yang lebih besar dalam hubungan pernikahan kita atau hubungan lain apa pun dalam hal ini.

Dalam Injil kita Yesus mengajar kita tentang kerendahan hati dan memiliki keberanian untuk mengakui kesalahan atau kekurangan kita sendiri (Matius 5:23-25).

Mengapa? Karena jika kita mau merendahkan diri dan jika kita memiliki keberanian untuk mengakui keberdosaan kita sendiri. Karena itu kami menyelamatkan diri dari masalah lebih lanjut. Tapi jika kita terus mendominasi dan sombong maka masalah akan selalu menyertai kita.

Apakah Anda bersedia dengan rendah hati meminta maaf kepada seseorang yang telah Anda sakiti? Menjangkau atau meminta maaf itu sulit dilakukan tetapi itu juga merupakan pengalaman penebusan karena itu akan membebaskan Anda dari belenggu rasa bersalah.

Doa Penutup

Allah Bapa Mahakuasa dan kekal, Engkau telah mengikat perjanjian dengan kami dalam diri Yesus, Putra-Mu terkasih. Semoga kami Kaucurahi Roh-Nya, agar kami mengimani Engkau dan saling menaruh cinta kasih satu sama lain.

Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami yang hidup dan berkuasa bersama Engkau dan Roh Kudus, Allah, kini dan sepanjang segala masa. Amin.

Demikianlah Bacaan Liturgi Katolik dan Renungan Harian Katolik Kamis 15 Juni 2023 dari infokatolik.id, Amapu benjer

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *