Renungan Harian Katolik 9 Juni 2023

  • miki katolik
  • Mar 22, 2024
Renungan Harian Katolik Sabtu, 19 Juni 2021

Renungan Harian Katolik 9 Juni 2023

infokatolik.id – Renungan Harian Katolik 9 Juni 2023

Berikut ini renungan harian katolik yang kami kutip dari channel Universitas Katolik Widya Karya Malang

Bacaan Pertama 9 Juni 2023

Tobit 11:5-14

Pada waktu itu duduklah Hana mengamati jalan yang bakal ditempuh Tobia, anaknya. Ia telah mendapat firasat bahwa anaknya tengah datang. Berkatalah Hana kepada ayah Tobia, “Sungguh, anakmu telah datang, dan juga orang yang menyertainya.”

Sebelum Tobia mendekati ayahnya berkatalah Rafael kepadanya, “Aku yakin bahwa mata ayahmu akan dibuka. Oleskanlah empedu ikan itu pada matanya. Obat itu akan meresap dahulu, lalu akan terkelupaslah bintik-bintik putih itu dari matanya.

Maka ayahmu akan melihat lagi dan memandang cahaya.” Adapun Hana bergegas-gegas mendekap anaknya lalu berkatalah ia, “Setelah engkau kulihat, Anakku, sekarang aku dapat mati!” Dan ia pun menangis.

Tobit pun berdiri, dan meskipun kakinya tersandung-sandung, ia keluar dari pintu pelataran rumah. Tobia menghampiri ayahnya dengan membawa empedu ikan itu. Lalu ditiupinya mata Tobit, ditopangnya ayahnya dan kemudian berkatalah ia kepadanya, “Tabahkan hatimu, Ayah!”

Kemudian obat itu dioleskannya pada mata Tobit dan dibiarkannya sebentar. Lalu dengan kedua belah tangan dikelupaskannya sesuatu dari ujung-ujung matanya. Maka Tobit mendekap Tobia sambil menangis.

Katanya, “Aku melihat engkau, Anakku, cahaya mataku!” Ia menyambung pula, “Terpujilah Allah! Terpujilah nama-Nya yang besar! Terpujilah para malaikat-Nya yang kudus! Hendaklah nama Tuhan yang besar berada di atas kita dan terpujilah segala malaikat untuk selama-lamanya.

Sungguh, aku telah disiksa oleh Tuhan, tetapi aku melihat kembali anakku Tobia.”

Demikianlah Sabda Tuhan
U. Syukur Kepada Allah.

Mazmur Tanggapan 9 Juni 2023

Mzm 146:2abc,7,8-9a,9bc-10

Ref. Pujilah Tuhan, hai jiwaku.

  1. Pujilah Tuhan, hai jiwaku! Aku hendak memuliakan Tuhan selama aku hidup, dan bermazmur bagi Allahku selagi aku ada.
  2. Tuhan tetap setia untuk selama-lamanya, Dialah yang menegakkan keadilan bagi orang yang diperas, dan memberi roti kepada orang-orang yang lapar. Tuhan membebaskan orang-orang yang terkurung.
  3. Tuhan membuka mata orang buta, Tuhan menegakkan orang yang tertunduk. Tuhan mengasihi orang-orang benar, Tuhan menjaga orang-orang asing.
  4. Anak yatim dan janda ditegakkan-Nya kembali, tetapi jalan orang fasik dibengkokkan-Nya. Tuhan itu Raja untuk selama-lamanya, Allahmu, ya Sion, turun-menurun!

Bait Pengantar Injil 9 Juni 2023

Yohanes 14:23

Ref. Alleluya, alleluya, alleluya.

Barangsiapa mengasihi Aku, akan mentaati sabda-Ku. Bapa-Ku akan mengasihi dia, dan Kami akan datang kepadanya.

Bacaan Injil 9 Juni 2023

Markus 12:35-37

Pada suatu hari Yesus mengajar di Bait Allah, kata-Nya, “Bagaimana ahli-ahli Taurat dapat mengatakan, bahwa Mesias adalah anak Daud?

Daud sendiri berkata dengan ilham Roh Kudus, “Tuhan telah bersabda kepada Tuanku: Duduklah di sisi kanan-Ku, sampai musuh-musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu.

Jadi Daud sendiri menyebut Dia Tuannya, bagaimana mungkin Ia sekaligus anaknya?” Orang yang besar jumlahnya mendengarkan Yesus dengan penuh minat.

Demikianlah Sabda Tuhan.
U. Terpujilah Kristus.

Renungan Harian Katolik 9 Juni 2023

Siapa penyelamat hidupmu? Bagi banyak dari kita penyelamat kita adalah uang, bahkan ada yang tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa uang. Ini karena mereka mempertaruhkan hidup mereka dengan uang. Padahal uang bukanlah penyelamat, uang bahkan bisa menjadi paspor kita ke neraka.

Juruselamat yang sebenarnya adalah Yesus Kristus Dialah yang disebut sebagai anak Daud. Garis keluarga Yesus terhubung ke belakang ke Raja Daud, melalui penerimaan Yusuf atas tanggung jawabnya sebagai ayah angkat Yesus dan dengan daging dan darah melalui Bunda Maria.

Kata Anak Daud berarti penyelamat, inilah alasan mengapa berkali-kali dalam Perjanjian Baru Yesus disebut sebagai Anak Daud. Misalnya, wanita yang putrinya kerasukan setan (Matius 15:22), dua orang buta (Matius 20:30).

Bartimeus, si buta yang malang (Markus 10:47), semuanya menyebut Yesus Anak Daud. Mereka melakukan ini karena mereka tahu sebelumnya bahwa Yesus adalah Mesias atau Juru Selamat yang dijanjikan.

Bagaimana dengan kita? Apakah kita tahu sesuatu tentang Yesus? Tahukah kita bahwa Yesus dapat membantu kita dalam setiap aspek kehidupan kita? Tahukah kita bahwa Yesus juga dapat membuat mujizat dalam hidup kita?

Marilah kita berusaha untuk menemukan dan mengetahui lebih banyak tentang Tuhan dan marilah kita mengundang Dia untuk datang ke dalam hidup kita.

Doa Penutup

Allah Bapa Maharahim, sehatkanlah kiranya perbuatan kami dan ajarilah kami mengimani Yesus Kristus dan semoga kami Kaujadikan putra dan putri-Mu yang pantas.

Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Demikianlah Bacaan Liturgi Katolik dan Renungan Harian Katolik Jumat 8 Juni 2023 dari infokatolik.id, Herr Jesus segne

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *