Info Katolik

Aneka Info Seputar Katolik

Menu

Pertengkaran

February 12, 2020 | Sejenak Eling

Selama bertahun-tahun, dua orang rahib hidup dalam hubungan yang baik dan bersahabat. Namun hidup mereka yang monoton membuat salah seorang berkata,

“Ayo kita keluar dari kehidupan yang membosankan ini dan melakukan sesuatu yang berbeda, mari kita melakukan hal seperti yang dilakukan dunia.”

Karena sudah menjalani hidup terasing sekian lama, salah seorang rahib itu berkata,

“Apa yang sebenar dilakukan oleh dunia di luar sana?”

Kata rahib yang pertama, “Satu hal yang dilakukan ialah dunia bertengkar. Lihat batu ini, coba letakkan di antara kita, dan ayo kita masing-masing bilang ‘batu itu milik saya’!”

Karena ingin memenuhi permintaan rekannya, rahib yang kedua mengambil batu itu dan meletakkan di antara mereka, lalu berkata, “Batu ini milik saya.”

Rahib yang kedua berhenti untuk merenung, dan merasakan dorongan persahabatan mereka bertahun-tahun, setelah itu dia berkata,
“Saudaraku, jika batu itu milikmu, ambillah.”

Maka pertengkaran pun tidak terjadi.

***

Banyak pertengkaran, keributan bahkan peperangan, terjadi karena sikap serakah dan ingin memiliki sesuatu secara berlebihan. Sifat mau menang sendiri dan egois ketika menyelimuti hati manusia maka rasa egois itu akan berkembang menjadi keinginan jahat untuk memiliki hak atau barang orang lain. Jika di dunia ini orang lebih mementingkan persahabatan mungkin pertengkaran dan permusuhan bahkan peperangan itu tidak akan terjadi.

Related For Pertengkaran